Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENARIKAN SDM MINGGU KE - 4. PENARIKAN SUMBER DAYA MANUSIA adalah serangkaian aktivitas mencari dan memikat pelamar kerjadengan motivasi, kemampuan, keahlian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENARIKAN SDM MINGGU KE - 4. PENARIKAN SUMBER DAYA MANUSIA adalah serangkaian aktivitas mencari dan memikat pelamar kerjadengan motivasi, kemampuan, keahlian."— Transcript presentasi:

1 PENARIKAN SDM MINGGU KE - 4

2 PENARIKAN SUMBER DAYA MANUSIA adalah serangkaian aktivitas mencari dan memikat pelamar kerjadengan motivasi, kemampuan, keahlian dan pengetahuan yang diperlukanuntuk menutupi kekurangan yang diidentifikasi dalam perencanaankepegawaian. Aktivitas penarikan dimulai pada saat lamaran mereka diserahkan. Melaluipenarikan, individu yang memiliki keahlian yang dibutuhkan didorong untukmembuat lamaran terhadap pekerjaan yang tersedia di perusahaan. Hasilnyaadalah sekumpulan pelamar kerja yang akan diseleksi untuk menjadi karyawanbaru.

3 TUJUAN PENARIKAN Aktivitas penarikan melayani tiga tujuan dalam proses penyusunan pegawai, antara lain : 1. Aktivitas ini memikat pelamar yang melamar kesempatan kerja.Ukuran dan karakteristik kelompok pelamar membatasi sampaidimana aktivitas penyusunan pegawai berikutnya mencapait ujuan. 2.Aktivitas penarikan dapat mempengaruhi apakah pelamarmenerima tawaran pekerjaan yang mereka terima. 3. Aktivitas penarikan merupakan pertukaran informasi.

4 Alasan dasar penarikan Mencakup faktor-faktor berikut : 1.Program penarikan memikat banyak pelamar yang memenuhi syarat. 2. Program penarikan tidak pernah mengkompromikan standar seleksi. 3. Berlangsung atas dasar yang berkesinambungan. 4. Program penarikan itu kreatif,imaginative,dan inovatif

5 Penarikan dan Pengaruh Nilai Terdapat dua sumber utama penarikan yang dapat digunakan : sumberinternal dan eksternal. 1.Sumber internal berkenaan dengan karyawan yangada saat ini di dalam organisasi. 2.sumber eksternal adalah individu yang saat ini tidak dikaryakan oleh organisasi. Sumber penarikan eksternal meliputi individu yang saat ini tidak menjadianggota organisasi. Keuntungan terbesar penarikan dari sumber eksternaladalah bahwa jumlah pelamar yang lebih besar dapat direkrut. Hal ini tentunyamengarah kepada kelompok pelamar yang lebih besar dan lebih qualifieddibandingkan yang normalnya dapat direkrut secara internal

6 Penarikan Orang-orang yang Diangkat secara Politik Rekrutmen ini dilakukan tidak hanya untuk menarik atau mendapatkan tenaga-tenaga yang bersifat teknis, tetapi juga perekrutan dilakukan oleh lembaga-lembaga negara yang bersifat politis. Hal-hal yang merupakan salah satu ciri perbedaan antara pimpinan yang diangkat secara politis dengan pimpinan yang diangkat berdasarkan karir yaitu:

7 Lanjutan 1.Orang yang diangkat/ditunjuk secara politis biasanya orientasikesetiaannya ke atas, yakni kepada pejabat yang mengangkatnya. 2.Mereka biasanya tidak banyak mengetahui tentang struktur dan fungsi dariinstansi pemerintah yang mereka jalankan, walupun mungkin penunjukanmereka didasarkan kepada latar belakang pengalaam yang dianggap berkaitandenagn posisi yang mereka duduki. 3.Mereka kebanyakan adalah orang-orang yang juga dianggap berhasil dalamu saha-usahanya di sektor swasta. 4.Orang-orang yang terpilih secara politikini dalam hal-hal tertentu, mungkinmelihat para birokrat karir sebagai orang-orang yang tidak mempunyai daya tanggap secara pilitik,, termasuk loyalitas mereka terhadap program-program atau kebijakan-kebijakan dari pemerntah terdahulu

8 Pengaruh Eksternal terhadap Penarikan Kebijakan Penarikan Eksternal Juga Mempunyai Kelemahan: 1.Perusahaan menanggung resiko dalam mengangkat seseorang dariluar organisasi. 2.Perusahaan menanggung biaya kesempatan. 3.Jika pengangkatan dari luar serung terjadi, karyawan ya ng adasekarang mungkin menjadi tidak puas.

9 Saluran – saluran penarikan Aktif : 1.Walks – ins Pelamar atau pencari pekerjaan datang sendiri keperusahaan dan kemudian mengisi blanko lamaran yang telah disediakan. 2. Rekomendasi dari karyawan (Employee Referrals) Para karyawan perusahaan dapat merekomendasikan pencari pekerja kepada depeartemen personalia. 3. Pengiklanan Suatu metode efektif lainnya untuk penarikan. Ada dua jenis iklan penarikan

10 Lanjutan.. –Want ad Menguraikan pekerjaan dan benefit, mengidentifikasikan perusahaan dan memberitahukan bagaimana cara untuk melamar. Jenis ini adalah bentuk iklan penarikan yang paling umum, baik dipasang pada majalah-majalah profesional ataupun koran –koran lokal dan nasional. –Blind ad Iklan yang tidak menyebutkan perusahaan. Para pelamar yang berminat diminta untuk mengirimkan lamaran mereka ke P.O Box dengan nomor tertentu pada kantor pos atau pada perusahaan surat kabar.

11 Lanjutan… Pasif 1. Agen-agen penempatan tenaga kerja Penarikan tenaga kerja dapat dilakukan melaui agen – agen penempatan tenaga kerja, baik pemerintah maupun swasta. Setiap pemerintahan biasanya mempunyai kantor penempatan tenaga krja. 2. Lembaga pendidikan Pekerjaan – pekerjaan dalam perusahaan menjadi semakin teknis dan kompleks, sehingga perusahaan makin memerlukan para sarjana lulusan pendidikan tinggi. 3

12 Lanjutan … 3. Leasing Untuk menyesuaikan dengan fluktuasi kebutuhan personalia jangka pendek, perusahaan bisa menarik karyawan honorer yang dibayar secara harian atau perjam. 4. Nepotisme Penarikan anggota keluarga merupakan komponen program – program penarikan yang tak dapat dielakkan dalam perusahaan- perusahaan perseorangan atau keluarga. 5. Asosiasi-asosiasi profesional Berbagai asosiasi profesional (seperti KADIN, IWAPI, HIPMI,IAI, dan sebagai) dapat berfungsi sebagai sumber penarikan. Organisasi – organisasi tersebut mungkin mneyelenggarakan kegiatan – kegiatan penempatan untuk membantu para profesional mendapatkan pekerjaan.

13 TERIMA KASIH


Download ppt "PENARIKAN SDM MINGGU KE - 4. PENARIKAN SUMBER DAYA MANUSIA adalah serangkaian aktivitas mencari dan memikat pelamar kerjadengan motivasi, kemampuan, keahlian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google