Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 2 Pendidikan dan perubahan sosial OLEH :  NURUL FADILAH 2010070051  FAUZI ROCHMAN 20100720073  ANAS DARUSSALAM 20100720023  UCIK  ARDIAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 2 Pendidikan dan perubahan sosial OLEH :  NURUL FADILAH 2010070051  FAUZI ROCHMAN 20100720073  ANAS DARUSSALAM 20100720023  UCIK  ARDIAN."— Transcript presentasi:

1

2 KELOMPOK 2 Pendidikan dan perubahan sosial OLEH :  NURUL FADILAH  FAUZI ROCHMAN  ANAS DARUSSALAM  UCIK  ARDIAN  TUTIK

3 Pendahuluan  Pada zaman ini kita hidup pada era globalisasi yang terus akan berkembang  teknologi informasi berkembang dengan pesat  interaksi manusia tidak mengenal tempat dan waktu

4 Menurut Alvin Troffler {dalam buku future shock tahun 1970} Peradaban manusia terbagi menjadi 3 gelombang : 1. Fase pertanian {8000 SM-1500M} 2. Fase industri { M} 3. Fase informasi (1970- sekarang)

5 Fase Pertanian Menggambarkan bahwa bidang pertanian telah menjadi basis peradaban manusia pada fase ini, kebberhasilan dan kekuasaan di tentukan oleh pertanian.

6 Fase industri Pada fase ini peradaban manusia pun di dominasi oleh penguasa industri yang umumnya terdiri dari kaum konlong merat dan pemilik modal.

7 Fase informasi menempatkan informasi sebagai primadona dan penentu kesuksesan. “siapa yang menguasai informasi maka ia akan menguasai kehidupan”

8 Apa fungsi pendidikan itu?

9 Perkiraan masyarakat masa depan  Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam pelestarian dan pengembangan kebudayaan setiap masyarakat  Saling mempengaruh antara pendidikan sosio-kultural, maka perlu di jelaskan dahulu pengertian kebudayaan.

10 Kebudayaan adalah “keseluruhan gagasan dan karya manusia, yang harus di biasakannya dengan belajar, beserta keseluruhannya dari hasil budi dan karyanya itu.(Koentjaraningrat, 1974:19)

11  Kebudayaan itu berwujud : 1)Berwujud ideal 2)Berwujud kelakuan 3)Berwujud fisik  Unsur- unsur universal dari kebudayaan : 1)System religi dan upacara keagamaan. 2)System dan organisasi kemasyarakatan. 3)System pengetahuan. 4)Bahasa. 5)Kesenian. 6)System mata pencaharian. 7)System teknologi dan peralatan

12 Ciri ciri umum masyarakat masa depan 1.Kecenderungan Globalisasi 2.Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi 3.Perkembangan Arus Komunikasi Yang Semakin Padat dan Cepat 4.Peningkatan layanan pefesional

13 Kecenderungan Globalisasi Istilah globalisasi (asal kata: global yang berarti secara umumnya, utuhnya, kebulatannya) dengan kata lain: Menjadikan dunia sebagai satu keutuhan, satu kesatuan.

14  empat bidang kekuatan gelombang globalisasi yang paling kuat dan menonjol daya dobraknya, 1)Bidang iptek 2)Bidang ekonomi 3)Bidang lingkungan hidup 4)Bidang pendidikan

15 Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  Pada abad ini perkembangan iptek sangat mengesankan contohnya: idang transportasi, informasi, genetika, dll.  Percepatan perkembangan iptek terkait dengan segi landasan otologis, epistemologis, dan aksiologis.

16 Segi Landasan ontologis Objek telaah, berupa pengalaman yang dijangkau lewat alat panca indra yang telah mengalami perkembangan pesat untuk membantu alat indra tersebut. Contoh teleskop raksasa untuk mengamati benda di luar angkasa, mikroskop, dll.

17 Segi landasan epistemologis  Cara yang dipakai untuk memperoleh pengetahuan yang ilmu pengetahuan tersebut telah mengalami perkembangan pesat.

18 Segi landasan aksiologis Untuk apa iptek itu dipergunakan, yang mempersoalkan secara moral tertuju pada kemaslahatan manusia

19 Perkembangan Arus Komunikasi Yang Semakin Padat dan Cepat Salah satu perkembangan IPTEK yang luar biasa adalah yang berkaitan dengan informasi dan komunikasi, utamanya satelit komunikasi, computer dan sebagainya

20 Peningkatan layanan profesional  Salah satu ciri penting masyarakat masa depan adalah meningkatnya kebutuhan layanan profesional dalam berbagai bidang kehidupan  Layanan yang diberikan oleh pemangku profesi, atau layanan profesional akan semakin penting untuk kebutuhan masyarakat masa depan.

21 upaya pendidikan dalam mengatasi masa depan pendidikan berkewajiban mempersiapkan generasi baru yang sanggup manghadapi tantangan zaman baru yang akan datang dengan menghasilkan manusia manusia yang melek teknologi dan melek pikir atau yang dapat di sebut melek kebudayaan.

22 Tuntunan bagi manusia pada masa depan Tantangan yang akan di hadapi manusia masa depan : 1.Kemampuan penyesuaian diri dan memanfaatkan peluang globalisasi dlm berbagai bidang. 2. wawasan & pengetahuan yang memadai 3. kemampuan menyaring dan menfaatkan informasi yang semakin padat dan cepat 4.Kemampuan bekerja efisien sebagai ikal bakal kemampuan profesional

23 Upaya Mengantisipasi Masa Depan Mengembangkan sumber daya manusia melalui pendidikan fungsi pendidikan menurut UU RI No. 2 Tahun 1989 tidak hanya membangun manusia saja tapi juga ikut serta dalam pembangun masyarakat

24 Upaya mengantisipasi masa depan melalui pendidikan Diarahkan pada:  Perubahan Nilai Dan Sikap  Pengembangan Kebudayaan  Pengembangan Sarana Pendidikan

25 Perubahan nilai dan sikap Nilai merupakan norma, acuan yg seharusnya atau kaidah yg menjadi rujukan perilaku. contoh sumber : agama, hukum, adat istiadat, moral dsb. Sedangkan sikap selalu terkait dengan objek tertentu dan disertai denga kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan sikap terhadap objek tersebut(bisa positif atupun bisa negatif)

26 Pengembangan kebudayaan Di era globalisasi ini setiap negara dapat mempengaruhi kebudayaan negara lain oleh karena itu setiap individu diharapkan menyelaraskannya dengan baik, agar dapat menyesuaikan diri dgn dunia yg selalu berubah ubah. Peranan pendidikan merupakan faktor menentukan dalam membangun dan memperkuat keahanan budayanya.

27 Pengembangan sarana pendidikan Menurut Santoso S Hamijoyo (1990:33) terdapat 5 strategi dasar dalam era globalisasi yaitu: 1.Pendidikan untuk pengembangan iptek 2.Pendidikan untuk pengembangan keterampilan manajemen 3.Pendidikan untuk pengelolaan kependudukan, lingkungan,keluarga berencana,kesehatan 4.Pendidikan untuk pengembangan sistem nilai 5.Pendidikan untuk mempertinggi mutu tenaga kependidikan dan kepelatihan

28 Kesimpulan  melalui pendidikan setiap masyarakat akan melestarikan nilai-nilai luhur sosial kebudayaanya  Dalam UU No. 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional pasal 1 telah ditetapkan antara lain “pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan pengajaran, dan atau latihan bagi perananya di masa mendatang.


Download ppt "KELOMPOK 2 Pendidikan dan perubahan sosial OLEH :  NURUL FADILAH 2010070051  FAUZI ROCHMAN 20100720073  ANAS DARUSSALAM 20100720023  UCIK  ARDIAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google