Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BIMBINGAN KARIER SISWA Oleh : Tim Fakultas Teknik

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BIMBINGAN KARIER SISWA Oleh : Tim Fakultas Teknik"— Transcript presentasi:

1 BIMBINGAN KARIER SISWA Oleh : Tim Fakultas Teknik

2 BIMBINGAN KARIER SISWA

3

4

5 The Balloon Theory Your career is like a balloon. You have to make sure that there are more force to keep it UP than force to keep it DOWN Karier seseorang harus dianggap seperti balon. Di dalam balon ada gas yang mengakibatkannya melayang-layang di udara. Jika balon tersebut bocor, maka gas akan keluar dan akibatnya balon tersebut akan kempes dan balon tersebut akan jatuh ke tanah. Karier kita ditentukan ditentukan antara lain oleh kemampuan diri dan oleh kompetensi kita.

6 Karier perlu direncanakan - Prospektif karier sering menjadi permasalahan -Siswa perlu mengenal dan mengetahui bentuk alami dari karier -Para siswa perlu mengenal potensi sediri - Tidak semua siswa bisa mengenal potensi diri mereka - Guru/ pembimbing karier perlu mengarahkan para siswanya

7 Beberapa Permasalahan berkaitan dengan Dunia Kerja  Dunia kerja secara prospektif berbeda secara radikal  Seseorang mungkin berganti pekerjaan  Seseorang mungkin berpindah-pindah  Seseorang ganti-ganti macam pekerjaan  Seseorang memerlukan updating skill  Seseorang akan berkompetisi dalam dunia kerja.

8 Dari manakah siswa memperoleh informasi tentang pekerjaan?

9 TUNTUTAN KOMPETENSI : HARD SKILL : Kecakapan Akademik (Academic Skill) Kecakapan Vokasional (Vocational Skill) SOFT SKILL : Kecakapan Mengenal Diri (Self Awareness) atau Kecakapan Personal (Personal Skill) Kecakapan Berpikir Rasional (Thinking Skill) Kecakapan Sosial (Social Skill)

10 Pintu Kesempatan Janganlah mudah putus asa jika satu kesempatan lepas dari kita. Yakinlah bahwa pintu kesempatan lain masih banyak terbuka. Oleh karena itu, pandai-pandailah mencari pintu kesempatan.

11 KIAT-KIAT MEMPERTAHANKAN PEMIKIRAN POSITIF KITA UNTUK BERSABAR DAN TERUS BERUSAHA : Rajinlah mengobrol dengan teman Teman curhat yang baik akan banyak membantu. Siapa tahu sarannya bermanfaat. Semakin banyak masukan semakin baik bagi Anda.

12 Buatlah catatan Simpan catatan nomor telepon atau alamat. Hal kecil seperti itu kadang sangat memudahkan saat melakukan follow-up

13 Bagi waktu dengan baik Atur waktu yang diperlukan untuk malamar. Kita tidak perlu merasa kecewa saat tidak mampu menyelesaikan target.

14 Tentukan Tujuan Jangan buat target yang berlebihan Tetaplah realistis dan berusaha secara konsisten

15 Perkuat Keyakinan Diri Jangan biarkan diri Anda larut dalam frustasi yang berlebihan Bila memerlukan sesuatu peralatan supaya Anda merasa lebih baik, lakukan saja.

16 Kumpul dengan Teman-teman Sediakan waktu, misalnya seminggu sekali untuk berkumpul dengan teman-teman. Usahakan agar suasana berlangsung santai dan tidak mengeluarkan banyak uang.

17 NEGOSIASI GAJI Ketahui kapan sebaiknya mendiskusikan soal gaji. Sebainya tunda dulu keinginan untuk bicara tentang gaji hingga setelah ada tawaran soal itu.

18 Berikan kesempatan pewawancara (calon atasan) untuk membuka angkanya terlebih dulu.

19 KIAT-KIAT WAWANCARA 1.Bicara rinci saat wawancara 2.Bawa salinan dari resume Anda 3.Lakukan kontak mata 4.Tunjukkan minat dan antusiasme 5.Berpakaian/penampilan secara profesional 6.Jawab pertanyaan dalam waktu 60 detik 7.Dengan dan jawab pertanyaan secara langsung 8.Jelaskan prestasi yang pernah Anda buat dan pengalaman kerja/organisasi 9.Bertanya dengan efektif 10.Kirim ucapan terima kasih dua hari setelah wawancara. 11.Jangan menjanjikan sesuatu/memberikan sesuatu SELANJUTNTA TINGGAL BERSERAHDIRI KEPADA TUHAN YANG KUASA, DAN BERUSAHA LEBIH KERAS LAGI.


Download ppt "BIMBINGAN KARIER SISWA Oleh : Tim Fakultas Teknik"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google