Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Waktu : 8 x 45 Menit (Keseluruhan KD) Standar Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi Kompetensi Dasar : 4.1. Mendeskripsikan proses, aspek dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Waktu : 8 x 45 Menit (Keseluruhan KD) Standar Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi Kompetensi Dasar : 4.1. Mendeskripsikan proses, aspek dan."— Transcript presentasi:

1

2 Waktu : 8 x 45 Menit (Keseluruhan KD) Standar Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi Kompetensi Dasar : 4.1. Mendeskripsikan proses, aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan negara Mengavaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan negara Indonesia.

3 Waktu : 4 x 45 Menit Standar Kompetensi : Mengevaluasi Dampak Globalisasi Kompetensi Dasar : 4.1. Mendeskripsikan proses, aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan negara Mengavaluasi pengaruh glo- balisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

4 (Indikator) Hasil Yang Diharapkan :  Menjelaskan pengertian globalisasi.  Menguraikan tentang proses, fenomena dan aspek-aspek globalisasi.  Mendeskripsikan tren, tantangan dan pelaku globalisasi.  Menganalisis dampak dan isu-isu internasio- nal sebagai dampak globalisasi.  Mengevaluasi pengaruh globalisasi dalam bidang (ekonomi, ideologi, politik, hankam, dan TIK) terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

5 Pengertian Globalisasi GLOBALISASI Proses Globalisasi Fenomena Globalisasi Aspek - aspek Globalisasi Tren Era Global Tantangan Globalisasi Pelaku/Subjek Globalisasi Dampak Globalisasi Isu-isu Internasional sebagai dampak Globalisasi Pengaruh globalisasi dalam bidang (ekonomi, ideologi, politik, Sosial-budaya, hankam, dan TIK) terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

6 1.Proses, Aspek, dan Dampak Globalisasi Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara a.Pengertian Globalisasi Globalisasi berarti suatu proses yang mencakup keseluruhan dalam berbagai bidang kehidupan sehingga tidak nampak lagi adanya batas-batas yang mengikat secara nyata.  Malcolm Waters, Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial-budaya menjadi kurang penting, yang terjelma di dalam kesadaran orang.

7 Lanjutan ………….  Emmanuel Ritcher, Globalisasi adalah jaringan kerja global yang secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi ke dalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.  Thomas L. Friedman, Globalisasi memiliki Dimensi Ideologi dan Teknologi. Dimensi Ideologi, yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan Dimensi Teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia.  Princeton N. Lyman, Globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara negara-negara di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan.  Leonor Briones, Demokrasi bukan hanya dalam bidang perniagaan dan ekonomi namun juga mencakup globalisasi terhadap institusi-institusi demokratis, pembangunan sosial, hak asasi manusia dan pergerakan wanita.

8 Lanjutan …………. Beberapa segi perkembangan bidang kehidupan, terkait dengan proses globalisasi yg mempunyai dampak luas terhadap masyarakat internasional. b.Proses Globalisasi Subyek Proses : 1.Globalisasi Informasi 2.Globalisasi Telekomunikasi 3.Komunitas Global 4.Peledakan Informasi 5.Kecemasan Informasi 6.Masyrakat Informasi

9 c.Fenomena Globalisasi a.Arus Etnis, ditandai dengan mobilitas manusia (imigran, turis, tenaga kerja dan pendatang). b.Arus Teknologi, ditandai dengan mobilitas tek- nologi, munculnya multinational corporational atau transnational corporational. c.Arus Keuangan, yang ditandai dengan makin tingginya mobilitas modal, investasi, pembe- lian melalui internet. d.Arus Media, yang ditandai dengan makin kuat- nya mobilitas informasi, baik melalui media cetak maupun elektronik. e.Arus Ide, yang ditandai dengan makin deras- nya nilai baru yg masuk ke suatu negara.

10 d.Aspek-aspek Globalisasi 1.Aspek Ekonomi, mengacu kepada makin menyatunya unit-unit ekonomi di dunia. 2.Aspek Kebudayaan dan Keagamaan, ada- nya gagasan-gagasan baru yang datang dari seluruh dunia. 3.Aspek Tekhnologi, adanya perkembangan teknologi informasi yg menyatukan dunia tanpa batas. 4.Aspek Demografi, banyaknya penghijra- han manusia dibelahan dunia.

11 e.Tren Era Globalisasi ABAD 21 Perubahan Akseleratif Aliran Modal Tanpa Batas Global Dan Kompleks Hiper Kompetisi Ekonomi Pengetahuan

12 Setelah mempelajari materi-materi tentang : Pengertian, proses, dan aspek globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dilanjutkan penugasan dengan menjawab pertanyaan sebagai berikut : Penugasan Praktik Kewarganegaraan 1 NoTokohUraian Singkat 1. P.N. Lynan Adji Leonor Briones Berikan ulasan pengertian kembali tentang “Globalisasi” sesuai pendapat anda dan tokoh-tokoh terkenal ! Pendapat anda tentang Globalisasi ?

13 Lanjutan …………. 2.Menurut Malcolm Waters, bahwa Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial-budaya menjadi kurang penting, yang terjelma di dalam kesadaran orang. Berikan penjelasan singkatnya yang dimaksud dengan ! Perubahan AkseleratifHiper Kompetisi a.Pembatasan Geografis : b.Keadaan sosial-budaya : Beberapa trens tentang globalisasi antara lain mencakup : perubahan akseleratif, aliran modal tanpa batas, ekonomi pengetahuan, hiper kompetisi. Jelaskan pada kolom di bawah ini !

14 4.Berikan tanggapan penjelasan, mengapa globalisasa harus ditanggapi positif yaitu dengan cara sebanyak mungkin mampu memenangkan berbagai kompetisi ! Tuliskan perbedaan dan persamaan mendasar antara proses globalisasi informasi dan globalisasi telekomunikasi di bawah ini ! PersamaanPerbedaan Lanjutan ………….

15 f.Tantangan Globalisasi a.Sikap Individualisme, b.Apresiasi Generasi Muda, c.Pandangan Kritis terhadap Ideologi Negaranya, d.Diversifikasi Masyarakat, e.Keterbukaan Yang Lebih Tinggi. Tantangan globalisasi yang mendasar dan akan dihadapi :

16 g.Pelaku atau Subjek Globalisasi a.Negara b.Organisasi-organisasi antar pemerintah. c.Perusahaan internasional yang dikenal dengan Multinational Corporation (MNC) atau Transnational Corporation atau Global Firms. d.Organisasi internasional atau transnasional yang non pemerintah (INGO, International Non-Governmental Organizations) e.Organisasi-organisasi non formal.

17 Globalisasi merupakan proses internasionalisasi seluruh tatanan masyarakat modern yg awalnya hanya ada pada tataran ekonomi, namun dalam perkembangannya cenderung menunjukkan keragaman. g.Dampak Globalisasi Menurut Malcolm Waters : bahwa ada 3 (tiga) dimensi proses globalisasi, yaitu: 1.Globalisasi Ekonomi, 2.Globalisasi Politik dan 3.Globalisasi Budaya.

18 a.Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi mempermudah manusia dalam berinteraksi, dan mempercepat manusia untuk berhubungan dengan manusia lain. b.Dalam transportasi, dapat meningkatkan efisiensi. c.Mendukung nasionalisme dalam menggalakkan pro- ses integrasi antara lain dengan mendobrak etnosentrik. d.Peningkatan mobilitas sosial dan pengukuhan kelas menengah. e.Komunikasi yang lebih mudah dan juga murah. f.Peluang yg lebih luas bagi manusia berbagai etnik, bangsa, budaya dan agama untuk berinteraksi. Dampak Positif :

19 1.Masuknya nilai budaya luar yang tidak sesuai. 2.Eksploitasi alam dan sumber daya lain yang besar. 3.Berkembangnya nilai-nilai konsumerisme dan individual. 4.Terjadi dehumanisasi. 5.Timbulnya dominansi negara-negara maju. 6.Erosi terhadap nilai-nilai tradisi. 7.Timbul gejala-gejala materialisme, kendornya moralitas, dsb. 8.Pembangunan yang tidak seimbang. 9.Masyarakat kurang kreatif dan hedonistik. 10.Merebaknya kebiasaan meniru hasil-hasil iptek. Dampak Negatif

20 h.Isu-isu Internasional sebagai Dampak Globalisasi a.Demokrasi b.Hak Asasi Manusia c.Transparansi (keterbukaan) d.Pelestarian Lingkungan Hidup e.Pluralisme f.Pasar global dan g.Pesaing global Isu-isu Globalisasi

21 Carilah sumber informasi lain baik dari buku, koran, majalah, internet, buletin & sebagainya, kemudian lakukan hal-hal berikut : Penugasan Praktik Kewarganegaraan 2 1.Rumuskan pemahaman tentang globalisasi dan tantangannya dlm kehidupan berbangsa & bernegara ! 2.Berikan alasan penjelasan, langkah-langkah apa yang harus kita lakukan dalam menghadapi tantangan globalisasi ! 3.Berikan alasan penjelasan, mengapa di era globalisasi dewasa ini bangsa Indonesia harus berpegang kokoh pada nilai-nilai dan budaya bangsa sendiri ! 4.Tulisakan sekurang-kurangnya 3 (tiga) pelaku atau subjek globalisasi yang memainkan peranan dalam dunia internasional ! 5.dalam mengantisipasi baik dampak positif maupun dampak negatif globalisasi, tuliskan hal-hal yang harus dipersiapkan !

22 2.Pengaruh Globalisasi Terhadap Kehidupan Bangsa dan Negara Abad 21, ditandai dengan globalisasi ekonomi yang nampak dlm aspek-aspek : 1.Produksi. 2.Pembiayaan. 3.Tenaga Kerja. 4.Jaringan Informasi. 5.Perdagangan. a.Globalisasi di Bidang Ekonomi Beberapa agenda regional & global yang dihadapi : General Agreement on Tariffs and Trade (GATT), World Trade Organization (WTO), Asia Pasific Economic Cooperation (APEC) dan Asean Free Trade Area (AFTA).

23 a.Negara-negara maju mengusung gaya ideologi Kapitalis dan Liberalis. b.Negara Amerika dan Eropa Barat sebagai pendukung kuat ideologi liberal & kapitalisme, akan terus berupaya me- nancapkan pengaruhnya di belahan dunia lain (termasuk Indonesia) agar mau mengikuti pola dan prinsip-prinsip yang selama ini mereka terapkan. c.Pengaruh globalisasi bagi Indonesia dapat menyebabkan keterpurukan ekonomi, karena ketidak-mampuan dalam bersaing. d.Tingkat ketergantungan kita yang secara tidak sadar telah mengikat secara politik dgn mengusung prinsip-prinsip kapitalis dan pemikiran liberal. b.Globalisasi di Bidang Ideologi

24 c.Globalisasi di Bidang Politik  Pengaruh globalisasi politik, menimbulkan banyak kepentingan yang tidak lagi bisa dipenuhi, kecuali melalui peran kekuatan global (suprastate).  Globalisasi politik tidak lain adalah pergulatan glo-bal dlm mewujudkan kepentingan para pelaku sbb : a.Negara-negara besar dan negara-negara kecil. b.Organisasi-organisasi antar pemerintah. c.Perusahaan internasional seperti Multinational Corporations (MNC). d.Perusahaan internasional atau transnasional yg non pemerintah.

25 d.Globalisasi di Bidang Sosial-Budaya Beberapa indikasi yang dapat kita rasakan akibat pengaruh globalisasi sosial budaya, adalah sbb : 1.krisis sosial-budaya di kalangan masyarakat dgn kian meningkatnya penetrasi dan ekspansi budaya Barat. 2.Berbagai ekspresi sosial budaya “alien” (asing), yang sebenarnya tidak memiliki basis dan preseden kulturalnya. 3.Semakin merebaknya budaya “McDonald-isasi”, tele- novela yang menyebarkan kepermisifan, kekerasan dan hedonisme, mewabahnya MTV-isasi, Valentine’s Day dan kini juga From’s Night di kalangan remaja.

26 Dewasa ini ada kecenderungan munculnya kultur hybrid (budaya gado-gado tanpa identitas). Beberapa sisi negatifnya antara lain : 1.Dapat mengakibatkan erosi budaya. 2.Lenyapnya identitas kultural nasional dan lokal. 3.Kehilangan arah sebagai bangsa yang memiliki jatidiri. 4.Hilangnya semangat nasionalisme & patriotisme. 5.Cenderung pragmatisme & maunya serba instan. Lanjutan ………….

27 Pengaruh globalisasi di bidang Hankam sangat nampak pada industri-industri pertahanan yg menghasilkan alat peralatan Hankam serta jasa pemeliharaannya. Negara-negara industri persenjataan spt : Amerika, Inggris, Perancis, Rusia, dan Cina, selalu berupaya memperbaharui jenis, bentuk dan kemampuannya. Negara-negara lain seperti Iran, Israel, India, Pakistan, dan Korea Utara, juga telah membuat persenjataan yg semakin disempurnakan, bahkan belakangan muncul isu-isu senjata nuklir yang masih menjadi polemik. e.Globalisasi di Bidang Hankam

28 f.Globalisasi di Bidang TIK Globalisasi yang didukung kemajuan teknologi informasi telah menghadirkan perubahan besar dalam kehidupan masyarakat dunia, antara lain : 1.Akses informasi semakin mudah dan cepat sehingga dapat mencapai tempat lain tanpa memandang jarak dan batas negara. 2.Masalah kedaulatan negara mendapat tanta- ngan, terutama dalam menghadapi arus informasi. 3.Negara tidak dapat sepenuhnya lagi mengatur arus informasi dan komunikasi baik yang positif (kondusif) maupun negatif (desdruktif).

29 Penugasan Praktik Kewarganegaraan 3 Setelah mempelajari materi-materi tentang : Pengaruh Globa- lisasi Terhadap Kehidupan Bangsa dan Negara, lakukan Strategi Pembelajaran dengan Penugasan Cooperative Integra- ted Reading and Composition (CIRC) atau Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis. Langkah-langkah : 1.Bentuk kelompok dengan anggotanya antara 4 – 5 orang. 2.Diberikan “wacana” atau kliping sesuai topik bahasan. 3.Setiap kelompok bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok serta memberi tanggapan terhadap wacana/kliping, dan ditulis pada lembar kertas. 4.Mempresentasikan atau membacakan hasil kelompok. 5.Buatlah kesimpulan bersama. 6.Penutup.

30 Waktu : 4 x 45 Menit Standar Kompetensi : Mengevaluasi Dampak Globalisasi Kompetensi Dasar : 4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap bangsa globalisasi terhadap bangsa dan negara. dan negara Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan negara terhadap bangsa dan negara Indonesia. Indonesia.

31 (Indikator) Hasil Yang Diharapkan :  Menguraikan pentingnya memiliki wawasan global.  Memahami sikap perkembangan dunia yang sangat cepat.  Menganalisis pemanfaatan globalisasi untuk pembangunan dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara.  Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan negara.

32 Memiliki Wawasan Globalisasi GLOBALISASI Memahami Era Globalisasi Memahami Perkembangan Dunia Yang Sangat Cepat Memanfaatkan Globalisasi untuk Pembangunan Implikasi Globalisasi Thd Bangsa & Negara Pengaruh Globalisasi Terhadap Bangsa dan Negara Indonesia

33 a.Memiliki Wawasan Global 3.Sikap Terhadap Pengaruh dan Implikasi Globalisasi Terhadap Bangsa dan Negara a.Budaya Global (Perilaku, nilai, dan gaya hidup). b.Konsep Global (konsep negara-bangsa, relevansi ideologi bagi negara, primordialisme baru, liberalisasi, dsb). c.Pendangkalan wawasan dan kehidupan demokrasi, ( de- mokrasi “instant” dan pendangkalan wawasan, dengan proses analisis realtime. d.Isyu Global, Hak Asasi Manusia, masalah lingkungan global, dan isyu yang berkembang di masyarakat. e.Politik global, isyu global dapat dibahas dalam berbagai forum seminar, pengkajian dan diskusi secara lugas.

34 b.Memahami Era Globalisasi dan Hubungan Interdependensi Ekonomi Globalisasi atau transnasionalisasi dalam Pereko- nomian dapat dilukiskan sebagai berikut : 1.Dalam hubungan finansial. 2.Gejala sekuritisasi. 3.Dalam kegiatan produksi. 4.Perusahaan multinasional. 5.Dalam perkembangan investasi. 6.Perkembangn di Timur Tengah 7.Perkembangan teknologi.

35 c.Memahami Perkembangan Dunia Yang Sangat Cepat 1.Banyaknya perekonomian dunia yg mendorong be- kerjanya mekanisme pasar & saling berkompetisi. 2.Terdapat perkembangan penting tentang program Pasar Tunggal Eropa pada tahun Amerika Serikat telah mengalami perubahan kea- rah proteksionisme. 4.Jepang telah memperlihatkan kemampuannya sebagai kekuatan utama di bidang perdagangan. 5.Timbulnya gejala baru kearah pembentukan “free trade area” diberbgai belahan dunia. 6.Transformasi perekonomian yg terjadi di kawasan Pasifik dan Asia Tenggara.

36 d.Memanfaatkan Globalisasi Untuk Pembangunan ERAGLOBALISASI TREN PEMBANGUNAN PENGEMBANGAN INSTITUSI KEBIJAKAN EKONOMI KEBIJAKAN PEMBANGUNAN PERUBAHAN KONDISI & ASPIRASI MASYRAKAT IMPLIKASI PENYESUAIAN NILAI ETIKA

37 e.Implikasi Globalisasi Terhadap Bangsa & Negara 1.Perumus kebijakan di tingkat nasional, bahwa ada perubahan cepat & makin ketatnya persaingan 2.Pelaku ekonomi, bahwa daya saing ekonomi nasional meningkat, kemampuan produksi dan ekspor makin membesar. 3.Pemerintah, dapat memainkan peran sbg fasilitator, pemberi dorongan dan bimbingan. 4.Bagi dunia usaha, dituntut lebih luwes, lebih sensitif pada tuntutan pasar dan lebih jeli mempelajari ber- bagai peluang terbuka di pasar serta terus mening- katkan efisiensi dan daya saing perusahaannya.

38 Lanjutan …………. PENGARUH GLOBALISASI PERUBAHAN POLA PIKIR PERUMUS KEBIJAKAN PELAKU EKONOMI BIROKRAT/ PEMERINTAH DUNIA USAHA /INDUSTRI IMPLIKASI

39 Carilah sumber informasi lain baik dari buku, koran, majalah, internet, buletin & sebagainya, kemudian lakukan hal-hal berikut : Penugasan Praktik Kewarganegaraan 4 1.Rumuskan kembali pemahaman anda bagaiamana kita harus bersikap dalam menghadapi pengaruh dan implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ! 2.Berikan alasan penjelasan mengapa bangsa Indonesia dalam era globalisasi ini sangat penting untuk memiliki sikap yang jelas terhadap “wawasan global” ! 3.Berikan penjelasan kembali tentang konsep pembangunan di Indonesia dan pengaruhnya terhadap globalisasi ! 4.Berikan sekurang-kurangnya 2 (dua) faktor yang mendorong pemikiran bahwa di era globalisasi perlu memiliki tingkat efisiensi dan daya saing yang baik ! 5.Identifikasikan kembali dalam bentuk apa sajakah seorang warga negara dapat mengimplementasikan pengaruh positif globalisasi dalam kehidupan sehari-hari untuk bermasyarakat, berbangsa dan bernegara !

40 3.Pengaruh Globalisasi Terhadap Bangsa & Negara Indonesia Beberapa indikator pengaruh negatif maupun positif globalisasi yg melanda bangsa dan negara Indonesia 1.Politik 2.Ekonomi 3.Sosial dan Budaya 4.Ledakan Informasi 5.Hukum, Pertahan dan Keamanan SUBJEK PROSES

41 SOAL ESSAY/URAIAN Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan singkat dan jelas ! 1.Jelaskan yang anda ketahui tentang makna globalisasi ! 2.Salah satu karakteristik era globalisasi adalah adanya kompetisi yang tinggi, berikan alasan mengapa demikian ! 3.Beri penjelasan salah satu aspek globalisasi yang mencakup lingkungan, khususnya di negara Indonesia ! 4.Berikan contoh sekurang-kurangnya 3 (tiga) dampak globalisasi bagi bangsa Indonesia dalam bidang sosial budaya ! 5.Beri penjelasan bagaimana hubungan antara globalisasi dengan pembangunan !

42 Lanjutan ………………. 6.Tuliskan sekurang-kurangnya 3 (tiga) aspek negatif dalam globalisasi ! 7.Berikan alasan, mengapa dalam proses globlaisasi terjadi “kecemasan informasi “ ! 8.Menurut pendapat anda, apa langkah-langkah yang paling mungkin dilaksanakan merintah Indonesia dalam rangka menghadapi masyarakat global pada proses globalisasi ! 9.Jelaskan, mengapa dalam menghadapi tantangan globalisasi perlu memperkuat jadiri bangsa Indoensia yang berdasarkan Pancasila ! 10.Berikan alasan mengapa kita perlu mewaspadai budaya global dalam era globalisasi baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat !

43 TUGAS DAN DISKUSI 1.Diskusikan dengan teman-temanmu tentang topik- topik berikut ini ! a.Era globalisasi dalam mempercepat demokratisasi di Indonesia. b.Tantangan dunia pendidikan dalam era globalisasi. c.Pentingnya pemahaman terhadap aspek positif dan negatif era globalisasi. d.Kualitas sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam era globalisasi.

44 Lanjutan ………………. 2.Carilah referensi lain baik dari buku, koran, buletin, majalah, internet dan sebagainya yang berhubungan dengan pengaruh globalisasi dalam kehidupan. Bentuklah kelompok sesuai dengan kebutuhan ! Bentuklah kelompok sesuai dengan kebutuhan ! a.Rumuskan kembali yang dimaksud dengan globalisasi ! b.Jelaskan kembali pengaruh globalisasi dalam berbagai bidang kehidupan ! c.Berikan contoh aspek positif dan aspek negatif era globalsiasi di Indonesia ! d.Carilah perbandingan dengan salah satu negara tentang contoh-contoh kesiapan pemerintah dan masyarakatnya dalam menghadapi era globalisasi ! e.Buatlah makalah sehubungan dengan pembahasan tersebut & presentasikan hasilnya di depan kelas !

45 INQUIRI Isilah titik-titik pada kolom berikut ini untuk menganlisis trens atau karakteristik globalsiasi abad 21 ! NoTren/KarakteristikIndikator / KeteranganContoh 1.Perubahan Akseleratif Aliran Modal Tanpa Batas Ekonomi Pengetahuan Hipertkompetisi Global dan Kompleks

46


Download ppt "Waktu : 8 x 45 Menit (Keseluruhan KD) Standar Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi Kompetensi Dasar : 4.1. Mendeskripsikan proses, aspek dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google