Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Konsep Pemograman Web HTML/XHTML Delivered by : Burhan Amin Referensi/Acuan : - Marty Hall and Larry Brown, Core Web Programming,2nd,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Konsep Pemograman Web HTML/XHTML Delivered by : Burhan Amin Referensi/Acuan : - Marty Hall and Larry Brown, Core Web Programming,2nd,"— Transcript presentasi:

1 1 Konsep Pemograman Web HTML/XHTML Delivered by : Burhan Amin Referensi/Acuan : - Marty Hall and Larry Brown, Core Web Programming,2nd, Prentice Hall PTR, Deitel et.al,Internet and World Wide Web-How to Program, Prentice Hall,2000

2 2 Apakah Internet itu? Internet adalah suatu jaringan global, dengan cara kerja sama dalam menjalankan jaringan komputer yang dapat saling bertukar dan berbagi informasi. Komputer pada Internet dapat menyediakan (melayani) informasi dan atau mengaksesnya dan menampilkan informasi. Mengirim dan menerima surat elektronik ( ) Menayangkan daftar diskusi elektronik (listserv) Partisipasi dalam ruang percakapan (chat rooms)chat rooms Transfer file menggunakan protokol transfer file (ftp) Terhubungkan ke komputer remote (telnet) Terhubungkan dengan World Wide Web (http ) Apa yang dapat Anda lakukan melalui Internet ?

3 3 Apakah World Wide Web itu? Dunia Web Lebar/Luas (juga dikenal sebagai Web atau WWW) adalah suatu cara dalam mengakses informasi melalui Internet menggunakan hypertext transfer protocol (http). Web mengijinkan anda untuk menampilkan gambar dan klip film, mendengarkan rekaman lagu, menghubungkan ke lain dokumen, dan mencari informasi atas berbagai topik. Apa yang Anda bisa dapat melalui World Wide Web? Web penyedia tunggal, lingkungan seragam di mana untuk menggunakan Internet jasa yang berbeda, telnet, ftp, http, bercakap-cakap, dan daftar diskusi. Untuk mengambil keuntungan dari sumber informasi ini, anda perlu menggunakan perangkat lunak, disebut web browser.

4 4 Bagaimana Kerja World Wide Web? Web “jaringan kerja" sebab komputer pada Internet dapat dikomunikasikan dan berbagi informasi. Standard komunikasi ini disebut teknologi Client- Server.

5 5 Aplikasi Web dengan menggunakan Client/Server Arsitektur Komputer anda adalah klien, dengan browser perangkat lunak Mengakses ke suatu server via suatu link pada suatu halaman web, dan server mengirimkan file diminta (contoh: suatu halaman web) Klien menggunakan browser perangkat lunak untuk menginterpretasikan dan menampilkan file.

6 6 file:// - Untuk mengakses sistem local Anda. - Untuk mengakses suatu WWW server. ftp:// - Untuk mengakses atas pengaruh FTP server. mailto: - Untuk mengirim . URL Protocols URL - Uniform Resource Locator

7 7 Rekayasa Web  Secara sederhana dapat digambarkan sebagai “Rekayasa Perangkat Lunak Untuk Web.“  Pengembangan perangkat lunak yang akan digunakan di dalam suatu web atau lingkungan E-Commerce.  Prinsip rekayasa perangkat lunak dan prosesnya biasanya diberlakukan bagi perekayasa Web.  Beberapa proses tambahan sesuai yang diperlukan.

8 8 Model Daur Ulang (Life Cycle Model)  Kebutuhan Analisis  Disain  Implementasi – Penulisan  Uji coba  Dukungan  Pemeliharaan

9 9 Kebutuhan Analisis Diskusi dengan klien –Apa tujuan pembuatan website? –Siapa yang akan mengakses website? –Apa dampak hasil yang diharapkan? –Persetujuan jadwal waktu & kriteria pengujian. Dokumentasi –Spesifikasi kebutuhan. –Spesifikasi fungsional. – Uji spesifikasi.

10 10 D i s a i nD i s a i nD i s a i nD i s a i n Disain permasalahan secara rinci –Bagaimana nantinya website dihubungkan dan tertata baik? –Apa yang akan merupakan isi dari website? –Bentuk utama secara umum? Barangkali harus sesuai dengan suatu citra perusahaan. –Apa ada kehendak pengolahan tambahan? Membuat prototipe Dokumentasi –Disain spesifikasi

11 11 STOP!! Sebelum berpindah dari Disain ke Implementasi: –Pastikan semua kebutuhan klien telah ditemukan. –Pastikan sarana yang anda rencanakan untuk penggunaannya apakah telah sesuai.

12 12 Implementasi - Penulisan Pengembangan menyangkut produk yang lengkap. Penggunaan dari sarana pengembangan sesuai. Penggunaan bahasa programming/scripting sesuai. Dokumentasi –Disampaikan di sini adalah web page dan source program.

13 13 Pengujian - Tahap 1 Websites biasanya dikembangkan di tempat itu pada suatu komputer klien. Ujicoba keseluruhan isi tampilan benar setara dengan koreksi naskah suatu buku. Ujicoba semua link kerjanya apakah sudah sesuai. Ujicoba kode dan scripts menghasilkan tampilan yang diinginkan. Pengecekan dibuat agar website tampil dengan tepat dan cepat pada target browsers.

14 PUSDATIN, TA. 14 Pengujian - Tahap 2 Perpindahan dari lingkungan pengembang (lokal klien) kepada lingkungan tujuan. Jika mungkin masih terisolasi dari akses publik. Periksa bahwa semua link (lokal & eksternal) berfungsi sesuai diharapkan. Periksa kembali semua kode dan catatan (script) untuk permasalahan tak terduga. Periksa kecepatan akses (terutama sekali grafik).

15 15 Pengujian - Tahap 3 Pengujian saat Penerimaan –Ijinkan klien mengakses untuk melaksanakan pengujian sendiri. –Klien perlu secara formal menguji perangkat lunak menurut persetujuan Uji Spesifikasi. –Ketika proyek berakhir harus secara formal ditandatanganinya. –Dalam posisi ini website akan dinyatakan untuk operasional penggunaannya.

16 16 Dukungan / Pemeliharaan Klien boleh memerlukan pelatihan / dokumentasi dan dukungan lebih lanjut. Dokumentasi on-line mungkin diperlukan. Pemeliharaan diperlukan –Pembaharuan isi web. –Pemeriksaan link secara reguler untuk memastikan mereka masih tersedia. –Penambahan penampilan baru.

17 17 Pengendalian Mutu Jaminan kwalitas –mendisain dan monitoring tentang standard dan prosedur sesuai, untuk mencapai hasil mutu tinggi dari aktivitas pengembangan sistem. Pengendalian mutu –kecocokan kehendak sejumlah besar anggota dengan kelompok pengembangan sistem.

18 18 Kwalitas Operasi Dijamin Mutu manual dikedepankan: –baku untuk menjadi kajian; –prosedur diikuti; –pengendalian mutu diterapkan. Masing-masing proyek pengembangan akan berawal dari sini secara rinci dibentuk perencanaan mutu.

19 19 Sarana Pengembangan Website Web Content –HTML (Hyper Text Markup Language) – DHTML (Dynamic HTML) –Java & Java Applets –XML, Graphics, WAP Scripting –Javascript (client scripting) –CGI (server-side scripting) Integrated Development Environments

20 20 Konfigurasi Website dan Alat Manajemen Integrated Development Environments File Transfer (FTP) Web Servers

21 21 Kesimpulan Rekayasa Web mempunyai banyak kesamaan dengan Rekaysa Perangkat Lunak. Cakupan disain yang sama dan proses pengujian dapat diterapkan. Ketersediaan cakupan pengembangan & bentuk wujud peralatan dapat diberlakukan bagi Rekayasa Web. Beberapa teknik dan alat khusus akan dijelaskan di dalam materi ini.

22 ”Subhanaaka laa ’ilma lanaa illaa maa ’allamtanaa innaka antal ’aliimul hakiim” [Q.S Al Baqarah : Ayat 32] Artinya : ”Mereka menjawab; Mahasuci Engkau, tidak ada pengetahuan bagi kami selain apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”. Alhamdulillah ”Subhanaaka laa ’ilma lanaa illaa maa ’allamtanaa innaka antal ’aliimul hakiim” [Q.S Al Baqarah : Ayat 32] Artinya : ”Mereka menjawab; Mahasuci Engkau, tidak ada pengetahuan bagi kami selain apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”. Alhamdulillah

23 23 Thanks for your sharing, See you……


Download ppt "1 Konsep Pemograman Web HTML/XHTML Delivered by : Burhan Amin Referensi/Acuan : - Marty Hall and Larry Brown, Core Web Programming,2nd,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google