Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dinas Pariwisata, Seni Budaya, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Banyuasin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dinas Pariwisata, Seni Budaya, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Banyuasin."— Transcript presentasi:

1 Dinas Pariwisata, Seni Budaya, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Banyuasin

2  Kabupaten Banyuasin (Sumsel) terletak di posisi yang strategis,yaitu terletak di jalur Lintas Timur Sumatera;  Luas wilayah Banyuasin secara keseluruhan ,99 km2;  Banyuasin memiliki topografi 80% wilayah datar berupa lahan pasang surut dan rawa lebak, sedangkan 20% sisanya berombak sampai bergelombang berupa lahan kering dengan ketinggian 0-40 meter dpl.

3  Menurut Organisasi Pariwisata Dunia, pariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan utuk rekreasi atau liburan, dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini;  Wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi.

4  Pariwisata seringkali dipersepsikan sebagai mesin ekonomi bagi pembangunan ekonomi di suatu negara, termasuk Indonesia;  Pembangunan pasar wisata di Kabupaten Banyuasin dihadapkan pada berbagai masalah, tantangan, dan hambatan, baik secara umum maupun khusus;  Diperlukan paradigma baru dalam memandang pasar wisata dalam konteks pembangunan, yaitu wisata tidak lagi dipandang semata-mata sebagai alat peningkatan pendapatan daerah saja,

5  namun memiliki spektrum yang lebih luas dan mendasar;  Pembangunan pasar wisata Banyuasin harus fokus pada potensi alam, budaya, kesenian, dan kuliner serta masyarakat yang terdapat di masing-masing lokasi wisata;  Pada dasarnya Banyuasin memiliki kekayaan alam dan budaya yang potensial untuk dikembangkan menjadi pasar wisata;

6  Selain potensi alam dan budaya, keberadaan infrastruktur yang memadai akan mampu menjadi pendukung pengembangan daerah wisata;  Sarana dan prasarana kepariwisataan juga perlu mengalami peningkatan kapasitas dan kualitas pelayanan yang memadai;

7  Kekuatan: 1. kekayaan budaya; 2. kekayaan daya tarik wisata alam; 3. kehidupan masyarakat yang khas; 4. lingkungan relatif masih alami 5. komitmen yang kuat dari Pemkab Banyuasin;

8  Kelemahan: 1. pengemasan daya tarik wisata; 2. terbatasnya diversifikasi produk; 3. masih lemahnya pengelolaan kepariwisataan; 4. kualitas pelayanan wisata yang belum baik; 5. disparitas pembangunan kawasan wisata; 6. interpretasi, promosi dan komunikasi yang belum efektif; 7. terbatasnya SDM dan kelembagaan yang kompeten.

9  Peluang: 1. keramahan penduduk lokal; 2. kemajemukan masyarakat lokal; 3. pengembangan aktivitas ekowisata.  Ancaman: 1. kesamaan produk yang ditawarkan kabupaten lain; 2. kesadaran lingkungan masih rendah; 3. degradasi lingkungan; 4. infrastruktur yang belum memadai.

10  Dari uraian di atas, maka diharapkan adanya: 1. peningkatan daya saing produk dan usaha pariwisata 2. peningkatan pangsa pasar pariwisata melalui pemasaran terpadu; 3. peningkatan kualitas, pelayanan dan informasi wisata; 4. pengembangan investasi di bidang pariwisata; 5. pengembangan infrastruktur pendukung pariwisata; 6. pengembangan SDM; 7. sinergi multi-stakeholders dalam desain program kepariwisataan.

11  Peningkatan kualitas objek wisata (alam, budaya, buatan/minat khusus);  Pengembangan fasilitas pendukung (hotel, restoran, dll);  Peningkatan pemanfaatan unsur-unsur keunikan lokal sebagai daya tarik wisata;  Peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur dan jaringan utilitas di dalam objek dan lingkungannya;  kualitas jejaring, kemitraan, dan kerjasama kepariwisataan;

12  Kualitas SDM kepariwisataan;  Kualitas manajemen/kelembagaan/pengelola pada objek wisata;  Kualitas inovasi dan kemasan objek wisata;  Kualitas kesehatan lingkungan objek wisata;  Melaksanakan/mensosialisasikan program- program pusat dan provinsi;  Ketersediaan anggaran daerah.

13  Pengelompokan potensi wisata;  Pembuatan basepoint jalur wisata;  Penyebaran pusat-pusat wisata;  Penciptaan magnet kawasan wisata;  Peningkatan aksesibilitas ke kawasan wisata;  Pemberdayaan peran masyarakat;  Pelestarian bangunan bersejarah;  Pembentukan paket-paket wisata;  Peningkatan promosi;  Peningkatan manajemen kepariwisataan;  Pengembangan aspek sosial budaya;  Peningkatan fasilitas wisata.

14  Taman Nasinal Sembilang (ekowisata);  Kawasan Pelabuhan Tanjung Api-api (wisata bahari);  Desa wisata Sungsang (wisata bahari);  Restoran Terapung Kampung Nelayan Upang (wisata kuliner);  Hutan Wisata Kemampo (ekowisata);  Hutan Lindung Lebong Hitam (ekowisata);  Danau Tanah Mas (wisata keluarga);  Kompleks SMK SPP Sembawa (Agrowisata);  Kompleks BPS Sembawa (Agrowisata);  Taman Tebenan Indah (wisata keluarga).


Download ppt "Dinas Pariwisata, Seni Budaya, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Banyuasin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google