Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Konsep Pecahan Dengan Penerapan Diskusi Kelompok Kecil Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Liang OLEH : Nama.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Konsep Pecahan Dengan Penerapan Diskusi Kelompok Kecil Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Liang OLEH : Nama."— Transcript presentasi:

1 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Konsep Pecahan Dengan Penerapan Diskusi Kelompok Kecil Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Liang OLEH : Nama : Caniga Rumasoreng NMP: PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS DARUSSALAM AMBON 2013

2 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Ki Hajar Dewantara sebagai bapak pendidikan Indonesia jauh-jauh waktu sebelum Indonesia merdeka sudah mengisyaratkan pentingnya sebuah pendidikan, menurutnya pendidikan merupakan kunci pembangunan sebuah bangsa. Pendidikan dilakukan melalui usaha menuntun segenap kekuatan kodrat yang dimiliki anak, baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat, untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

3 B. Identifikasi Masalah Berdasarkan pengalaman yang dihadapi disekolah-sekolah pada umumnya guru masih menggunakan model pembelajaran konfensional yaitu : pembelajaran monoton, guru sebagai pusat pembelajaran, siswa pasif. C. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang diuraikan diatas maka yang menjaadi rumusan masalah adalah apakah penerapan kelompok kecil dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas IV pada materi pecahan dengan menggunakan diskusi kelompok kecil di SD Negeri 1 Liang.

4 D. Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV yang diajarkan dengan diskusi kelompok kecil pada materi pecahan di SD Negeri 1 Liang. E. Manfaat Penelitian Adapun manfaat penelitian ini yang dapat diharapkan adalah untuk : 1. bagi siswa, dapat bermanfaat dan bagi siswa yang kurang dapat memahami konsep dan penerapannya melalui diskusi kelompok kecil pada bilangan pecahan. 2. bagi peneliti, secara bertahap dapat mengetahui strategi pembelajaran yang berfariasi yang dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar. 3. bagi sekolah, diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk mengaaplikasikan pembelajaran dan meningkatkan kualitas pendidikan disekolah yang bersangkutan.

5 4. Guru agar dapat memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran matematika. F. Penjelasan Istilah 1. penerapan atau praktek adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan gaya atau cara. 2. Diskusi atau perundingan adalah suatu percakapan ilmiah oleh beberapa orang yang tergabung dalam satu kelompok untuk saling bertukar fikiran. 3.pacahan adalah suatu cara untuk menuliskan bilangan yang merupakan bagian satu yang utuh.

6 4. hasil belajar adalah tingkat keberhasilan seseorang dalam menguasai materi pelajaran tertentu, yang biasa dilihat atau diukur baik pada saat pelaksanaan proses pembelajaran maupun pada saat pelaksanaan proses evaluasi.

7 BAB II Tinjauan Pustaka A.Belajar dan Mengajar bila terjadi proses belajar, maka bersama itu juga terjadi proses mengajar. Hal ini kiranya mudah dipahami karena bila ada yang belajar sudah barang tentu ada yang mengajaranya, begitu sebaliknya. B. Hakekat Matematika Sujono (1988:5) mengemukakan beberapa pengertian matematika, diantaranya matematika diartikan sebagai cabang ilmu pengetahuan yang eksak dan terorganisasi secara sistematis.

8 C. Diskusi Kelompok Kecil diskusi adalah suatu proses penglihatan dua atau lebih individu yang berinteraksi secara verbal dan saling berhadapan muka mengenai tujuan atau sasaran yang sudah tertentu melalui cara tukar menukar informasi, mempertahankan pendapat atau pemecahan masalah (Moedjiono ;1985) D. Hasil Belajar. hasil belajar merupakan syarat utama ukuran suksesnya pembelajaran. E. Ruang Lingkup Materi pecahan adalah suatu cara untuk menuliskan bilangan yang menunjukkan bahwa jika sebuah bilangan merupakan bagian dari satu bilangan yang utuh.

9 Bab III Metode Penelitian A.Tipe Penelitian jenis penelitian ini merupakan penelitian tinadakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dikelas melalui referensi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. (Wardani; 2004). B. Lokasi dan Waktu Penelitian a. Lokasi Penelitian, berlokasi pada SD Negeri 1 Liang Kec Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. b. Waktu Penelitian, dilaksanakan setelah proposal ini diseminarkan.

10 C. Data, Sumber Data dan Subjek Penelitian 1. Data Data yang dikumpul dalam penelitian ini berupa data kuatitatif dan data kualitatif 2. Sumber Data a. Siswa kelas IV SD Negeri 1 Liang b. Guru Mata pelajaran Matematika 3. Subjek penelitian Siswa kelas IV Negeri 1 Liang yang berjumlah 20 siswa.

11 D. Prosedur Penelitian Langkah awal sebelum penelitian ini adalah peneliti berkomunikasi dengan guru mata pelajaran dan kepala sekolah dengan harapan bahwa pihak-pihak bersangkutan dapat membantu dalam memberikan dukungan guna melancarkan proses penelitian. E. Instrumen Penelitian Instrumen penelitian yang digunakan adalah : a. Tes hasil belajar yang terdiri dari soal tes awal dan soal tes akhir tiap siklus b. Lembar obserpasi untuk mengamati aktivitas siswa dan guru saat proses pembelajaran berlaku.

12 F. Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data yang digunakan sebagai berikut : a. Tes, tersebut dimaksud untuk mengukur beberapa besar hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan dengan mengunakan penerapan diskusi kelompok kecil. b. Lembar observasi atau pengamatan, dilakukan oleh peneliti, seorang guru dan dua orang teman dan berpatokan pada lembar pengamatan yang telah disiapkan

13 G. Teknik Analisis Data Analisis data adalah suatu kegiatan untuk mencermati setiap langkah yang dibuat melalui tahap persiapan, proses, sampai dengan hasil pekerjaan atau pembelajaran (Aunurrahman, dkk, 2009: 9-1). Data dari hasil penelitian ini akan diolah dengan mengunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.

14


Download ppt "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Konsep Pecahan Dengan Penerapan Diskusi Kelompok Kecil Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Liang OLEH : Nama."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google