Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pokok Pembahasannya : 1. Pengertian Motivasi, Kebutuhan, dan Sasaran 2. Pembagian Motivasi 3. Definisi Motivasi pembelian oleh konsumen 4. Faktor-Faktor.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pokok Pembahasannya : 1. Pengertian Motivasi, Kebutuhan, dan Sasaran 2. Pembagian Motivasi 3. Definisi Motivasi pembelian oleh konsumen 4. Faktor-Faktor."— Transcript presentasi:

1

2 Pokok Pembahasannya : 1. Pengertian Motivasi, Kebutuhan, dan Sasaran 2. Pembagian Motivasi 3. Definisi Motivasi pembelian oleh konsumen 4. Faktor-Faktor yang mempengaruhi terbentuknya motivasi pembelian 5. Contoh Kasus

3 1. Pengertian motivasi Menurut beberapa ahli, definisi ada beberapa macam : 1.Suatu keadaan yang mendorong, mengaktifkan atau menggerakkan, dan yang mengarahkan perilaku ke arah suatu tujuan (Berelson dan Stainer, 1964) 2. Motivasi merupakan proses untuk mencoba mempengaruhi konsumen agar melakukan sesuatu (Heldrachman dan Suad Husnan, 1996) 3. Motivasi adalah pemberian dorongan dari luar terhadap konsumen agar mau melakukan sesuatu

4 Model Proses Motivasi Kebutuhan, Keinginan, dan Hasrat yg belum terpenuhi KeteganganDorongan Belajar Proses Kesadaran Perilaku Pemenuhan Tujuan/ kebutuhan Pengurangan Ketegangan

5 Pengertian Kebutuhan Setiap orang pasti mempunyai berbagai kebutuhan yang harus terpenuhi, kebutuhan tersebut terbagi menjadi 2: a.Kebutuhan dasar bersifat fisiologis yang meliputi kebutuhan sandang, pangan, papan. Kebutuhan ini dianggap sebagai kebutuhan primer b.Kebutuhan perolehan adalah kebutuhan yang didapat karena faktor kebudayaan atau lingkungan hidup, mencakup kebutuhan memperoleh harga diri, martabat, kasih sayang, kekuasaan, dan pengetahuan. Kebutuhan ini sering dianggap sebagai kebutuhan sekunder.

6 Pengertian Sasaran Sasaran adalah hasil yang diinginkan dari perilaku yang didorong oleh motivasi. Sasaran produk ada 2 macam : 1. Sasaran umum yaitu kategori sasaran umum yang dipandang konsumen sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan mereka. 2. Sasaran khusus yaitu yang berupa berbagai produk dengan merek khusus yang dipilih konsumen sebagai sasaran mereka. Kebanyakan iklan asosiasi perdagangan mempromosikan sasaran umum, yaitu pemakaian golongan produk dan para pemasar sangat mendukung apa yang mereka lakukan karena mereka mengakui pentingnya promosi tujuan produk umum maupun khusus

7 2. Pembagian Motivasi Arah motivasi dapat menjadi positif atau negatif tergantung pada tenaga pendorongnya, apakah mendekati objek atau menjauhi objek. Motivasi positif disebut juga kebutuhan, keinginan, atau hasrat. Sedangkan motivasi negatif disebut juga rasa takut atau keengganan.

8 Pembagian Motivasi Sedangkan dari segi motifnya, motivasi pembelian terdiri dari 2 bagian : a.Motif Rasional, istilah rasionalitas ini menyatakan bahwa para konsumen memilih sasaran produk didasarkan pada kriteria yang obyektif, seperti ukuran, berat, dan harga b.Motif Emosional, mengandung arti bahwa konsumen memilih sasaran produknya berdasarkan dengan kriteria pribadi atau subyektif, seperti kebanggaan atau status.

9 3. Motivasi Pembelian Oleh Konsumen Motivasi pembelian adalah dorongan dari dalam diri konsumen untuk melakukan suatu tindakan pembelian pada suatu produk dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhannya. Motivasi pembelian dilakukan oleh konsumen karena adanya motif ingin memiliki dan membutuhkan secara naluriah manusia untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

10 4. Hal-hal yang Mempengaruhi terjadinya motivasi pembelian Menurut Kotler motivasi pembelian yang dilakukan oleh konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor : 1. Faktor Kebudayaan, budaya dan status sosial merupakan faktor paling penting yang mempengaruhi konsumen untuk melakukan tindakan pembelian pada suatu produk/jasa. Selain itu adanya kelas sosial yang berbeda pada setiap orang yang mendorong mereka untuk memenuhi rasa ingin memiliki dan kebutuhannya.

11 Hal-hal yang Mempengaruhi terjadinya motivasi pembelian 2. Faktor Lingkungan Hidup, motivasi pembelian sangat dipengaruhi oleh kehidupan sehari-hari seperti kelompok, keluarga, dan norma sosial. Umumnya konsumen melakukan perilaku pembelian karena adanya isyarat khusus dari lingkungannya. Isyarat situasional yang paling kuat adalah obyek sasaran itu sendiri. 3. Faktor Pribadi, kebutuhan pribadi sangat berpengaruh pada motivasi pembelian yang akan dilakukan oleh konsumen. Hal ini disebabkan oleh adanya gaya hidup, kebutuhan ekonomi, dan kepentingan diri sendiri

12 Hal-hal yang Mempengaruhi terjadinya motivasi pembelian 4. Faktor Psikologi, kebutuhan jasmani pada waktu tertentu didasarkan pada keadaan psikologis seseorang pada waktu tersebut. Psikologis konsumen didasari oleh adanya motivasi, persepsi, pembelajaran, kepercayaan, dan sikap yang bisa membuat konsumen untuk melakukan tindakan pembelian.

13 Produk dan Produk ini awalnya hanya mengeluarkan produk yg dibutuhkan oleh kaum wanita. Tapi seiring bertambahnya kebutuhan, sekarang ini bukan hanya wanita yang menginginkan wajah mulus, tidak berminyak, dan bersih. Tetapi kaum pria juga ingin memiliki kulit wajah yang bersih, oleh karena itu pemasar membuat produk yang bisa memuaskan kebutuhan pria dengan segala macam keunggulannya.

14 1. Schiffman Leon dan Leslie Lazar Kanuk, Perilaku Konsumen, PT. INDEKS, Edisi ke tujuh, Kotler Philips, Strategi Marketing Management, PRENTICE HALL, Edisi ke sebelas 3. Internet Wikipedia.com


Download ppt "Pokok Pembahasannya : 1. Pengertian Motivasi, Kebutuhan, dan Sasaran 2. Pembagian Motivasi 3. Definisi Motivasi pembelian oleh konsumen 4. Faktor-Faktor."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google