Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perilaku konsumen merupakan bagian dari manajemen pemasaran yang berhubungan dengan manusia sebagai pasar sasaran. Otomatis, riset perilaku konsumen juga.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perilaku konsumen merupakan bagian dari manajemen pemasaran yang berhubungan dengan manusia sebagai pasar sasaran. Otomatis, riset perilaku konsumen juga."— Transcript presentasi:

1 Perilaku konsumen merupakan bagian dari manajemen pemasaran yang berhubungan dengan manusia sebagai pasar sasaran. Otomatis, riset perilaku konsumen juga merupakan bagian dari riset pemasaran. Riset pemasaran adalah pengembangan, interprestasi, dan komunikasi informasi yang berorientasi pada keputusan, untuk digunakan dalam proses pemasaran strategis.

2 Riset pemasaran terdiri dari empat tahap, yaitu : 1. Mendefinisikan masalah dan sasaran riset. 2. Mengembangkan rencana riset untuk pengumpulan data. 3. Implementasi rencana riset, berupa pengumpulan dan analisis data. 4. Interprestasi dan pelaporan hasil riset.

3 LANGKAH I : MENDEFINISIKAN MASALAH DAN MENETAPKAN SASARAN PENELITIAN Contoh-contoh masalah yang dapat menjadi latar belakang penelitian adalah :  Sebuah perusaahaan tidak mengetahui persepsi para pelanggannya.  Seberapa responsif pelanggan terhadap perubahan harga?  Apakah konsep produk baru sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan?  Bagaimana sikap pelanggan terhadap merek Aqua?

4 LANGKAH II : MENGEMBANGKAN RENCANA RISET Rencana riset aciu yang sering juga disebut proposal penelitianris barus menyatakan data apa yang dibutuhkan, bagaimana cara eeengumpulkan data, metode kontak apa yang dilakukan, apa alat yang digunakan untuk mengumpulkan data, serta bagaimana rencana bilan sampel. Menentukan Data yang Dibutuhkan Misalnya, perusaahaan yang menghasilkan televisi rerkenal merek SONIA telah menentukan bahwa masalah penelitian adalah berkurangnya pangsa pasar sebuah merek televisi terkenal pada kelas 14 inci sampai 20 inci. Berangkat dari masalah tersebut, sasaran penelitian adalah untuk menjelaskan preferensi (pilihan) konsumen terhadap televisi ukuran 14 inci sampai 20 inci.

5 Perusaahaan tersebut membutuhkan informasi sebagai berikut :  Profil konsumen, seperti: umur, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, status perkawinan, jumlah tanggungan keluarga.  Status konsumen, apakah sebagai pembeli pertama atau pembeli berulang.  Atribut-atribut yang dipertimbangkan dalam membeli televisi, apakah harga, ketajaman gambar, suara, model, daya tahan, harga kembali, pelayanan setelah pembelian, kemudahan perbaikan kelndalan, ataukah kelengkapan fungsi.  Merek televisi yang dimiliki saat ini.  Merek televisi yang dikenal oleh konsumen.  Merek televisi yang diingat oleh konsumen.

6 Pendekatan Riset Observasi : Observasi adalah pengumpulan data primer dengan cara pengamatan, misalnya :  Sebuah bank mengevaluasi lokasi cabang baru dengan mengamati jalur stranportasi, kondisi sekitar, dan lokasi dari cabang- cabang bank lain. Wawancara individu : Wawancara ini dapat dilakukan di rumah, kantor, jalan, pusat pembelanjaan, atau di mana saja responden dapat ditemui dan bersedia di wawancarai


Download ppt "Perilaku konsumen merupakan bagian dari manajemen pemasaran yang berhubungan dengan manusia sebagai pasar sasaran. Otomatis, riset perilaku konsumen juga."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google