Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Apa_itu_komunikasi?-joice_cs 1 APA ITU KOMUNIKASI?  Mendefinisikan  Komunikasi sebagai Aksi, Interaksi, dan Transaksi  Etika dan Komunikasi  Pentingnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Apa_itu_komunikasi?-joice_cs 1 APA ITU KOMUNIKASI?  Mendefinisikan  Komunikasi sebagai Aksi, Interaksi, dan Transaksi  Etika dan Komunikasi  Pentingnya."— Transcript presentasi:

1 apa_itu_komunikasi?-joice_cs 1 APA ITU KOMUNIKASI?  Mendefinisikan  Komunikasi sebagai Aksi, Interaksi, dan Transaksi  Etika dan Komunikasi  Pentingnya Memahami Teori Komunikasi

2 2apa_itu_komunikasi?-joice_cs MENDEFINISIKAN KOMUNIKASI Katherin Miller (2005), menyatakan terdapat begitu banyak konseptualisasi mengenai komunikasi, dan konseptualisasi ini telah mengalami banyak perubahan dalam tahun- tahun terakhir ini. Katherin Miller (2005), menyatakan terdapat begitu banyak konseptualisasi mengenai komunikasi, dan konseptualisasi ini telah mengalami banyak perubahan dalam tahun- tahun terakhir ini. Sarah Trenholm (1991), menyatakan komunikasi telah menjadi semacam istilah ‘portmanteau’ (istilah yang terbentuk dari gabungan dua kata, seperti – waria). Sarah Trenholm (1991), menyatakan komunikasi telah menjadi semacam istilah ‘portmanteau’ (istilah yang terbentuk dari gabungan dua kata, seperti – waria).

3 3apa_itu_komunikasi?-joice_cs MENDEFINISIKAN KOMUNIKASI “Communication is the discriminatory response of organism to a stimulus.” (Stevens, 1950). “Communication is the discriminatory response of organism to a stimulus.” (Stevens, 1950). “The transmission of information, ideas, emotions, skills, etc., by the use of symbols – words, picture, figures graphs, etc.” (Berelson & Steiner, 1964) “The transmission of information, ideas, emotions, skills, etc., by the use of symbols – words, picture, figures graphs, etc.” (Berelson & Steiner, 1964) “The eliciting of a response through verbal symbols.” (Dance, 1967) “The eliciting of a response through verbal symbols.” (Dance, 1967) “Communication has as its central interest those behavioral situations in which a source transmits a message to a receiver(s) with conscious intent to affect the latter’s behaviors.” (Miller, 1966) “Communication has as its central interest those behavioral situations in which a source transmits a message to a receiver(s) with conscious intent to affect the latter’s behaviors.” (Miller, 1966) Human communication has occurred when a human being responds to a symbol.” (Cronkhite, 1976) Human communication has occurred when a human being responds to a symbol.” (Cronkhite, 1976)  Communication as the stimulation of meaning through the exchange of shared symbols.

4 4apa_itu_komunikasi?-joice_cs MENDEFINISIKAN KOMUNIKASI Definisi komunikasi sangat beragam, hal ini terjadi karena beragamnya pendekatan untuk mendefinisikan komunikasi tersebut. Definisi komunikasi sangat beragam, hal ini terjadi karena beragamnya pendekatan untuk mendefinisikan komunikasi tersebut. Keberagaman juga disebabkan karena ilmu komunikasi bukanlah ilmu pasti, sehingga seperti ilmu sosial lainnya, tidak ada pengukuran yang pasti dalam ilmu komunikasi. Keberagaman juga disebabkan karena ilmu komunikasi bukanlah ilmu pasti, sehingga seperti ilmu sosial lainnya, tidak ada pengukuran yang pasti dalam ilmu komunikasi. Menurut para ahli, hal tersebut disebabkan karena manusia memiliki kebebasan memilih dan pikiran yang aktif, sehingga sulit untuk memprediksi perilaku manusia. Menurut para ahli, hal tersebut disebabkan karena manusia memiliki kebebasan memilih dan pikiran yang aktif, sehingga sulit untuk memprediksi perilaku manusia. The more you learn, the more you will see the inadequacies in your earlier definition. The more you learn, the more you will see the inadequacies in your earlier definition.

5 5apa_itu_komunikasi?-joice_cs MENDEFINISIKAN KOMUNIKASI  Istilah Penting COMMUNICATION Meaning Symbol Process Social Environment

6 6apa_itu_komunikasi?-joice_cs MENDEFINISIKAN KOMUNIKASI COMMUNICATION (komunikasi) COMMUNICATION (komunikasi) adalah proses sosial di mana individu-individu menggunakan simbol-simbol untuk menciptakan dan menginterpretasikan makna dalam lingkungan mereka.

7 7apa_itu_komunikasi?-joice_cs MENDEFINISIKAN KOMUNIKASI SOCIAL (Sosial) SOCIAL (Sosial) Komunikasi selalu melibatkan manusia serta interaksi. Komunikasi selalu melibatkan dua pihak, pengirim dan penerima.

8 8apa_itu_komunikasi?-joice_cs MENDEFINISIKAN KOMUNIKASI PROCESS (Proses) PROCESS (Proses) Komunikasi bersifat berkesinambungan, dan tidak memiliki akhir. Komunikasi juga dinamis, kompleks, dan senantiasa berubah. Banyak yang dapat terjadi dari awal hingga akhir dari suatu pembicaraan.

9 9apa_itu_komunikasi?-joice_cs MENDEFINISIKAN KOMUNIKASI

10 10apa_itu_komunikasi?-joice_cs MENDEFINISIKAN KOMUNIKASI SYMBOL (Simbol) SYMBOL (Simbol) Sebuah label arbitrer atau representasi dari fenomena. Label dapat bersifat ambigu, dapat berupa verbal dan nonverbal, dan dapat terjadi dalam komunikasi tatap muka dan komunikasi dengan menggunakan media.  Concrete Symbol: simbol yang merepresentasikan sebuah objek.  Abstract Symbol: simbol yang merepresentasikan sebuah ide atau pemikiran.

11 11apa_itu_komunikasi?-joice_cs MENDEFINISIKAN KOMUNIKASI MEANING (Makna) MEANING (Makna) Judith Martin dan Tom Nakayama (2002) menyatakan bahwa makna memiliki konsekuensi budaya. Tidak semua makna dapat selalu tersampaikan, dan orang tidak akan selalu tahu apa yang dimaksudkan oleh orang lainnya.

12 12apa_itu_komunikasi?-joice_cs MENDEFINISIKAN KOMUNIKASI ENVIRONMENT (Lingkungan) ENVIRONMENT (Lingkungan) Situasi atau konteks di mana komunikasi terjadi. Terdiri dari beberapa elemen, seperti: waktu, tempat, periode sejarah, relasi, dan latar belakang budaya pengirim dan penerima.  Lingkungan juga dapat dihubungkan. Maksudnya, komunikasi dapat terjadi dengan adanya bantuan dari teknologi, difasilitasi oeh media.

13 13apa_itu_komunikasi?-joice_cs DISCUSSION Apakah semua perilaku merupakan komunikasi? Apakah semua perilaku merupakan komunikasi? Menurut Palo Alto Team, seseorang tidak dapat tidak berkomunikasi – one can not not communicate. Menurut Palo Alto Team, seseorang tidak dapat tidak berkomunikasi – one can not not communicate.  Semua hal dapat dikategorikan sebagai komunikasi. Menurut Michael Motley (1990:619) tidak semua perilaku merupakan komunikasi, hanya perilaku interaktiflah yang demikian; jadi dalam situasi noninteraktif, seseorang dapat tidak berkomunikasi. Menurut Michael Motley (1990:619) tidak semua perilaku merupakan komunikasi, hanya perilaku interaktiflah yang demikian; jadi dalam situasi noninteraktif, seseorang dapat tidak berkomunikasi.  Semua perilaku tidak komunikatif, walaupun dapat menjadi informatif.

14 14apa_itu_komunikasi?-joice_cs MODEL SUATU PEMAHAMAN Models: merupakan representasi sederhana dari hubungan- hubungan kompleks di antara elemen-elemen dalam proses komunikasi. Models: merupakan representasi sederhana dari hubungan- hubungan kompleks di antara elemen-elemen dalam proses komunikasi. Model Komunikasi Linear: pandangan satu arah mengenai komunikasi yang berasumsi bahwa pesan dikirimkan oleh suatu sumber kepada penerima melalui saluran. Model Komunikasi Linear: pandangan satu arah mengenai komunikasi yang berasumsi bahwa pesan dikirimkan oleh suatu sumber kepada penerima melalui saluran. Model Komunikasi Interaksional: pandangan akan komunikasi sebagai pertukaran makna dengan adanya umpan balik yang menghubungkan sumber dan penerima pesan. Model Komunikasi Interaksional: pandangan akan komunikasi sebagai pertukaran makna dengan adanya umpan balik yang menghubungkan sumber dan penerima pesan. Model Komunikasi Transaksional: pandangan komunikasi sebagai pengiriman dan penerimaan pesan. Model Komunikasi Transaksional: pandangan komunikasi sebagai pengiriman dan penerimaan pesan.

15 15apa_itu_komunikasi?-joice_cs Model Suatu Pemahaman: KOMUNIKASI SEBAGAI AKSI MODEL LINEAR MODEL LINEAR Claude Shannon, 1949 mengembangkan suatu model yang dapat menjelaskan bagaimana informasi melewati berbagai saluran (channel). Hasilnya adalah konseptualisasi dari model komunikasi linear (linear communication model). Claude Shannon, 1949 mengembangkan suatu model yang dapat menjelaskan bagaimana informasi melewati berbagai saluran (channel). Hasilnya adalah konseptualisasi dari model komunikasi linear (linear communication model). Pendekatan pada komunikasi manusia terdiri atas beberapa elemen kunci. Sebuah sumber (source), atau pengirim pesan, mengirimkan pesan (message) pada penerima (receiver) yang akan menerima pesan tersebut. Pendekatan pada komunikasi manusia terdiri atas beberapa elemen kunci. Sebuah sumber (source), atau pengirim pesan, mengirimkan pesan (message) pada penerima (receiver) yang akan menerima pesan tersebut.

16 16apa_itu_komunikasi?-joice_cs Model Suatu Pemahaman: KOMUNIKASI SEBAGAI AKSI

17 17apa_itu_komunikasi?-joice_cs Model Suatu Pemahaman: KOMUNIKASI SEBAGAI AKSI Dikritisi karena: Dikritisi karena:  Model ini berasumsi bahwa hanya ada satu pesan dalam proses komunikasi.  Komunikasi tidak memiliki awal dan akhir yang jelas.  Menyederhanakan proses komunikasi yang kompleks, padahal pendengar tidaklah pasif. (Anderson & Ross, 2002). (Anderson & Ross, 2002).

18 18apa_itu_komunikasi?-joice_cs Model Suatu Pemahaman: KOMUNIKASI SEBAGAI INTERAKSI MODEL INTERAKSIONAL MODEL INTERAKSIONAL Wilbur Schramm, 1954 mengonseptualisasi interactional model of communication, yang menekankan proses komunikasi dua arah. Wilbur Schramm, 1954 mengonseptualisasi interactional model of communication, yang menekankan proses komunikasi dua arah. Pandangan komunikasi sebagai pertukaran makna dengan adanya umpan balik yang menghubungkan sumber dan penerima pesan. Pandangan komunikasi sebagai pertukaran makna dengan adanya umpan balik yang menghubungkan sumber dan penerima pesan.

19 19apa_itu_komunikasi?-joice_cs Model Suatu Pemahaman: KOMUNIKASI SEBAGAI AKSI Destination: orang yang akan mengartikan pesan tersebut. Destination: orang yang akan mengartikan pesan tersebut. Channel: jalan untuk berkomunikasi. Channel: jalan untuk berkomunikasi. Noise: distorsi di dalam saluran yang tidak disengaja oleh pengirim. Noise: distorsi di dalam saluran yang tidak disengaja oleh pengirim.  Semantic Noise: pengaruh linguistik dalam penerimaan pesan.  Physical Noise: berada di luar penerima; pengaruh dari tubuh dalam penerimaan pesan.  Psychological Noise: pengaruh kognitif dalam penerimaan pesan.  Physiological Noise: pengaruh biologis dalam penerimaan pesan.

20 20apa_itu_komunikasi?-joice_cs Model Suatu Pemahaman: KOMUNIKASI SEBAGAI INTERAKSI

21 21apa_itu_komunikasi?-joice_cs Model Suatu Pemahaman: KOMUNIKASI SEBAGAI INTERAKSI Feedback: merupakan tanggapan terhadap suatu pesan. Komunikasi yang diberikan pada sumber pesan untuk menunjukkan pemahaman (makna). Feedback: merupakan tanggapan terhadap suatu pesan. Komunikasi yang diberikan pada sumber pesan untuk menunjukkan pemahaman (makna). Field of experience: overlap dari budaya, pengalaman, dan keturunan dari pengiriman dan penerima dalam komunikasi. Budaya, pengalaman, dan keturunan seseorang mempengaruhi kemampuannya untuk berkomunikasi dengan satu sama lain. Field of experience: overlap dari budaya, pengalaman, dan keturunan dari pengiriman dan penerima dalam komunikasi. Budaya, pengalaman, dan keturunan seseorang mempengaruhi kemampuannya untuk berkomunikasi dengan satu sama lain.

22 22apa_itu_komunikasi?-joice_cs Model Suatu Pemahaman: KOMUNIKASI SEBAGAI INTERAKSI Dikritisi, karena: Dikritisi, karena:  Model ini menyatakan bahwa satu orang bertindak sebagai pengirim sementara yang lainnya bertindak sebagai penerima dalam proses komunikasi.  Feedback akan mempengaruhi penyesuaian pesan yang disampaikan oleh pengirim.  Asumsi bahwa dua orang berbicara dan mendengarkan, tapi tidak dalam saat yang bersamaan.

23 23apa_itu_komunikasi?-joice_cs Model Suatu Pemahaman: KOMUNIKASI SEBAGAI TRANSAKSIONAL MODEL KOMUNIKASI TRANSAKSIONAL MODEL KOMUNIKASI TRANSAKSIONAL D.C. Barnlund, 1970 menggarisbawahi dalam Transactional Model of Communication bahwa pengiriman dan penerimaan pesan berlangsung secara terus-menerus dalam sebuah episode komunikasi. D.C. Barnlund, 1970 menggarisbawahi dalam Transactional Model of Communication bahwa pengiriman dan penerimaan pesan berlangsung secara terus-menerus dalam sebuah episode komunikasi. Dalam model ini orang membangun kesamaan makna, yang sangat dipengaruhi pengalamannya di masa lalu. Dalam model ini orang membangun kesamaan makna, yang sangat dipengaruhi pengalamannya di masa lalu.

24 24apa_itu_komunikasi?-joice_cs Model Suatu Pemahaman: KOMUNIKASI SEBAGAI TRANSAKSIONAL

25 25apa_itu_komunikasi?-joice_cs Model Suatu Pemahaman: KOMUNIKASI SEBAGAI TRANSAKSIONAL Ada saling ketergantungan antara masing-masing komponen komunikasi. Ada saling ketergantungan antara masing-masing komponen komunikasi. Bidang pengalaman terjadi perpotongan, hal ini menunjukkan adanya proses pemahaman yang aktif. Bidang pengalaman terjadi perpotongan, hal ini menunjukkan adanya proses pemahaman yang aktif. Model ini mengasumsikan timbal balik, atau persamaan makna. Model ini mengasumsikan timbal balik, atau persamaan makna.

26 26apa_itu_komunikasi?-joice_cs TANTANGAN DALAM KOMUNIKASI Apakah benar semua komunikasi menyenangkan, rasional, penuh pemikiran, dan tulus? Apakah benar semua komunikasi menyenangkan, rasional, penuh pemikiran, dan tulus? Ada “sisi gelap” yang merujuk pada proses komunikasi yang negatif dan merendahkan. Ada “sisi gelap” yang merujuk pada proses komunikasi yang negatif dan merendahkan. Komponen negatif dapat berupa hal seperti sarkasme, manipulasi, serangan verbal, dan penghinaan. Komponen negatif dapat berupa hal seperti sarkasme, manipulasi, serangan verbal, dan penghinaan. Komunikasi juga dapat menjadi rasis, diskriminatif terhadap kelompok tertentu. Komunikasi juga dapat menjadi rasis, diskriminatif terhadap kelompok tertentu. Fakta menunjukkan bahwa tidak semua orang dapat bersikap rasional dan berpikir jernih sebagai komunikator. Fakta menunjukkan bahwa tidak semua orang dapat bersikap rasional dan berpikir jernih sebagai komunikator.

27 27apa_itu_komunikasi?-joice_cs ETIKA DAN KOMUNIKASI Ethics, atau persepsi akan benar atau salahnya suatu tindakan atau perilaku. Ethics, atau persepsi akan benar atau salahnya suatu tindakan atau perilaku. Etika adalah merupakan suatu tipe pembuatan keputusan yang bersifat moral (Englehardt, 2001), dan menentukan apa yang benar atau salah dipengaruhi oleh peraturan dan hukum yang ada dalam masyarkat. Etika adalah merupakan suatu tipe pembuatan keputusan yang bersifat moral (Englehardt, 2001), dan menentukan apa yang benar atau salah dipengaruhi oleh peraturan dan hukum yang ada dalam masyarkat. Etika cenderung mengalami pergeseran berdasarkan periode sejarah, lingkungan, pembicaraan, dan manusia yang terlibat (Howell, 1986). Etika cenderung mengalami pergeseran berdasarkan periode sejarah, lingkungan, pembicaraan, dan manusia yang terlibat (Howell, 1986). Isu-isu etis berkaitan dengan institusi kebudayaan. Isu-isu etis berkaitan dengan institusi kebudayaan.

28 28apa_itu_komunikasi?-joice_cs ETIKA DAN KOMUNIKASI Ken Anderson (2003) berpendapat bahwa tanpa pemahaman dan ekspresi nilai-nilai etika, masyarakat akan dirugikan: “Melanggar norma-norma komunikasi etis adalah, faktor utama dalam malaise yang telah menyeret banyak orang untuk menarik diri dari budaya bersama, baik dari profesi, asosiasi, maupun arena politik mereka” (hal. 14). Ken Anderson (2003) berpendapat bahwa tanpa pemahaman dan ekspresi nilai-nilai etika, masyarakat akan dirugikan: “Melanggar norma-norma komunikasi etis adalah, faktor utama dalam malaise yang telah menyeret banyak orang untuk menarik diri dari budaya bersama, baik dari profesi, asosiasi, maupun arena politik mereka” (hal. 14). Dari sudut pandang komunikasi, isu-isu mengenai etika muncul ke permukaan setiap kali pesan-pesan memiliki kemungkinan untuk mempengaruhi orang lain. Dari sudut pandang komunikasi, isu-isu mengenai etika muncul ke permukaan setiap kali pesan-pesan memiliki kemungkinan untuk mempengaruhi orang lain.

29 29apa_itu_komunikasi?-joice_cs ETIKA DAN KOMUNIKASI Rob Anderson dan Veronica Ross (2002:15) menyebutkan enam strategi etis yang penting dalam membaca teori komunikasi: Rob Anderson dan Veronica Ross (2002:15) menyebutkan enam strategi etis yang penting dalam membaca teori komunikasi:  Terbuka terhadap persuasi yang muncul dari pernyataan orang lain.  Bersedia untuk mencoba ide-ide baru yang mngkin akan dipandang sebagai kesalahan oleh orang lain, dan mengajak orang lain untuk ikut bereksperimen.  Menerima akan adanya berbagai macam perspektif terhadap kenyataan yang dipegang sebagai kebenaran oleh berbagai macam orang yang berbeda, terutama dalam konteks kebudayaan yang berbeda.

30 30apa_itu_komunikasi?-joice_cs ETIKA DAN KOMUNIKASI Rob Anderson dan Veronica Ross (2002:15) menyebutkan enam strategi etis yang penting dalam membaca teori komunikasi: Rob Anderson dan Veronica Ross (2002:15) menyebutkan enam strategi etis yang penting dalam membaca teori komunikasi:  Berusaha untuk menguji pengetahuan yang masih bersifat tentatif.  Hidup dengan ambiguitas, tetapi menjadi lebih tidak toleran terhadap kontradiksi.  Mengevaluasi klaim ilmu pengetahuan dengan menggunakan pengalaman pribadi dan hal-hal nyata yang berasal dari kehidupan sehari-hari.

31 31apa_itu_komunikasi?-joice_cs PENTINGNYA MEMAHAMI TEORI KOMUNIKASI Akan berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis. Akan berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis.  Mempelajari bagaimana mengaplikasikan teori dalam kehidupan.  Menyadari bahwa tiap teori berpotensi untuk menjadi dasar dalam sebuah penelitian.  Membantu dalam pekerjaan, berhubungan dengan orang lain, dan ketika berhadapan dengan media.

32 32apa_itu_komunikasi?-joice_cs PENTINGNYA MEMAHAMI TEORI KOMUNIKASI Membantu dalam mengapresiasi penelitian dalam berbagai macam bidang ilmu, sehingga dapat melihat pembentukan teori dengan lebih mendalam. Membantu dalam mengapresiasi penelitian dalam berbagai macam bidang ilmu, sehingga dapat melihat pembentukan teori dengan lebih mendalam. Membantu memahami pengalaman hidup. Membantu memahami pengalaman hidup.  Memahami orang lain, media, dan berbagai kejadian, serta membantu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar.

33 33apa_itu_komunikasi?-joice_cs PENTINGNYA MEMAHAMI TEORI KOMUNIKASI Membantu memahami dunia sekitar. Membantu memahami dunia sekitar.  Mempelajari siapa kita, bagaimana peran kita dalam masyarakat, pengaruh yang kita berikan kepada orang lain, bagaimana kita dipengaruhi media, bagaimana kita berperilaku berbeda dalam situasi yang berbeda, dan apa yang memotivasi pengambilan keputusan kita.


Download ppt "Apa_itu_komunikasi?-joice_cs 1 APA ITU KOMUNIKASI?  Mendefinisikan  Komunikasi sebagai Aksi, Interaksi, dan Transaksi  Etika dan Komunikasi  Pentingnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google