Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KAJIAN KORUPSI Diklat Prajab Gol.III Bapelkes Cikarang Materi Etika PNS Kelompok 4 Agung Andrew Redy roikhatul Amel Yustin Ratrieh Mila Ririn.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KAJIAN KORUPSI Diklat Prajab Gol.III Bapelkes Cikarang Materi Etika PNS Kelompok 4 Agung Andrew Redy roikhatul Amel Yustin Ratrieh Mila Ririn."— Transcript presentasi:

1 KAJIAN KORUPSI Diklat Prajab Gol.III Bapelkes Cikarang Materi Etika PNS Kelompok 4 Agung Andrew Redy roikhatul Amel Yustin Ratrieh Mila Ririn

2 PENDAHULUAN Pembangunan yang dilaksanakan pemerintah indonesia belum menghasilkan perbaikan yang di harapkan, hal ini di sebabkan tingginya tindak pidana korupsi terutama yang di lakukan pegawai negeri atau penyelenggara negara dalam melaksanakan tugas pemerintahan baik eksekutif, yudikatif, maupun legislatif. Hal ini dapat di lihat dari survey transparansi internasional indonesia yang menunjukan Indonesia negara paling korup nomer 6 dari 133 negara. Indeks persepsi korupsi saat ini 2,3 yang ternyata lebih rendah dari vietnam, filipina, malaysia, banglades dan myanmar.

3 Korupsi di indonesia sudah sampai pada taraf kejahatan politik, selain itu kultur juga mempengaruhi berkembangnya korupsi di Indonesia, meliputi penyalahgunaan jabatan, majamen yang kurang baik, dan kontrol yang kurang efektif dan efisien.

4 Penyebab 1. Gaya hidup yang tinggi 2. Tuntutan hidup 3. Lingkungan kerja yang mendukung 4. Supervisi yg lemah 5. Adanya kesempatan 6. Budaya (upeti) 7. Etika dan moral kerja yang lemah 8. Kurangnya transparasi 9. Punishment yg longgar (tidak membuat efek jera)

5 Contoh Kasus Gayus Tambunan adalah mantan pegawai negeri sipil di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Indonesia yang menjadi terkenal ketika Komjen Susno Duadji menyebutkan bahwa Gayus mempunyai uang Rp 25 miliar di rekeningnya plus uang asing senilai 60 miliar dan perhiasan senilai 14 miliar di brankas bank atas nama istrinya dan itu semua dicurigai sebagai harta haram. Kasus Gayus mencoreng reformasi Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang sudah digulirkan Sri Mulyani dan menghancurkan citra aparat perpajakan Indonesia.pegawai negeri sipilDirektorat Jenderal PajakKementerian Keuangan Susno DuadjiharamKementerian Keuangan Republik IndonesiaSri Mulyani

6 Contoh Kerugian keuangan negara Suap-menyuap Penggelapan dalam jabatan Pemerasan Perbuatan curang Benturan kepentingan dalam pengadaan Gratifikasi

7 Kajian Etika  Nilai-nilai yang harus ditaati oleh PNS tercantum dalam UU No 43 tahun 2000 (modul hal 49)  PP No 21 tahun 1975 tentang sumpah dan janji PNS (hal 50)  PP No 30 tahun 1980, terdapat 26 butir kewajiban dan 18 butir larangan (hal 50)

8 Dari segala segi korupsi melanggar nilai-nilai etika yang harus ditaati oleh PNS, tetapi dengan latar budaya dan sistem di Indonesia yang kronik terjadi pergeseran PNS maka korupsi di anggap hal yang wajar dan menjadi aturan yang tidak tertulis sebagai budaya organisasi.

9 Kajian Moral a. Tidak mengikuti proses administrasi pajak, pada kasus menyebutkan bahwa perusahaan membayar lebih b. Kehidupan ekonomi yang terbatas mendorong batin dia untuk mengikuti bisikan hati yang tidak baik, Jualan kwitansi fiktif pajak ke perusahaan c. Data menunjukan, gayus dan keluarganya tidak membaur dengan lingkungan masyarakat tempat dia tinggal sehingga tidak memiliki kekhawatiran dikucilkan masyarakat d. Dia tidak tampak menyesali perbuatan nya dan juga tidak berinisiatif untuk bekerjasama pada saat proses hukum e. Pembentukan karakter moral yang gagal atau kurang aplikatif.

10 Kajian Agama Korupsi dan kemiskinan  dua patologi sosial yang saling berkaitan. Salah satu penyebab kemiskinan di negeri ini adalah merajalela dan menggilanya praktik korupsi di semua sektor kehidupan.

11 Potensi dan kekayaan negeri ini seharusnya tidak membuat rakyat menjadi miskin (mengalami kemiskinan). Faktanya justru sebaliknya. Pengangguran, gelandangan, dan pengemis semakin hari kian banyak dan bertebaran di setiap sudut kota. Mereka semua hidup susah, tidak jelas berapa pendapatan sehari-harinya.

12 Kristen: suap dapat butakan mata (hati), agar terus jaga tatanan hidup, hidup adalah perjuangan, takut kepada Tuhan, jauhkan koruptor. Dalam 10 Perintah Tuhan, larangan kedelapan adalah larangan untuk mencuri. 10 Perintah Tuhan adalah salah satu norma yang dituangkan di Alkitab Perjanjian Lama dan merupakan inti dari etika Alkitab Perjanjian Lama.

13 Dalam Keluaran 20:15, Allah berfirman : Jangan mencuri. Demikian jelasnya larangan Tuhan untuk tidak mencuri. Sementara itu korupsi adalah mencuri dengan cara diam-diam, dengan cara halus mengurangi hak negara atau orang lain demi kepentingan pribadi. Larangan mencuri juga dikemukakan Yesus dalam bentuk yang berbeda, yaitu hukum mengasihi sesamamanusia seperti diri sendiri ( Matius 22:39; Mark 12:31; Lukas 10:27). Hukum ini sama dengan hukum pertama, yaitu hukum untuk mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati dan dengan segenap akal budi.

14 Hindu: pemimpin korup tak akan hidup kembali, suap sebagai pintu masuk dosa, pendosa tak diakui oleh Tuhan dan kena karma, etika “kau rasakan apa yang kurasakan”, agar terus hidup sederhana.

15 Islam : Tindak Pidana Korupsi untuk memperkaya diri dari harta negara adalah perbuatan zhalim (aniaya), karena kekayaan negara adalah harta yang dipungut dari masyarakat termasuk masyarakat miskin yang mereka peroleh dengan susah payah. Bahkan perbuatan tersebut berdampak sangat luas serta berdampak menambah kuantitas masyarakat miskin baru. Sesungguhnya pembalasan terhadap orang – orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan dimuka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka bertimbal balik, atau dibuang dari negeri(tempat kediamannya). Yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka didunia, dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar ( QS: al – Maidah :33)

16 Konfusianis: pendidikan beretika, pengendalian diri, pemerintahan akan hancur bila rakyat sudah tak menaruh kepercayaan terhadapnya. Buddha: tujuan hidup yaitu nirwana (puncak), manusia korup akan tak bahagia.

17 Solusi 1. Semua kegiatan harus di evaluasi apakah sudah sesuai dengan nilai-nilai yang ada 2. Pembudayaan etika yang benar 3. Kebijakan dan peraturan tertulis sesuai dengan etika PNS 4. Reward dan punishment yang jelas dan sesuai (pengembalian hasil korupsi) 5. Sistem audit yang melibatkan semua lapisan

18 Kesimpulan Bahwa korupsi merupakan perilaku yang buruk yang tidak legal dan tidak wajar untuk memperkaya diri dan mengesampingkan kepentingan umum. Korupsi ini terjadi bukan hanya karena seseorang mempunyai penghasilan rendah dan harus memenuhi kebutuhannya saja namun ternyata seseorang dengan penghasilan tinggi pun melakukan korupsi. Ini membuktikan bahwa kegiatan korupsi juga terjadi karena dorongan kerakusan, seseorang dengan pekerjaan yang bagus namun tidak memiliki profesionalitas yang tinggi atas pekerjaannya.

19 - Korupsi di dalam hukum merupakan suatu tindak pidana, dimana di dalam hukum ada undang-undang yang mengaturnya. - Namun bukan di dalam hukum saja korupsi itu dilarang, menurut agama korupsi juga suatu tindakan yang melanggar hukum Tuhan. - Dimana disebutkan di dalam agama bahwa kegiatan korupsi adalah kegiatan mencuri dan zhalim. - Maka dari itu bersama samalah kita mempunyai kesadaran diri untuk menghindari kegiatan korupsi yang berdampak buruk bagi ekonomi, kesejahteraan bersama, bahkan untuk demokrasi kita. Sikap anti korupsi ini harus ditanamkan sejak dini mulai dari hal yang kecil.

20 TERIMA KASIH


Download ppt "KAJIAN KORUPSI Diklat Prajab Gol.III Bapelkes Cikarang Materi Etika PNS Kelompok 4 Agung Andrew Redy roikhatul Amel Yustin Ratrieh Mila Ririn."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google