Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Your Logo Uji Validitas dan Reliabilitas Dengan Microsoft Excel Iwan Tri Riyadi Yanto. S.Si., M.IT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Your Logo Uji Validitas dan Reliabilitas Dengan Microsoft Excel Iwan Tri Riyadi Yanto. S.Si., M.IT."— Transcript presentasi:

1 Your Logo Uji Validitas dan Reliabilitas Dengan Microsoft Excel Iwan Tri Riyadi Yanto. S.Si., M.IT.

2 Iwan Tri Riyadi Yanto  Page 2 Validitas  Instumen dapat dikatakan valid jika terdapat kesamaan antara data yang terkumpul dengan data yang sesungguhnya terjadi pada obyek yang di teliti.  Dengan kata lain, Valid berarti instrumen tersebut dapat digunakan untuk mengukur apa yang seharusnya diukur. Validitas Pengujian tiap butir dilakukan dengan analisis item, yaitu mengkorelasikan skor tiap butir dengan skor total yang merupakan jumlah tiap skor butir. Karena skor merupakan data interval, maka teknik korelasi yang digunakan adalah Korelasi Product Moment, yang di rumuskan sebagai berikut (Arikunto, 2006) :

3 Kriteria Uji Validitas instrumen Iwan Tri Riyadi Yanto  Page 3 Suatu kuesioner dikatakan valid apabila memenuhi kriteria sebagai berikut (Sugiyono, 2007) : Hasil r hitung > r tabel Nilai signifikasi (p) < 0,05 Sedangkan suatu kuesioner dikatakan tidak valid apabila : Hasil r hitung < r tabel Nilai signifikasi (p) > 0,05

4 Menggunakan Excel Iwan Tri Riyadi Yanto  Page 4 Langkah-langkah uji Validitas dengan Excel : 1.Masukan data yang berupa tabel dalam format kolom merupakan jawaban responden dan baris adalah buitr soal (item) ke dalam excel. 2.Untuk memperoleh jumlah skor, pada sel B34 ketikan perintah =sum(B4:B33). Enter. Klik pada sel B34, tahan dan drag ke kanan untuk memperoleh jumlah skor yang lain. 3.Untuk uji validitas menggunakan korelasi antara skor butir dengan jumlah skor. Pada sel V3 ketikan r (korelasi), kemudian sel V4 ketikan perintah =CORREL(B3:U3,$B$34:$U$34) yang akan menghasilkan nilai korelasi antara skor butir pertama dengan jumlah skor. Lakukan yang sama untuk butir yang lain. Maka akan diperoleh r atau korelasi untuk semua butir soal. 4.Bandingkan dengan r tabel tabel r dengan derajat kebebasan (n-2) untuk melihat apakah skor butir tersebut valid atau tidak.

5 Membuat Tabel r dengan Excel Iwan Tri Riyadi Yanto  Page 5 Langkah-langkah Membuat tabel r dengan Excel : 1.Buka worksheet kosong. Buat tiga kolom masing-masing untuk df, t dan r yang masing-masing kolom menunjukan derajat kebesaan, tabel t dan tabel r. Isikan derajat kebebasan, misalkan Pada B2 dan C2 tuliskan 0.05 (akan dibuat tabel t dan r dengan tingkat signifikan 5%) 3.Hitung nilai t tabel, pada sel B3 ketikan =TINV(B$2,A3). Enter. Selanjutnya, copy rumus tersebut sampai ke sel B7. 4.Hitung nilai r tabel, pada sel C3 ketikan rumus r diatas yaitu =B3/sqrt(A3+B3^2). Enter. Ini adalah rumus untuk mencari nilai r tabel. Selanjutnya, copy rumus tersebut sampai ke sel C7. Untuk menghitung nilai r tabel kita harus terlebih dahulu menghitung nilai t tabel. Hal ini karena nilai r tabel dihasilkan dari rumus sebagai berikut:

6 Uji Reliabilitas Iwan Tri Riyadi Yanto  Page 6 Reliabilitas  Instrumen dapat dikatakan Reliabel jika terdapat kesamaan data dalam waktu yang berbeda.  Dengan kata lain, instumen yang reliabel adalah instrumen yang bila digunakan beberapa kali untuk megukur obyek yang sama, akan menghasilkan data yang sama.  Pengujian Relibilitas instrumen dapat dilakukan dengan teknik belah dua dari spearman Brown (Split half), KR.20, KR.21, Anova Hyot dan cronbach alpha.

7 Spearman Brown Iwan Tri Riyadi Yanto  Page 7 Rumus KR.20 (Kuder Richardson)

8 KR.21 Iwan Tri Riyadi Yanto  Page 8 Analisis Varians Hyot

9 Iwan Tri Riyadi Yanto  Page 9 Cronbach alpha

10 Menggunakan Excel Iwan Tri Riyadi Yanto  Page 10 Langkah-langkah uji Reliabilitas dengan Excel : 1.Masukan data yang berupa tabel dalam format kolom merupakan jawaban responden dan baris adalah buitr soal (item) ke dalam excel. 2.Untuk memperoleh jumlah skor, pada sel B34 ketikan perintah =sum(B4:B33). Enter. Klik pada sel B34, tahan dan drag ke kanan untuk memperoleh jumlah skor yang lain. 3.Untuk uji reliabilitas menggunakan crobach alpha. Pada sel V3 ketikan V (variansi), kemudian sel V4 ketikan perintah =VAR(B3:U3) yang akan menghasilkan nilai variansi pada butir (item) pertama. Lakukan yang sama untuk butir yang lain dan skor total. Maka akan diperoleh variansi untuk masing-masing butir soal serta variansi skor total. 4.Ketikan pada sel kosong crombach alpha=, klik sel sebelah kanannya ketikan rumus cronbach alpha dengan perintah =(30/29)*(1-sum(V4:V33)/V34). Enter.

11 Kriteria Uji Reliabilitas Instrumen Iwan Tri Riyadi Yanto  Page 11 Kuesioner atau angket dikatakan reliabel jika memiliki nilai alfha minimal 0,60 (Santosa dan Ashari (2005); Sujarweni. W, 2007; Sugiyono. 2007). Menurut Riwikdigdo (2007), mengatakan kuesioner atau angket dikatakan realiabel jika memiliki nilai alpha minimal 0,7.


Download ppt "Your Logo Uji Validitas dan Reliabilitas Dengan Microsoft Excel Iwan Tri Riyadi Yanto. S.Si., M.IT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google