Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BRAINSTORMING Siapa yang sepakat dan siapa yang tidak sepakat dengan penerapan teori belajar behavioristik dan teori belajar Kognitif dalam pembelajaran?

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BRAINSTORMING Siapa yang sepakat dan siapa yang tidak sepakat dengan penerapan teori belajar behavioristik dan teori belajar Kognitif dalam pembelajaran?"— Transcript presentasi:

1

2 BRAINSTORMING Siapa yang sepakat dan siapa yang tidak sepakat dengan penerapan teori belajar behavioristik dan teori belajar Kognitif dalam pembelajaran? Apa alasannya? Dosen mereviu kelebihan dan kekurangan penerapan teori belajar behavioristik dan teori belajar Kognitif dalam pembelajaran. Dosen menanyakan pengalaman diajar oleh dosen atau guru yang sangat memusatkan perhatian pada siswa.

3 INDIKATOR Menjelaskan konsep dasar teori belajar humanis dan konstruktivis. Merumuskan prinsip-prinsip teori belajar humanis Mengklasifikasikan model-model pembelajaran dalam teori humanis dan konstruktivis

4 LANGKAH PERKULIAHAN Pengantar (10’) Kerja Individu (10’) Presentasi (10’) Diskusi Kelompok (20’) Prensentasi (10’) Penguatan (15’) Tes tulis (15’) Refleksi dan Tindak Lanjut (10’)

5 KERJA INDIVIDU Mahasiswa-mahasiswi mengidentifikasi bagian penting pada uraian materi 7.2. Quis secara tertulis dengan menggukan panduan LK 7.1.A.

6 PRESENTASI Secara bergantian mahasiswa - mahasiswi untuk membacakan hasil kerjanya. LK 7.1.A dikumpulkan untuk dikoreksi dosen

7 Diskusi Kelompok Bekerjalah dalam Kelompok (tiap kelompok berjumlah 5 anggota yang terdiri dari laki- laki, perempuan) Mulailah dengan membahas handout yang disediakan Jelaskanlah konsep dasar teori belajar humanis dan konstruktivis Klasifikasikan model-model pembelajaran dalam teori humanis dan konstruktivis Aplikasikan teori tersebut dalam proses pembelajaran.

8 MATERI DISKUSI Kelompok (1) mendiskusikan Teori Belajar Benjamin S. Bloom dan Krathwohl Kelompok (2) mendiskusikan Teori Belajar Menurut Kolb Kelompok (3) mendiskusikan Teori Belajar Menurut Honey dan Humford Kelompok (4) mendiskusikan Teori Belajar menurut Hebermas, dan Kelompok (5) mendiskusikan Teori Belajar Sibermatic.

9 Masing-masing kelompok diwakili oleh satu orang peserta untuk mepresentasikan hasil diskusinya.

10 Penguatan (15’)

11 Teori Belajar Benjamin S. Bloom Perkembangan kemampuan mencakup 3 ranah (afektif, kognitif & psikomotorik)

12 Teori Belajar Kolb: Belajar dibagi menjadi empat tahap: Pengalaman Konkret (blm tahu 5 W) Pengamatan kreatif & reflektif (mulai memikirkan untuk memahami) Tahap Konseptualisasi (membuat abstraksi, generalisasi berdasarkan contoh2) Tahap Eksperimen aktif (menerapkan suatu aturan umum pada situasi baru)

13 Teori Belajar honey & Humford: Menggolongkan peserta didik mjd 4 tipe: Tipe aktivis (suka pengalaman baru) Tipe Reflektor (hati-hati dlm mengambil keputusan) Tipe Teons (kritis, spekulatuf) Tipe Pragmatis (tdk suka teoritis, filosofis)

14 Teori belajar Hebermas: Membagi belajar menjadi 3 macam: Belajar teknis (peserta didik berusaha menguasai & mengelola pengetahuan & keterampilan yang diperlukan) Belajar Praktis (pemahaman alam sekitar selalu dikaitkan dengan kepentingan manusia) Belajar emansipatoris (perubahan kultural mrpkan tujuan yang paling tinggi)

15 Teori belajar Sibermatik Memandang belajar sbg pengolah informasi (dianalogkan dgn mesin) Aplikasi teori sibermatik dlm pembelajarn melalui simulasi

16 TES TULIS Bagaimana konsep teori belajar humanistik? Apa tujuan teori belajar humanistik? Klasifikasi teori belajar humanistik?

17 Refleksi selama sesi pertemuan pada peket 7 ini diwakili oleh dua orang terdiri dari 1 orang mahasiswa dan 1 orang mahasiswi Refleksi (5’)

18 SAMPUN WASSALAM


Download ppt "BRAINSTORMING Siapa yang sepakat dan siapa yang tidak sepakat dengan penerapan teori belajar behavioristik dan teori belajar Kognitif dalam pembelajaran?"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google