Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DANIEL 6 MULUT “SINGA-SINGA” DITUTUP TUHAN. PENDAHULUAN Darius orang Media, menerima pemerintahan ketika ia berumur enam puluh dua tahun. Darius, orang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DANIEL 6 MULUT “SINGA-SINGA” DITUTUP TUHAN. PENDAHULUAN Darius orang Media, menerima pemerintahan ketika ia berumur enam puluh dua tahun. Darius, orang."— Transcript presentasi:

1 DANIEL 6 MULUT “SINGA-SINGA” DITUTUP TUHAN

2 PENDAHULUAN Darius orang Media, menerima pemerintahan ketika ia berumur enam puluh dua tahun. Darius, orang Media, sebagai Cyaraxes II, putera Astyages. Ia menerima pemerintahan dari kemenakannya, Raja Persia, Cyrus, yang menaklukkan Babylon.

3 DANIEL 6:1-4 Darius naik tahta pada umur 62 tahun pada tahun 538 SM sebagai raja boneka. Darius meninggal dua tahun berikutnya. Cyrus naik tahta menggantikannya (Daniel 6:29). Di antara dua tahun inilah, kisah Daniel 6 terjadi. Darius mengangkat 120 wakil-wakil raja. Membawahi 120 wakil raja, Darius mengangkat 3 pejabat tinggi, salah satunya adalah Daniel.

4 DANIEL 6:5-10 Para pejabat tinggi dan wakil raja mencoba mencari kesalahan Daniel dalam masalah pemerintahan, tetapi tidak didapati kesalahan apapun. Satu-satunya hal yang bisa dilaporkan kepada raja tentang Daniel adalah: Ibadah Daniel kepada Allahnya. Daniel 6:7-9. Dalam satu bulan, tidak boleh menyembah kepada dewa-dewa.

5 DANIEL 6:5-10 Yang melanggar akan dimasukkan ke dalam lubang singa. Keluarlah surat perintah yang tidak dapat diubah atau dibatalkan. Surat ini hanya ditujukan hanya kepada pejabat kerajaan, tidak termasuk rakyat.

6 Daniel 6:11-19 Daniel masuk ke dalam kamar atasnya yang ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem. Tiga kali sehari Daniel berdoa, berlutut, dan memuji Allah seperti yang biasa dilakukannya. I Raja 8:33,35; Mzm 5:8; 8:2 “Berdoa menghadap Yerusalem.

7 Daniel 6:11-19 Cara berdoa: Duduk (2 Sam 7:18). Berlutut (Kej 24:26; 1 Raja 18:42). Berdiri (I Sam 1:26). Tidur (2 Raja 20:2). Kebiasaan berdoa tiga kali sehari (Mzm 55:17).

8 Daniel 6:11-19 Restu sorga lebih penting baginya dari pada hidup itu sendiri, sehingga kelakuannya adalah sebagai hasil alamiah pengharapan dan ketergantungannya kepada Tuhan. Kebiasaan berdoa Daniel itulah yang membuktikan kebesaran jiwanya. Kebesaran yang sejati terletak pada ibadah yang sejati dan bukan pada kedudukan, pangkat, gelar. Dia tidak memperpendek doanya karena adanya ancaman.

9 Daniel 6:11-19 Daniel dilaporkan kepada Raja. Raja merasa sedih dan berusaha melepaskan Daniel. Raja didesak untuk kedua kalinya agar raja melaksanakan putusan raja sendiri. Daniel 6:17. Lubang singa dimeterai dengan cincin meterai raja dan para pembesarnya. Dan 6:19.

10 Daniel 6:20-23 Raja pagi-pagi benar pergi ke lubang singa. Daniel diselamatkan Tuhan. Daniel mengaku bahwa ia tidak bersalah di hadapan Tuhan dan terhadap raja. Karena hidup Daniel yang murni itulah, maka Tuhan menyuruh malaikatnya menutup mulut singa. Dia dikelilingi oleh kuasa yang lebih tinggi dari segala kuasa yang terdapat di dunia. Dia menjadi manusia yang kebal terhadap gigitan singa (bite-proof), karena kuasa imannya yang teguh

11 Daniel 6:24-29 Raja memerintahkan untuk mengangkat Daniel ke atas. Ini berarti keputusan raja yang sebelumnya telah batal, karena Daniel sudah semalam tinggal di lubang singa dan dia selamat. Orang-orang yang melaporkan Daniel ditangkap dan dimasukkan ke dalam lubang singa bersama istri dan anak- anak.

12 Daniel 6:24-29 Mereka diterkam oleh singa-singa. Siapa yang menggali lobang akan jatuh ke dalamnya. Amsal 26:27 Peng 10:8 Haman (Ester 5:14; 7:9,10). Orang benar diselamatkan dari kesukaran, lalu orang fasik menggantikannya (Amsal 11:8).

13 Daniel 6:24-29 Daniel 6: Banyak penguasa yang membuat keputusan tetapi kemudian menyesalinya. Tuhan berkuasa membuat seseorang yang setia kepadaNya kebal terhadap sesuatu ancaman maut. Daniel selamat oleh kuasa Tuhan dan imannya yang teguh. Orang yang menggali lobang akan terperosok ke dalamnya.

14 Daniel 6:24-29 Kemenangan orangja hat bersifat sementara, tetapi akan berakhir dengan malapetaka. Kebesaran sejati terdapat pada ibadah sejati.


Download ppt "DANIEL 6 MULUT “SINGA-SINGA” DITUTUP TUHAN. PENDAHULUAN Darius orang Media, menerima pemerintahan ketika ia berumur enam puluh dua tahun. Darius, orang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google