Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RANCANG BANGUN SISTEM CERDAS SERVICE ADVISOR PADA BENGKEL MOBIL BERBASIS WEB (STUDI KASUS KARUNIA MOTOR SURABAYA) Riko Syaogi Priyanggoro 07.41010.183.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RANCANG BANGUN SISTEM CERDAS SERVICE ADVISOR PADA BENGKEL MOBIL BERBASIS WEB (STUDI KASUS KARUNIA MOTOR SURABAYA) Riko Syaogi Priyanggoro 07.41010.183."— Transcript presentasi:

1 RANCANG BANGUN SISTEM CERDAS SERVICE ADVISOR PADA BENGKEL MOBIL BERBASIS WEB (STUDI KASUS KARUNIA MOTOR SURABAYA) Riko Syaogi Priyanggoro

2 Pendahuluan Perusahaan bengkel mobil mempunyai seorang frontman yang berhubungan dengan pelanggan mulai dari penerimaan mobil sampai penyerahan mobil, frontman ini biasa disebut dengan Service Advisor (SA). Salah satu tugas SA adalah memberikan diagnosa pekerjaan terhadap mobil yang akan diservis berdasarkan keluhan dari pelanggan. Oleh karena itu SA tidak boleh salah dalam mendiagnosa supaya pelanggan tidak merasa dirugikan, dan akan lebih buruk lagi jika SA berhalangan hadir.

3 METODE Sistem Pakar Forward Chaining Menurut Kusrini (2006), runut maju (forward chaining) berarti menggunakan himpunan aturan kondisi-aksi. Dalam metode forward chaining, data digunakan untuk menentukan aturan mana yang akan dijalankan, kemudian aturan tersebut dijalankan dan terkadang terdapat proses memasukkan data ke dalam memori kerja.

4 RANCANGAN SISTEM Diagram Blok Sistem Cerdas Service Advisor pada bengkel mobil

5 Dependency Diagram Diagnosa Kerusakan Mesin, Penyalaan & Tarikan

6 HASIL GENERATE RULE HASIL GENERATE RULE

7

8 KESIMPULAN Setelah dilakukan uji coba dan evaluasi, maka dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Aplikasi ini mampu memberikan solusi tindakan / pekerjaan pada mobil yang di service berdasarkan keluhan pelanggan dengan menggunakan sistem pakar. Aplikasi ini mampu memberikan estimasi suku cadang yang dibutuhkan, estimasi total biaya dan estimasi waktu yang diperlukan berdasarkan pekerjaan yang telah ditentukan sehingga pelanggan mengerti perkiraan waktu untuk menunggu dan jumlah yang harus dibayar Aplikasi ini mampu mengolah data pekerjaan yang harus dilakukan pada mobil dan suku cadang yang diperlukan ke dalam sistem transaksi bengkel untuk kepentingan pembuatan laporan-laporan yang dibutuhkan perusahaan.


Download ppt "RANCANG BANGUN SISTEM CERDAS SERVICE ADVISOR PADA BENGKEL MOBIL BERBASIS WEB (STUDI KASUS KARUNIA MOTOR SURABAYA) Riko Syaogi Priyanggoro 07.41010.183."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google