Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANGGUN DWI FITRIA ELFIERA FELLA DIDIEK PUTRA MUHAMAD RAYHAN RAYMOND BINTANG RYAN DHARMASAPUTRA SHERLY MARETA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANGGUN DWI FITRIA ELFIERA FELLA DIDIEK PUTRA MUHAMAD RAYHAN RAYMOND BINTANG RYAN DHARMASAPUTRA SHERLY MARETA."— Transcript presentasi:

1 ANGGUN DWI FITRIA ELFIERA FELLA DIDIEK PUTRA MUHAMAD RAYHAN RAYMOND BINTANG RYAN DHARMASAPUTRA SHERLY MARETA

2 Outline material  Kepemimpinan  Pemimpin  Peran pemimpin secara umum  Peran pemimpin SI/TI  Tanggung jawab tradisional  Tanggung jawab kotemporer  Masalah SI/TI

3  kepemimpinan kegiatan atau seni mempengaruhi orang lain agar mau bekerja sama yang didasarkan pada kemampuan orang tersebut untuk membimbing orang lain dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan kelompok.  Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan khususnya kecakapan dan kelebihan disatu bidang, sehingga Dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktifitas tertentu, demi pencapaian satu atau beberapa tujuan

4 Selain CEO maka ada pejabat penting lainnya:  Chief Marketing Officer (CMO);  Chief Financial Officer (CFO).  Chief Information Officer (CIO)  Chief Technology Officer (CTO)  Chief Operations Officer (COO)  Chief Project Officer (CPO)

5 Peranan pemimpin secara umum  Menciptakan Visi  Seorang pemimpin bertugas membuat visi bagi organisasinya. Visi adalah pernyataan tentang cita-cita organisasi apa yang akan dicapai dan akan menjadi seperti apa sebuah organisasi.  Membangun TIM  Seorang pemimpin harus dapat memilih orang – orang yang tepat untuk mengisi posisi yang tepat dalam sebuah organisasi.  Mengalokasikan tugas  Pemimpin harus dapat menganalisa anggota timnya dan menempatkan orang yang sesuai kemampuannya dalam memberikan tugas.

6 Peranan pemimpin secara umum lanjutan  Mengembangkan Anggota  Seorang pemimpin harus dapat membaca potensi – potensi dari setiap anggota agar dapat mengembangkan kemampuan dan value dari setiap anggota.  Memotivasi Anggota  Pemimpin harus dapat memberi inspirasi dan motivasi untuk anggota tim agar memberikan suasana semangat bekerja keras untuk mencapai target yang ingin dicapai oleh organisasi.

7 Peranan pemimpin SI/TI

8 TANGGUNG JAWAB TRADISIONAL  Mengelola pusat data, sistem yang remote termasuk jaringan yang digunakan;  Mengelola data milik korporasi; melakukan analisis dan perancangan sistem aplikasi baru yang dibutuhkan;  Perencanaan sistem dan mengidentifikasi peluang bisnis dari sistem baru yang bisa diciptakan.

9 TANGGUNG JAWAB KONTEMPORER Mengelola unit SI/TI yang baru adalah seperti sistem terdistribusi yaitu sistem aplikasi dipindahkan ke pemakai akhir;  Meningkatkan pengetahuan pemakai akhir yang berarti menambah beban kerja staf SI/TI;  Memperbaiki paket aplikasi sehingga bisa mengurangi jumlah pemakaian analis dan pemrogram ;  dan yang tak kalah pentingnya adalah mengelola outsourcing

10 Masalah Pemimpin Si/TI Adalah apakah para pengelolanya sudah siap dengan perubahan tugas akibat dinamika lingkungan bisnis yang demikian cepat berubah?  Bagaimana perusahaan swasta dan instansi pemerintah yang memiliki organisasi SI/TI menyikapi kelangkaan SDM untuk mengisi jabatan yang ada?  Bagaimana mereka menyikapi isu-isu strategis terkait dengan bisnis dan SI/TI?  Bekal pengetahuan apa saja yang harus mereka punyai untuk bisa menyiasati tantangan ini?

11 Pergeseran perubahan pekerjaan pimpinan unit SI/TI sebelum tahun 80’an pimpinan unit SI/TI lebih berfokus pada infrastruktur SI/TI.  Tahun 90’an adalah era kehadiran Chief Information Officer (CIO) di beberapa perusahaan besar Indonesia, seperti perusahaan perminyakan dan perbankan (BCA dan Niaga).  Tahun 2000’an pimpinan unit SI/TI mulai dilibatkan sebagai pimpinan teknis di jajaran manajemen puncak untuk memberikan masukan proses bisnis yang melibatkan e-business

12 Sampai pada akhirnya pimpinan unit SI/TI diminta untuk memberikan pertimbangan terkait dengan investasi SI/TI, manajemen portfolio SI/TI, dan penghematan biaya operasional maupun pengembangan aplikasi baru.  Artinya pucuk pimpinan organisasi menghendaki agar biaya penggunaan SI/TI tetap rendah dan pembangunan sistem aplikasi baru ataupun pembangunan model bisnis baru yang berada pada posisi Strategic pada matrik McFarlan sehingga mampu memberikan dampak yang besar bagi penciptaan laba.

13 Kesimpulan

14 Daftar pustaka  Kartono,Kartini Pemimpin dan kepemimpinan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada  Kajian materi dari Seminar peran dan tantangan pemimpin SI/TI pada mata kuliah Topik Topik Lanjutan Sistem Informasi.  Kajian materi sasaran strategi SI/TI diunduh pada tanggal 3 juni cc8ab295f5f24b110  Kajian materi Peran pemimpin diakses pada tanggal 3 juni ZcMC&pg=PA270&lpg=PA270&dq=pemimpin+Teknologi+informasi&sour ce=bl&ots=pI500Ks5a7&sig=hDarsj3kEdZN7tX5ujH3jXuKbkg&hl=jv&sa= X&ei=Ln2QU5i9CcqyuATvk4HgAQ&ved=0CGEQ6AEwCA#v=onepage&q =pemimpin%20Teknologi%20informasi&f=  Kajian materi perkenalan pemimpin di akses pada tanggal 3 juni 2014 


Download ppt "ANGGUN DWI FITRIA ELFIERA FELLA DIDIEK PUTRA MUHAMAD RAYHAN RAYMOND BINTANG RYAN DHARMASAPUTRA SHERLY MARETA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google