Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RANCANG BANGUN APLIKASI DIAGNOSIS PENYAKIT HEPATITIS MENGGUNAKAN CERTAINTY FACTOR Oleh: Erista Pramana 07.41010.0359.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RANCANG BANGUN APLIKASI DIAGNOSIS PENYAKIT HEPATITIS MENGGUNAKAN CERTAINTY FACTOR Oleh: Erista Pramana 07.41010.0359."— Transcript presentasi:

1 RANCANG BANGUN APLIKASI DIAGNOSIS PENYAKIT HEPATITIS MENGGUNAKAN CERTAINTY FACTOR Oleh: Erista Pramana

2 L ATAR B ELAKANG Penyakit Hepatitis adalah penyakit yang disebabkan oleh beberapa jenis virus yang menyerang dan menyebabkan peradangan serta merusak sel-sel organ hati manusia. (Depkes,2011)

3 L ATAR B ELAKANG Saat ini, penderita Hepatitis sering mengalami keterlambatan penanganan medis. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan waktu untuk melakukan konsultasi ke dokter dan gejala yang nampak pada penyakit ini mirip dengan penyakit biasa seperti flu ringan atau demam yang sering diabaikan oleh sebagian besar orang. Kebutuhan informasi yang cepat dan tepat dari seorang pakar kesehatan atau dokter spesialis penyakit dalam sangatlah dibutuhkan, hal inilah yang mendorong pembangunan aplikasi diagnosa Hepatitis untuk diwujudkan. Metode Certainty Factor merupakan perhitungan tingkat kepastian terhadap kesimpulan yang diperoleh dan dihitung berdasarkan nilai probabilitas penyakit karena adanya evident/ gejala (Pearl, 2000).

4 P ERUMUSAN MASALAH Bagaimana merancang dan membangun aplikasi yang dapat mendiagnosis penyakit hepatitis dengan menggunakan Certainty Factor.

5 B ATASAN M ASALAH 1. Mendiagnosis penyakit Hepatitis berdasarkan gejala fisik. 2. Penyakit yang akan didiagnosis adalah penyakit Hepatitis A, Hepatitis B dan Hepatitis C. 3. Perhitungan menggunkan Faktor Kepastian (certainty factor) yang menunjukkan ukuran kepastian terhadap suatu fakta (penyakit). 4. Representasi pengetahuan yang digunakan adalah Sistem Pakar berbasis rule menggunakan Foreward Chaining. 5. Aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman berbasis Web.

6 T UJUAN Merancang dan membangun aplikasi yang dapat mendiagnosa penyakit Hepatitis dengan menggunakan Metode Certainty Factor

7 L ANDASAN T EORI 1. Hepatitis

8 M ETODE F ORWARD C HAINING Forward chaining adalah suatu metode dari mesin inferensi untuk memulai penalaran atau pelacakan suatu data dari fakta-fakta yang ada menuju suatu kesimpulan. Dalam forward chaining, kaidah intrepeter mencocokan fakta dalam basis data dengan situasi yang dinyatakan dalam bagian sebelah kiri atau kaidah if.

9 C ERTAINTY F ACTOR CF (Pk,G) = MB (Pk,G) – MD (Pk,G)

10 C ERTAINTY F ACTOR

11 M ETODE P ENELITIAN Blok Diagram

12 M ETODE P ENELITIAN Dependency Diagram

13 M ETODE P ENELITIAN Sistem Diagnosis

14 Detail Langkah Proses Perhitungan

15 DEMO PROGRAM

16 K ESIMPULAN Berdasarkan evaluasi hasil uji coba, aplikasi diagnosis penyakit hepatitis menggunakan Certainty Factor yang telah dibuat mampu mendiagnosis penyakit hepatitis yang dialami penderita dan memberikan nilai kepastian terhadap penyakit yang diderita serta menghasilkan data hasil diagnosis yang berisi tentang terapi penyakit dan meal plan menu makanan yang dapat membantu user memberikan solusi terhadap penyakit hepatitis yang diderita.

17 T ERIMA K ASIH


Download ppt "RANCANG BANGUN APLIKASI DIAGNOSIS PENYAKIT HEPATITIS MENGGUNAKAN CERTAINTY FACTOR Oleh: Erista Pramana 07.41010.0359."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google