Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GLOBALISASI Pengertian Dampak positif Dampak negatif.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GLOBALISASI Pengertian Dampak positif Dampak negatif."— Transcript presentasi:

1

2 GLOBALISASI Pengertian Dampak positif Dampak negatif

3 P e n g e r t i a n GLOBALISASI ADALAH PENINGKATAN KETERKAITAN DAN KETERGANTUNGAN ANTAR BANGSA DAN ANTAR MANUSIA DISELURUH DUNIA

4 Sikap Masyarakat Serba cepat Serba cepat Kerja keras Kerja keras Kompetitif Kompetitif Kreatif Kreatif Inovatif Inovatif Kemudahan Kemudahan Semangat Semangat Disiplin Disiplin Pengmb. Diri Pengmb. Diri Kurang PD Kurang PD Tak peduli Tak peduli Ketergantungan Ketergantungan Individual Individual Dimanjakan Dimanjakan Malas Malas Tidak tenang Tidak tenang

5 P e n g a r u h  BIDANG POLITIK  BIDANG SOSIAL BUDAYA  BIDANG EKONOMI  BIDANG TEKNOLOGI.

6 Dampak positif G l o b a l i s a s i

7 DDDDilihat dari globalisasi politik, pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis. Karena pemerintahan adalah bagian dari secara negara, jika pemerintahan dijalankan secara jujur, bersih dan dinamis tentunya akan mendapat tanggapan positif dari rakyat. Tanggapan positif tersebut berapa rasa nasionalisme terhadap negara menjadi meningkat. Di bidang politik

8 Lanjutan.....  Negara tidak lagi dianggap sebagai pemegang kunci dalam proses pembangunan. Para pengambil kebijakan publik di negara sedang berkembang mengambil jalan pembangunan untuk mengatasi masalah sosial dan ekonomi.

9 Di bidang Ekonomi  Globalisasi dan liberalisme pasar telah menawarkan alternatif bagi pencapaian standar hidup yang lebih tinggi.  Terbukanya pasar internasional, meningkatnya kesempatan kerja dan meningkatnya devisa negara. Dengan adanya hal tersebut akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa.  Mampu memacu produktivitas dan inovasi para pelaku ekonomi agar produk yang dihasilkan mampu bersaing dengan produk-produk yang lain. Pada era globalisasi ini menuntut manusia yang kreatif dan produktif.

10 Di bidang sosial dan budaya  Para generasi muda mampu mendapatkan sarana-sarana yang memungkinkan mereka memperoleh informasi dan berhubungan dengan lebih efisien dengan jangkauan yang lebih luas.  Informasi dapat diperoleh secara mudah, cepat, dan lengkap dari seluruh dunia sehingga pengetahuan dan wawasan manusia menjadi lebih luas.  Kita dapat meniru pola berfikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin dan iptek dari bangsa lain yang sudah maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa yang pada akhirnya memajukan bangsa dan akan mempertebal rasa nasionalisme kita terhadap bangsa.

11 Dampak Negatif Globalisasi

12 Di bidang Politik Salah satu dampaknya bersumber pada penyebaran nilai-nilai politik barat melalui jaringan informasi dan transportasi yang berkembang secara pesat. Dengan demikian proses pendidikan (atau, sosialisasi) politik kita akan dipengaruhi oleh nilai-nilai politik Barat.

13 Di bidang Ekonomi  Semakin melebarnya ketimpangan distribusi pendapatan antar negara-negara kaya dengan negara-negara miskin.  Munculnya perusahaan-perusahaan multinasional dan transnasional.  Membuka peluang terjadinya penumpukan kekayaan dan monopoli usaha dan kekuasaan politik pada segelincir orang.  Menimbulkan sifat konsumerisme di kalangan generasi muda. Sehingga tidak mampu memenuhi tuntutan zaman karena sudah terbiasa menerima teknologi dan hanya mampu membeli tanpa membuatnya.

14 Di bidang sosial dan Budaya Generasi muda yang tidak siap akan adanya informasi dengan sumber daya yang rendah hanya akan meniru hal-hal yang tidak baik seperti adanya bentuk-bentuk kekerasan, tawuran, melukis di tembok-tembok, dan lain-lain. Generasi muda yang tidak siap akan adanya informasi dengan sumber daya yang rendah hanya akan meniru hal-hal yang tidak baik seperti adanya bentuk-bentuk kekerasan, tawuran, melukis di tembok-tembok, dan lain-lain. Dengan adanya fasilitas yang canggih membuat seseorang enggan untuk berhubungan dengan orang lain sehingga rasa kebersamaan banyak berkurang. Dengan adanya fasilitas yang canggih membuat seseorang enggan untuk berhubungan dengan orang lain sehingga rasa kebersamaan banyak berkurang. Karena banyaknya informasi yang didapat tanpa disaring terlebih dahulumaka akan mengakibatkan perubahan pola hidup, pola pikir, dan perilaku yang tidak sesuai dengan norma-norma kebudayaan bangsa Indonesia. Karena banyaknya informasi yang didapat tanpa disaring terlebih dahulumaka akan mengakibatkan perubahan pola hidup, pola pikir, dan perilaku yang tidak sesuai dengan norma-norma kebudayaan bangsa Indonesia.

15 Lanjutan..... Segi budaya merupakan segi yang paling rentan terkena dampak negatifnya. Bentuk informasi dan sarana yang dapat diterima dengan bebas mampu memengaruhi pola bertindak dan berpikir generasi muda. Sebagai contoh, menurunnya budaya membaca di kalangan pelajar, mereka lebih suka melihat televisi yang memperlihatkan tontonan yang mengandung unsur kekerasan yang kemudian mereka tiru. Segi budaya merupakan segi yang paling rentan terkena dampak negatifnya. Bentuk informasi dan sarana yang dapat diterima dengan bebas mampu memengaruhi pola bertindak dan berpikir generasi muda. Sebagai contoh, menurunnya budaya membaca di kalangan pelajar, mereka lebih suka melihat televisi yang memperlihatkan tontonan yang mengandung unsur kekerasan yang kemudian mereka tiru. Semakin bertambah globalnya berbagai nilai budaya kapitalis dalam masyarakat dunia. Semakin bertambah globalnya berbagai nilai budaya kapitalis dalam masyarakat dunia. Merebaknya gaya berpakaian barat di negara-negara berkembang. Merebaknya gaya berpakaian barat di negara-negara berkembang.


Download ppt "GLOBALISASI Pengertian Dampak positif Dampak negatif."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google