Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VARIABEL PENELITIAN. Pengertian Variabel Variabel adalah suatu ciri, sifat, karakteristik atau keadaan yang melekat pada beberapa subjek, orang, atau.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VARIABEL PENELITIAN. Pengertian Variabel Variabel adalah suatu ciri, sifat, karakteristik atau keadaan yang melekat pada beberapa subjek, orang, atau."— Transcript presentasi:

1 VARIABEL PENELITIAN

2 Pengertian Variabel Variabel adalah suatu ciri, sifat, karakteristik atau keadaan yang melekat pada beberapa subjek, orang, atau barang yang dapat berbeda-beda intensitasnya, banyaknya atau kategorinya. Contoh: Ada 10 orang yang ditanya tentang usia saat ini. Jawaban masing-masing orang ternyata berbeda- beda maka ini disebut variabel. Variabel adalah sesuatu yang bervariasi pada beberapa subjek baik barang, orang, atau kasus. Variabel penelitian akan diterjemahkan menjadi data penelitian.

3 Variabel sebagai Objek Penelitian Penelitian dapat berjalan jika dalam penelitian itu ada variabel penelitian dimana variabel itu yang akan dijadikan sebagai objek dari penelitian. Dengan kata lain, prinsip yang dilakukan dalam penelitian salah satunya adalah mengumpulkan data-data yang dibentuk dari variabel penelitian.

4 Variabel dilihat dari fungsinya Variabel Independen (bebas) adalah variabel yang menjadi sebab atau berubahnya suatu variabel lain (variabel dependen). Variabel Dependen (terikat) adalah variabel yang dipengaruhi atau menjadi akibat karena adanya variabel lain (variabel independen). Variabel intervening adalah variabel yang menjadi media pada suatu hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Variabel moderating adalah variabel yang memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Variabel kontrol adalah variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan, atau dijadikan acuan bagi variabel yang lain.

5 Variabel dilihat dari Skala Nilainya Variabel Kategoris / Variabel Kualitatif yaitu variabel yang memiliki nilai berdasarkan kategori tertentu (skala nominal) Contoh: Sikap:Baik-buruk. Variabel Dimensi / Variabel Kuantitatif yaitu variabel yang memiliki kumpulan nilai yang teratur dalam kisaran tertentu. Misal Tinggi- sedang, satu sampai dengan 7.

6 Variabel Dimensi/kuantitatif Variabel Diskret, merupakan hasil perhitungan. Secara literal, berarti tidak mempunyai pecahan (utuh). Maksudnya, dalam variabel kuantitatif diskret (discrete quantitative variables), tiap nilai variabel dipisahkan oleh satu kesatuan tententu contoh: satu, dua, enam. Sehingga data yang diperoleh dari variabel ini adalah data nominal.

7 Variabel Dimensi/kuantitatif Variabel Kontinu (Continuous Quantitative Variable) adalah variabel yang bersambungan, artinya di antara dua unit ukuran masih terdapat unit-unit ukuran lain yang secara teoritik tidak terhingga banyaknya. Contohnya 1,51, 1,52 dst. Data yang diperoleh dari variabel kontinu ini terdiri dari data skala rasio, skala interval, dan skala ordinal.

8 Variabel Dilihat Dari Perlakuannya Variabel aktif yaitu variabel-variabel yang dimanipulasi untuk keperluan penelitian eksperimen. Variabel atribut yaitu variabel yang tidak dapat dimanipulasi untuk keperluan penelitian, contoh: Intelegensi, sikap, jenis kelamin, dsb.

9 DEFINISI OPERASIONAL VARIABEL Variabel harus didefinisikan secara operasional agar lebih mudah dicari hubungannya antara satu variabel dengan lainnya dan pengukurannya. Tanpa operasionalisasi variabel, peneliti akan mengalami kesulitan dalam menentukan pengukuran hubungan antar variabel yang masih bersifat konseptual.

10 Definisi Operasional Definisi operasional ialah suatu definisi yang didasarkan pada karakteristik yang dapat diobservasi dari apa yang sedang didefinisikan atau “mengubah konsep-konsep yang berupa konstruk dengan kata-kata yang menggambarkan perilaku atau gejala yang dapat diamati dan yang dapat diuji dan ditentukan kebenarannya oleh orang lain”

11 Manfaat Operasionalisasi Variabel Mengidentifikasi kriteria yang dapat diobservasi yang sedang didefinisikan; Menunjukkan bahwa suatu konsep atau objek mungkin mempunyai lebih dari satu definisi operasional; Mengetahui bahwa definisi operasional bersifat unik dalam situasi dimana definisi tersebut harus digunakan.

12 Cara Menyusun Definisi Operasional Definisi operasional Tipe A dapat disusun didasarkan pada operasi yang harus dilakukan, sehingga menyebabkan gejala atau keadaan yang didefinisikan menjadi nyata atau dapat terjadi. Definisi operasional Tipe B dapat disusun didasarkan pada bagaimana obyek tertentu yang didefinisikan dapat dioperasionalisasikan, yaitu berupa apa yang dilakukannya atau apa yang menyusun karaktersitik-karakteristik dinamisnya. Definisi operasional Tipe C dapat disusun didasarkan pada penampakan seperti apa obyek atau gejala yang didefinisikan tersebut, yaitu apa saja yang menyusun karaktersitik-karaktersitik statisnya.

13 Contoh…. Jika anda memiliki rumusan masalah “Adakah hubungan antara tingkat kebugaran jasmani dan Prestasi belajar siswa…” Variabel Tingkat Kebugaran Jasmani adalah……. (jelaskan apa yang anda maksud secara teori dan praktis dilapangan serta cara mengukurnya/memperoleh data). Variabel Prestasi Belajar adalah…… (jelaskan apa yang anda maksud dengan prestasi belajar, apa saja faktor- faktornya? Harus jelas dan praktis serta cara mengukurnya/memperoleh data)


Download ppt "VARIABEL PENELITIAN. Pengertian Variabel Variabel adalah suatu ciri, sifat, karakteristik atau keadaan yang melekat pada beberapa subjek, orang, atau."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google