Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS Oleh: Raharjo

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS Oleh: Raharjo"— Transcript presentasi:

1 UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS Oleh: Raharjo

2 Pokok Bahasan Pengertian Pengertian Uji Validitas Uji Validitas Uji Reliabilitas Uji Reliabilitas Latihan Latihan

3 Validitas Instrumen yang baik (baik tes maupun non tes) harus valid dan reliabel. Instrumen yang baik (baik tes maupun non tes) harus valid dan reliabel. Valid berarti instrumen tersebut dapat digunakan untuk mengukur apa yang hendak diukur. Valid berarti instrumen tersebut dapat digunakan untuk mengukur apa yang hendak diukur. Instrumen harus memiliki validitas internal dan validitas eksternal Instrumen harus memiliki validitas internal dan validitas eksternal Valditas internal atau rasional, yaitu bila kriteria yang ada dalam instrumen secara rasional (teoritis) telah mencerminkan apa yang diukur. Dikembangkan menurut teori yang relevan. Valditas internal atau rasional, yaitu bila kriteria yang ada dalam instrumen secara rasional (teoritis) telah mencerminkan apa yang diukur. Dikembangkan menurut teori yang relevan. Validitas eksternal, yaitu bila kriteria di dalam instrumen disusun berdasarkan luar atau fakta-fakta empiris yang telah ada. Dikembangkan menurut fakta empiris. Validitas eksternal, yaitu bila kriteria di dalam instrumen disusun berdasarkan luar atau fakta-fakta empiris yang telah ada. Dikembangkan menurut fakta empiris. Validitas internal instrumen yang berupa tes harus memenuhi construct validity (validitas konstruks) dan contens validity (validitas isi). Sedangkan non tes cukup memenuhi validitas konstruks. Validitas internal instrumen yang berupa tes harus memenuhi construct validity (validitas konstruks) dan contens validity (validitas isi). Sedangkan non tes cukup memenuhi validitas konstruks.

4 Pengujian Validitas Instrumen 1. Pengujian Validitas Kontruk (contruct validity) Dapat digunakan pendapat dari ahli (judgment experts). Dapat digunakan pendapat dari ahli (judgment experts). Instrumen dikonstruksi tentang aspek-aspek yang akan diukur dengan berlandaskan teori tertentu, selanjutnya dikonsultasikan dengan ahli. Instrumen dikonstruksi tentang aspek-aspek yang akan diukur dengan berlandaskan teori tertentu, selanjutnya dikonsultasikan dengan ahli. 2. Pengujian Validitas Isi (content validity) Pengujian validitas isi dapat dilakukan dengan membandingkan antara isi instrumen dengan materi pelajaran yang telah diajarkan. Pengujian validitas isi dapat dilakukan dengan membandingkan antara isi instrumen dengan materi pelajaran yang telah diajarkan. 3. Pengujian Validitas Eksternal Diuji dengan cara membandingkan (untuk mencari kesamaan) antara kriteria yang ada pada instrumen dengan fakta-fakta empiris yang terjadi di lapangan. Diuji dengan cara membandingkan (untuk mencari kesamaan) antara kriteria yang ada pada instrumen dengan fakta-fakta empiris yang terjadi di lapangan. 4. Pada instrumen non-tes digunakan rumus korelasi produk moment, sedangkan pada instrumen tes digunakan korelaso biserial titik (point biserial)

5 Uji validitas tiap butir dengan rumus Korelasi Product Moment N  XY- (  X ) (  Y) N  XY- (  X ) (  Y) r XY = (N  X 2 - (  X) 2 ) (N  Y 2 - (  Y) 2 ) (N  X 2 - (  X) 2 ) (N  Y 2 - (  Y) 2 ) Keterangan : r xy = koefisien korelasi product moment  X= jumlah skor dalam sebaran X  X 2 = jumlah skor yang dikuadratkan dalam sebaran X  Y= jumlah skor dalam sebaran Y  Y 2 = jumlah skor yang dikuadratkan dalam sebaran Y  XY= jumlah hasil kali skor X dan Y yang berpasangan N= jumlah sampel

6 Rumus Korelasi Biserial Titik (Point Biserial)  + = rata-rata skor untuk yang menjawab benar  x = rata-rata skor untuk seluruhnya p = proporsi yang menjawab benar (tingkat kesulitan) q = sama dengan 1- p

7 Hasil r xy (koefisien korelasi product moment) dikonsultasikan dengan r tabel Product Moment, Hasil r xy (koefisien korelasi product moment) dikonsultasikan dengan r tabel Product Moment, Jika r xy atau r hitung lebih besar dari r tabel maka dikatakan valid. Jika r xy atau r hitung lebih besar dari r tabel maka dikatakan valid.

8 Reliabilitas Instrumen reliabilitas berarti instrumen yang bila digunakan beberapa kali untuk mengukur obyek yang sama, akan menghasilkan data yang sama. Instrumen reliabilitas berarti instrumen yang bila digunakan beberapa kali untuk mengukur obyek yang sama, akan menghasilkan data yang sama. Pengujian reliabilitas instrumen dapat dilakukan secara eksternal maupun internal. Pengujian reliabilitas instrumen dapat dilakukan secara eksternal maupun internal. Secara eksternal, pengujian dapat dilakukan dengan tes-retest (stability), equivalent, dan gabungan keduanya. Secara eksternal, pengujian dapat dilakukan dengan tes-retest (stability), equivalent, dan gabungan keduanya. Secara internal, pengujian dapat dilakukan dengan menganalisis konsistensi butir-butir yang ada pada instrumen dengan teknik tertentu. Secara internal, pengujian dapat dilakukan dengan menganalisis konsistensi butir-butir yang ada pada instrumen dengan teknik tertentu. Untuk instrumen non tes, rumus yang digunakan adalah Alpha-Cronbach, sedangkan untuk instrumen tes digunakan rumus KR-20. Untuk instrumen non tes, rumus yang digunakan adalah Alpha-Cronbach, sedangkan untuk instrumen tes digunakan rumus KR-20.

9 UJI RELIABILITAS dengan Rumus Alpha-Cronbach Rumus Alpha, yaitu: Rumus Alpha, yaitu: K  σ²b r 11 = 1 - (K-1)σ²t (K-1)σ²tKeterangan: r 11 = reliabilitas instrumen K= banyaknya butir pertanyaan/pernyataan  σ²b= jumlah varians butir σ²t= Varians total

10 Rumus KR-20 K = banyaknya butir tes SD t 2 = Simpangan baku skor total p = proporsi jumlah peserta yang menjawab benar butir ke-1 P = banyaknya subyek yang skornya 1 N q = proporsi subyek yang mendapat skor 0 (q= 1-p)

11 Menghitung varians butir 1 dan seterusnya, dengan rumus:  X²- (  X)² Menghitung varians butir 1 dan seterusnya, dengan rumus:  X²- (  X)² σ²b 1 = N N N Dengan cara yang sama dilakukan perhitungan pada setiap butir instrumen kemudian hasilnya dijumlahkan. Dengan cara yang sama dilakukan perhitungan pada setiap butir instrumen kemudian hasilnya dijumlahkan. Menghitung varians totalnya dengan rumus : Menghitung varians totalnya dengan rumus :  Y²- (  Y)²  Y²- (  Y)² σ² t = N N Setelah diperoleh K,  σ²b, dan σ²t. Selanjutnya dimasukan kedalam rumus Alpha. Setelah diperoleh K,  σ²b, dan σ²t. Selanjutnya dimasukan kedalam rumus Alpha. Selanjutnya dikonsultasikan dengan interpretasi secara sederhana (lihat tabel) Selanjutnya dikonsultasikan dengan interpretasi secara sederhana (lihat tabel)

12

13 Tabel Interpretasi Nilai “r” Besar Nilai “r” Interpretasi Antara 0,800 sampai dengan 1,00 Sangat Tinggi Antara 0,600 sampai dengan 0,800 Tinggi Antara 0,400 sampai dengan 0,600 Sedang Antara 0,200 sampai dengan 0,400 Rendah Antara 0,000 sampai dengan 0,200 Sangat Rendah (Suharsimi Arikunto, 1997: 71)

14 Latihan. Berikut ini merupakan data hasil uji coba instrumen penelitian dengan skala likert. Hitunglah validitas dan reliabilitasnya.

15


Download ppt "UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS Oleh: Raharjo"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google