Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROPOSAL. Sartika Dewi Purwati Rijali NIM. 200815155 “PENERAPAN PEMBELAJARAN POLA TRANSAKSI KOMUNIKASI (MULTI ARAH) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROPOSAL. Sartika Dewi Purwati Rijali NIM. 200815155 “PENERAPAN PEMBELAJARAN POLA TRANSAKSI KOMUNIKASI (MULTI ARAH) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR."— Transcript presentasi:

1 PROPOSAL

2 Sartika Dewi Purwati Rijali NIM “PENERAPAN PEMBELAJARAN POLA TRANSAKSI KOMUNIKASI (MULTI ARAH) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KINGDOM PLANTAE DI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH AMBON”

3 PENDAHULUAN BAB I

4 1.1. LATAR BELAKANG Negara berkembang selalu berusaha untuk mengejar pembangunan disegala bidang kehidupan, khususnya dalam dunia pendidikan pemerintah selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas guru dengan berbagai cara seperti mengganti kurikulum, meningkatkan kualitas guru melalui penataran-penataran atau melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi dan sebagainya.

5 Jika seorang guru atau pendidik tidak berhasil mengembangkan potensi peserta didik maka negara itu tidak akan maju, sebaliknya jika guru atau pendidik berhasil mengembangkan potensi peserta didik, maka terciptalah pribadi manusia yang cerdas, terampil, dan berkualitas. Salah satu cara untuk membangkitkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan mengganti cara/model pembelajaran yang selama ini tidak diminati lagi oleh siswa, seperti pembelajaran yang dilakukan dengan ceramah dan tanya- jawab yang membuat siswa jenuh dan tidak kreatif.

6 Dari hasil observasi di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Ambon, menunjukkan pada umumnya guru menggunakan metode ceramah yang merupakan metode yang paling dominan, dimana proses belajar mengajar didominasi oleh guru sehingga peran serta peserta didik hanya sebagai pendengar atau menyimak materi pelajaran yang diajarkan oleh guru, selain metode ceramah juga menggunakan metode diskusi dan tanya jawab.

7 Kedua metode ini walaupun melibatkan siswa dalam proses pembelajaran namun masih merupakan pola interaksi (dua arah) dimana interaksi ini hanya terjadi antara guru dengan siswa. Kondisi pembelajaran di atas menyebabkan diperlukan komunikasi transaksi dalam langka pencapaian mutu pendidikan yang baik dan pada khususnya peningkatan hasil belajar biologi. Pola pembelajaran transaksi adalah komunikasi yang tidak hanya melibatkan interaksi dinamis antar siswa dengan siswa. Artinya, seorang siswa dapat bertanya langsung atau berdiskusi pada gurunya atau berkomunikasi (berdiskusi) dengan temannya yang lain.

8 Berdasarkan hasil uraian di atas, dianggap perlu dirancang suatu penelitian dengan menitikberatkan perhatian pada upaya peningkatan hasil belajar siswa Muhammadiyah Ambon melalui Pembelajaran Pola Komunikasi sebagai transaksi. Untuk merealisasikan maksud tersebut maka hal inilah yang mendasari perlunya dilakukan penilitian dengan judul: “Penerapan Pembelajaran Pola Transaksi Komunikasi (multi arah) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Kingdom Plantae di Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Ambon”.

9 Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penilitian ini adalah : Apakah penerapan pembelajaran pola transaksi komunikasi dapat meningkatkan hasil belajar biologi Kingdom Plantae siswa kelas X SMA Muhamadiyah Ambon ? 1.2. RUMUSAN MASALAH

10 Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran Pola Transaksi Komunikasi (multi arah) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Pokok Bahasan Kingdom Plantae di Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Ambon TUJUAN PENELITIAN

11 Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan dalam upaya meningkatkan mutu belajar siswa dan dapat dijadikan sebagai informasi bagi para guru dalam menerapkan model pembelajaran yang tepat bagi konsep yang diajarkan MANFAAT PENELITIAN

12 1. Pola Transaksi Komunikasi (multi arah) adalah suatu pembelajaran yang melibatkan semua unsur dimana komunikasi tidak hanya terjadi antara guru dengan siswa, tetapi juga antara siswa dengan siswa yang berlangsung secara dinamis dimana komunikasi saling membantu mengembangkan kemampuan seluruh siswa untuk mencapai kesuksesan menyerap materi pelajaran (Sudjana : 2008) PENJELASAN ISTILAH

13 2. Komunikasi berasal dari istilah latin Comunicare yang berarti memberitahukan, berpartisipasi, menjadi milik bersama (Sudjana : 2008). 3. Hasil belajar biologi adalah tingkat penguasaan yang dicapai murid dalam proses belajar mengajar biologi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Hasil yang dicapai oleh murid merupakan gambaran keberhasilan proses belajar mengajar (Sudjana : 2008)

14 TINJAUAN PUSTAKA BAB II

15 Proses belajar mengajar merupakan kegiatan formal di sekolah di dalamnya terjadi interaksi antara berbagai komponen pembelajaran. Komponen-komponen yang dimaksud dalam proses pebelajaran tersebut dapat dikelompokan ke dalam tiga kategori utama, yaitu guru, isi atau materi pelajaran dan siswa HASIL BELAJAR BIOLOGI

16 Hasil belajar mempunyai peran penting dalam pendidikan, bahkan menentukan kualitas belajar yang dicapai oleh siswa pada bidang studi yang dipelajari.Siswa yang cerdas dapat dengan cepat menciptakan lingkungan belajar yang mendorong perkembangan intelektual dirinya dalam bentuk macam-macam kegiatan yang dapat meningkatkan hasil belajarnya. Hasil belajar ditandai dengan adanya perubahan perilaku yang terjadi pada diri seseorang yang melakukannya.Dimana interaksi individu dalam lingkungan yang membawa perubahan sifat, tindakan, perbuatan, dan tingkah laku.

17 Hasil belajar biologi adalah tingkat penguasaan yang dicapai murid dalam proses belajar mengajar biologi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Hasil yang dicapai oleh murid merupakan gambaran keberhasilan proses belajar mengajar.

18 Pola komunikasi transaksi (multi arah) ini melibatkan semua unsur dimana guru bertindak sebagai peninjau atau pengatur lalu lintas pembelajaran. Namun, meski demikian guru juga memiliki peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar dan pola interaksi multi arah guru juga harus memperhatikan interaksi siswa, siswa dengan kelompok, kelompok dengan kelompok untuk mencapai maksimalisasi dalam proses belajar mengajar POLA TRANSAKSI KOMUNIKASI

19 Menurut Nana dalam Fathurrohman dalam (Sutikno : 2007) mengemukkan bahwa ada 3 komunikasi dalam proses pembelajaran di sekolah, antara lain : Komunikasi sebagai aksi Komunikasi sebagai interaksi Komunikasi sebagai transaksi

20 2.3 LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN Langkah-langkah untuk proses belajar mengajar dengan pola pembelajaran komunikasi sebagai transaksi. Antara lain: Kegiatan guru Kegiatan siswa

21 2.4 URAIAN MATERI PEMBELAJARAN KINGDOM PLANTAE Dunia tumbuhan (Plantae) mencakup semua organisme multiseluler, autotrop, fotosintetik. Dinding sel tumbuhan disusun atas senyawa selulosa, dan menyimpan kelebihan karbohidratnya dalam bentuk amilum.Akan tetapi, ternyata tidak semua organisme dengan ciri seperti itu dapat digolongkan sebagai tumbuhan. Contoh tumbuhan plantae,antara lain adalah: Lumut Tumbuhan paku Tumbuhan berbiji

22 BAB III METODE PENELITIAN

23 3.1 TIPE PENELITIAN Dunia tumbuhan (Plantae) mencakup semua organisme multiseluler, autotrop, fotosintetik. Dinding sel tumbuhan disusun atas senyawa selulosa, dan menyimpan kelebihan karbohidratnya dalam bentuk amilum.Akan tetapi, ternyata tidak semua organisme dengan ciri seperti itu dapat digolongkan sebagai tumbuhan.

24 3.2 TEMPAT DAN WAKTU Tempat penelitian Penelitian ini direncanakan akan dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Ambon, Kecematan Sirimau kota Ambon. Waktu penelitian Penelitian ini direncanakan akan dilaksanakan setelah seminar proposal dan direncanakan selama 1 bulan.

25 3.3 POPULASI DAN SEMPEL Populasi Yang menjadi popalasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Ambon Tahun Ajaran 2012/2013. Yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah peserta didik 36 orang, yaitu X 1 18 orang dan X 2 18 orang. Sampel Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X 1 yang berjumlah 18 orang siswa, dengan demikian sampel yang diambil berjumlah 18 orang siswa. proses pengambilan sampel ini dinamakan sampel populasi.

26 3.4 VARIABEL PENELITIAN Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar dengan penerapan pola trassaksi komunikasi multi arah.

27 3.5 DISAIN PENELITIAN Dalam penelitian ini, bentuk desain statistik deskriptif yaitu suatu penelitian yang melibatkan satu kelompok, yaitu kelompok kontrol (yang tidak memperoleh perlakuan) dan kelompok eksperimen (yang mendapat perlakuan) yang ditentukan tanpa menggunakan system random.

28 3.6 INSTRUMEN PENELITIAN Tes Awal Observasi Tes Akhir

29 3.7 TEKNIK PENGUMPULAN DATA Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan dengan memberikan tes hasil belajar pada pokok bahasan Kingdom Plantae pada kelompok eksprimen dan kelompok kontrol.

30 3.8 TEKNIK ANALISIS DATA Data yang diperoleh melalui instrument tes yang dipilih akan digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian atau menguji hipotesis yang diajukan peneliti. Pengolahan data hasil belajar dalam penelitian ini digunakan teknik analisis statistik deskriptif.

31 Analisis statistik deskriptif terdiri dari, mean skor, standar deviasi, dan pengkategorian digunakan untuk mendeskripsikan hasil belajar yang diperoleh siswa, baik pada kelompok kontrol maupun pada kelompok eksperimen (treatment).

32 Menentukan nilai rata-rata dengan rumus : Ket X : rata-rata hitung x : Jumlah data n: Banyaknya jumlah sampel Menentukan standar deviasi : SD =    In XX 2 )1(


Download ppt "PROPOSAL. Sartika Dewi Purwati Rijali NIM. 200815155 “PENERAPAN PEMBELAJARAN POLA TRANSAKSI KOMUNIKASI (MULTI ARAH) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google