Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Siswa – Siswi SMPK Santo Yoseph Denpasar Oleh : Petrus Haryo Sabtono, S.S.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Siswa – Siswi SMPK Santo Yoseph Denpasar Oleh : Petrus Haryo Sabtono, S.S."— Transcript presentasi:

1 Siswa – Siswi SMPK Santo Yoseph Denpasar Oleh : Petrus Haryo Sabtono, S.S.

2

3 Untuk menjadi cerdas bukanlah dari faktor keturunan. Dengan menerapkan cara belajar yang baik dan efektif serta ketekunan, maka kamu pun bisa menjadi orang cerdas, seperti Albert Einstein.

4 Belajar bukan berarti kita memaksakan diri setiap waktu dan setiap detik. Cara belajar yang sering dipaksakan tidak akan menghasilkan pemahaman yang baik terhadap mata pelajaran. Sedangkan, setiap orang memiliki cara tersendiri bagaimana cara belajar mereka agar bisa terus memahami apa yang mereka inginkan. Belajar bukan berarti kita memaksakan diri setiap waktu dan setiap detik. Cara belajar yang sering dipaksakan tidak akan menghasilkan pemahaman yang baik terhadap mata pelajaran. Sedangkan, setiap orang memiliki cara tersendiri bagaimana cara belajar mereka agar bisa terus memahami apa yang mereka inginkan.

5 Kebanyakan pelajar sekarang, belajar ketika hendak ujian di depan mata. Mereka biasa menggunakan SKS (Sistem Kejar Semalam) dan hal itu hampir 70% pelajar di Indonesia seperti ini.

6 Belajar bukanlah berarti menghafal. Belajar adalah mencoba untuk memahami dan mengerti dari apa yang kita pelajari. Belajar bisa dilakukan rutin setiap hari dengan mengambil waktu sekitar 1-2 jam diwaktu pagi hari, sore maupun malam diterapkan sesuai dengan mood yang baik untuk belajar dari setiap karakter yang ada pada diri sendiri. Dengan sistem mengulang, kita akan paham dengan sendirinya. Berbeda dengan menghafal, mungkin kita akan hafal 1 – 2 hari saja. Setelah itu, wuzzz.. Hilang semua hafalan kita dengan hal-hal yang baru ataupun oleh hal-hal lainnya.

7

8 1. Metode Mencatat Kamu pasti tahu bukan, kalau otak manusia bukan seperti otak robot? sekali terprogram A terus berjalan A. Otak manusia ada batasnya. Ada kalanya manusia lupa. Oleh sebab itu, metode mencatat menjadi hal terbaik yang dapat digunakan sebagi metode belajarmu. Kamu bisa menulis hal-hal yang penting saja ketika kamu membaca ataupun mendengarkan apa yang guru ajarkan. Dengan metode ini, sewaktu-waktu kamu bisa mengulang kembali apa yang telah guru sampaikan kepadamu.

9 2. Mengulang Apa Yang Kita Pelajari Belajar sekali saja tidaklah cukup untuk bisa memahami apa yang kamu inginkan. Mengulang merupakan salah satu hal yang sangat bagus untuk bisa memahami apa yang kamu pelajari. Cobalah untuk membaca kembali apa yang telah kamu tulis dan kamu pelajari sehari 1-3 kali. Hal itu pasti akan berdampak sangat bagus untuk metode belajarmu.

10 3. Belajar Kelompok Ada tanggapan positif dan negatif mengenai belajar kelompok. Belajar kelompok sering dijadikan moment untuk kumpul bareng, bukan waktu untuk belajar. Namun, jika hal tersebut bisa dicegah, belajar kelompok akan mempermudah untuk memahami apa yang dipelajari, karena bisa sharing dan bertanya bila ada yang belum paham. Ada kalanya rasa takut bertanya ketika sedang di kelas. Namun dengan adanya belajar kelompok, setidaknya kamu berani menanyakan hal yang mungkin belum paham kepada teman- temannya, begitu juga yang sudah paham. Dengan mencoba untuk menerangkan kembali kepada teman yang belum paham akan membuat apa yang kamu sampaikan menjadi lebih paham dan menancap pada otakmu.

11 4. Pelajari Pokok Intinya Saat Belajar Ini akan membuat sahabat lebih mencapai target pemahaman pada mata pelajaran yang akan dan yang telah di pelajari. Hasilnya pun akan lebih fokus dan mengerti hal yang sudah di pelajari.

12 5. Pahami Bukan Dihafal Seperti yang telah dipaparkan di atas, menghafal bukanlah metode yang baik untuk digunakan dalam metode belajarmu. Menghafal kuranglah efektif, namun apabila memang perlu untuk Sistem Kejar Semalam, hal tersebut bolehlah sesekali dilakukan dengan metode menghafal.

13 Belajar rutin jangan diasumsikan menjadi sesuatu beban yang sangat berat. Belajar rutin tidaklah harus berjam-jam namun bisa dilakukan 30 menit di pagi hari, lalu sore hari dan malam hari. Hal seperti ini akan lebih baik daripada 3 jam belajar secara sekaligus.

14 7. Niat dan Kesadaran untuk Belajar Ketika kamu melakukan sesuatu tanpa ada niat, hal tersebut tidaklah akan berjalan dengan baik. Begitu juga dengan belajar, tanpa adanya niat dan kesadaran untuk belajar, tidaklah akan menjadi orang yang pandai selamanya. Beda ketika kamu meskipun tidak pandai, namun dengan belajar rutin, kamu akan lebih pintar dari orang-orang pintar di sekelilingmu.

15


Download ppt "Siswa – Siswi SMPK Santo Yoseph Denpasar Oleh : Petrus Haryo Sabtono, S.S."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google