Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM PEMERINTAHAN AMERIKA SERIKAT FARIKH LUTFI 20100510243/HI A Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM PEMERINTAHAN AMERIKA SERIKAT FARIKH LUTFI 20100510243/HI A Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)"— Transcript presentasi:

1 SISTEM PEMERINTAHAN AMERIKA SERIKAT FARIKH LUTFI /HI A Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

2 Sistem Pemerintahan di Amerika Serikat Republik Kostitusional Federal  Pemerintah Federal Amerika Serikat merupakan pemerintahan pusat yang didirikan berdasarkan konstitusi Amerika Serikat

3 Pemerintah Federal Amerika Serikat :  Legislatif Kongres  Eksekutif Presiden  Yudikatif Mahkamah Agung

4 Legislatif :  Badan legislatif dipegang oleh Kongres.  Kongres yang dipilih oleh rakyat yang mana dari masing-masing negara bagian yang ada di Amerika Serikat akan diambil dua kandidat terkuat dengan masa jabatan selama enam tahun.  Kongres itu sendiri terdiri dari dua kamar ( bikameral ) yaitu Senat dan Badan Perwakilan ( The House of Representatif ).

5 Yudikatif :  kepala lembaga yudikatif pemerintah federal Amerika Serikat, dan ketua Mahkamah Agung Amerika Serikat.  Mahkamah Agung memimpin tugas-tugas Mahkamah Agung Amerika Serikat dan mengetuai Senat dalam persidangan pemakzulan (impeachment) atas Presiden.

6 Eksekutif :  Kekuasaan eksekutif dipegang oleh Presiden.  Presiden berkedudukan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.  Presiden dipilih melalui Pemilu, sehingga tidak bertanggung jawab pada Kongres namun akan langsung bertanggung jawab kepada rakyat selaku pemilihnya.

7 Check and Balances : Mengusulkan RUU Membubarkan Departemen Mengawasi atau memveto

8 Partai Politik di Amerika Serikat  Amerika Serikat memiliki sistem pemilu dwipartai.  terdiri dari dua partai besar yaitu partai republik dan partai demokrat.  Kedua partai besar ini akan bersaing dalam pemilu untuk memilih para pemegang kekuasaan.

9 Dua Partai Besar Amerika Serikat Partai Republik :  Merupakan Grand Old Party (Partai Tua Besar).  Setelah pemilu paruh waktu 2006 partai ini kehilangan kedudukannya sebagai mayoritas dalam Senat dan Dewan Perwakilan AS. GOP adalah partai yang lebih konservatif di antara kedua partai besar. Partai Demokrat :  Partai Demokrat berhaluan tengah kiri/demokrat sosial meski kebijakan-kebijakannya tidak terlalu kiri dibandingkan dengan partai-partai buruh atau demokratis sosial di negara-negara lainnya.  partai ini dikenal sebagai partai yang lebih "liberal", meski liberalisme ini merujuk kepada maknanya di Amerika Serikat.

10 Thank you for Your Attention!!!


Download ppt "SISTEM PEMERINTAHAN AMERIKA SERIKAT FARIKH LUTFI 20100510243/HI A Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google