Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Operasionalisasi Konsep dan Variabel dalam Penelitian Kuantitatif.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Operasionalisasi Konsep dan Variabel dalam Penelitian Kuantitatif."— Transcript presentasi:

1 Operasionalisasi Konsep dan Variabel dalam Penelitian Kuantitatif

2  Pengertian Konsep penelitian  Cara mendefinisikan Konsep  Pengertian variabel, macam-macam variabel, dan keterkaitan variabel-variabel dalam penelitian  Penetapan variabel, indikator item penelitian dan cara mengoperasionalkan variabel.  Macam-macam skala pengukuran dalam penelitian kuantitatif  Skala pengukuran

3 Konsep  Konsep merupakan ekspresi suatu abstraksi yang terbentuk melalui generalisasi dari pengamatan terhadap fenomena-fenomena.  Contoh:  Prestasi akademik merupakan abstraksi dari kemampuan belajar mahasiswa..

4  Tingkat abstraksi konsep tergantung dari mudah atau tidaknya fenomena yang diabstraksikan dapat diidentifikasikan.

5 Variabel  Variabel merupakan segala sesuatu yang dapat diberi berbagai macam nilai  Variabel merupakan penghubung antara konstruk yang abstrak dengan fenomena yang nyata.  Variabel merupakan proxy atau representasi dari konstruk yang dapat diukur dengan berbagai macam nilai.  Nilai variabel tergantung pada konstruk yang diwakili.  Nilai variabel dapat berupa angka atau atribut yang menggunakan ukuran atau skala dalam suatu kisaran nilai.

6  konstruk terdiri dari konsep-konsep yang dapat diamati yang selanjutnya untuk keperluan penelitian diukur dengan menggunakan skala pengukuran.  konstruk yang diukur dengan skala tertentu selanjutnya menjadi variabel.


Download ppt "Operasionalisasi Konsep dan Variabel dalam Penelitian Kuantitatif."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google