Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

METODE PENELITIAN.  Menegaskan pendekatan, metode dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang dapat menjawab atau menjelaskan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "METODE PENELITIAN.  Menegaskan pendekatan, metode dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang dapat menjawab atau menjelaskan."— Transcript presentasi:

1 METODE PENELITIAN

2  Menegaskan pendekatan, metode dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang dapat menjawab atau menjelaskan masalah penelitian.  Bab ini juga menjelaskan argumentasi tentang pemilihan pendekatan atau metode dengan memperhatikan sifat- sifat variabel yang diteliti dan jenis informasi yang diperlukan, menguraikan struktur dan strategi penelitian yang meliputi:

3  Objek penelitian dalam konteks penelitian ilmu sosial adalah terkait dengan tema sentral dari judul penelitian.  Karena di dalam judul penelitian menggambarkan adanya beberapa variabel yang diteliti maka objek penelitian juga menjelaskan variabel- variabel yang diteliti.  Cakupan wilayah pengamatan dengan argumentasi yang logis  Jangka waktu atau periode pengamatan dengan argumentasi yang logis  Cakupan pihak-pihak yang terkait dalam penelitian yang menggambarkan karakteristik serta kepentingan dalam penelitian.

4  Penetapan metode- metode yang digunakan dalam penelitian sesuai dengan jenis penelitian

5 Research Problem Conceptual Framework Reserarch Hypothesis Hypothesis Testing Research Conclusions Research Methods Analysis Design Exploratory Research Explorative Problem Inducive Thinking Generating Hypothesis - Historical - Case Study  Observation- Qualitatave / Quantitative  Comparative Explorative Conclusions Descriptive Research Descriptive Problem Deductive Thinking Descriptive Hypothesis - Descriptive Survey  Quantitative / Qualitative Description Conclusion Verificative Explanation Research Relational Problem Scientific Reflective Thinking Argumentative Hypothesis - Explanatory Survey - Experimental  Inferential  Quantitative  Comparative Argumentative Conclusion Predictive ResearchRelational Problem Predictive Thinking Predictive Hypothesis - Explanatory Survey - Experimantal  Quantitative  Comparative Argumentative Conclusion Research Types Research Process

6  Menjabarkan variabel/sub variabel kepada konsep, dimensi, indikator dan ukuran yang diarahkan untuk memperoleh nilai variabel penelitian, sebagai landasan untuk menentukan ukuran.  Variabel, sub variabel, dimensi, indikator, ukuran, skala, no. kuesioner

7 1. VARIABEL PENELITIAN, adalah suatu hal yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulan. 2. VARIABEL PENELITIAN, adalah kontruks atau sifat yang akan dipelajari. 3. VARIABEL PENELITIAN, sebagai suatu sifat yang diambil dari suatu nilai yang berbeda, sehingga setiap variabel mempunyai sesuatu yang bervariasi. 4. KESIMPULANNYA, VARIABEL PENELITIAN, adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, obyek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya.

8 1. Variabel-variabel ilmu sosial berasal dari suatu konsep yang perlu diperjelas dan di ubah bentuknya sehingga dapat diukur dan dipergunakan secara operasional. 2. Variabel merupakan dasar untuk menentukan alat ukur yang tepat, sehingga peneliti dapat menghubungkan suatu konsep yang abstrak dengan realita dan dapat merumuskan serta menguji hipotesis tanpa memperoleh kesulitan. 3. Dengan variabel penelitian yang jelas, peneliti dapat mengubah atribut dengan ciri kualitatif ke dalam bentuk variabel yang sifatnya kuantitatif.

9 1. X = Independent Variabel (variabel yang mempengaruhi variabel lain) 2. Y = Dependent variable (variabel yang dipengaruhi variabel lain) 3. I = Intervening Variable (variabel antara X dan Y) 4. M = Moderating Variabel (variabel yang turut mempengaruhi X dan Y, tapi bukan diantara X dan Y.

10  Variabel intervening adalah tipe variabel-variabel yang mempengaruhi hubungan antar variabel-variabel independen dengan variabel-variabel dependen menjadi hubungan yang tidak langsung.  Variabel intervening merupakan variabel yang terletak diantara variabel independen dengan variabel dependen, sehingga variabel independen tidak langsung menjelaskan atau mempengaruhi variabel dependen. Partisipasi (Var. independen) Motivasi (var. Intervening) Kinerja (Var. Dependen)

11  Merupakan variabel-variabel yang memperkuat atau memperlemah hubungan langsung antara variabel indepeden dengan variabel dependen.  Variabel moderating merupakan tipe variabel yang mempunyai pengaruh terhadap sifat atau arah hubungan antar variabel.

12  Sifat atau arah hubungan antar variabel-variabel independen dengan variabel-variabel dependen kemungkinan positif atau negatif, dalam hal ini tergantung pada variabel moderating.  Oleh karena itu variabel moderating dinamakan pula dengan variabel “contigency”. PARTISIPASI (Var.Independen) STRUKTUR ORGANISASIONAL (Var. Moderating) KINERJA (Var. Dependen)

13  Hubungan antara variabel indepeden, variabel dependen, variabel moderating, dan variabel intervening. DIVERSITAS TENAGA KERJA (var. ind.) SINERGI KREATIF (Var. intervening) EFEKTIVITAS ORGANISASIONAL (Var. dependen) KEAHLIAN MANAJERIAL (Var.moderating)

14  MODEL PENELITIAN INI MENUNJUKKAN “BAGAIMANA DIVERSITAS TENAGA KERJA (karena perbedaan ras, etnis atau kebangsaan) MEMPUNYAI PENGARUH TERHADAP PENCAPAIAN TUJUAN (efektivitas) ORGANISASIONAL. DIVERSITAS TENAGA KERJA SECARA TIDAK LANGSUNG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS ORGANISASIONAL MELALUI SINERGI KREATIF. ADANYA DIVERSITAS TENAGA KERJA AKAN MENGHASILKAN SINERGI YANG KREATIF JIKA DIDUKUNG OLEH KEAHLIAN MANAJERIAL YANG MEMADAI.

15  Menggunakan sumber untuk memperoleh data terkait dengan jenis data yang akan didapatkan, apakah data primer atau data sekunder berikut penentuannya.  Cara penentuan data, intinya ada dua: (i) Studi Kepustakaan dan : (ii) studi lapangan Coba lihat, kenapa rumput itu kuning??

16  Menjelaskan pengumpulan data secara teknis baik dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi atau kombinasi.  Teknik pengumpulan data termasuk juga didalamnya teknik penentuan unit analisis/ sampel penelitian. Baca dan fahami dengan benar..

17  Tentukan pendekatan yang akan dipergunakan dalam penentuan sampelnya.  Tentukan langkah-langkah dalam penentuan sampelnya.  Perhatikan persyaratan yang harus ada pada saat menentukan pendekatan mana yang akan dipergunakan.  Jelaskan langkah-langkah penentuan / penarikan sampel sekaligus menentukan teknik yang akan dipergunakan  Pada saat menguraikan metode yang dipergunakan sebutkan alasannya, tidak perlu lagi menjelaskan apa itu dan dari siapa?

18 Metode Pengumpulan Data METODE PENGUMPULAN DATA BERDASARKAN METODE PENELITIAN YG DIGUNAKAN BERDASARKAN METODE PENELITIAN YG DIGUNAKAN SENSUSSURVEYEKSPERIMENSTUDI KASUSSEJARAH Jumlah unit populasi Jumlah unit populasi Sampel Perlakuan Unit populasi khusus Unit populasi khusus Kejadian masa lalu Kejadian masa lalu SAMPLING DESIGN Probability Sampling Probability Sampling Non Probability Sampling Non Probability Sampling - Simple random sampling - Systematic random sampling - Stratified random sampling - Acidental ampling - Judgement sampling - Quota sampling

19  Sampling Plan, langkah- langkah untuk memperoleh sampel dari populasi  Sampling, proses dalam pengambilan sampel dari sebuah populasi  Populasi, keseluruhan unit analisis yang ada dalam suatu lingkup tertentu.  Unit observasi, unit yang menjadi pengamatan yang mungkin akan dijadikan sampel.  Unit analisis  Sampel, kumpulan unit sampling yang ditarik dari sebuah frame

20  Menentukan metode analisis data  Menguraikan langkah langkah dari metode analisis yang digunakan  Menentukan alat analisis untuk menguji hipotesis  Uji validitas  Uji reliabilitas  Uji kesesuaian model


Download ppt "METODE PENELITIAN.  Menegaskan pendekatan, metode dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang dapat menjawab atau menjelaskan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google