Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

5. 4 3 2 1 MANAJEMEN STAFFING :PENYUSUNAN PERSONALIA DALAM ORGANISASI OLEH KELOMPOK III AKUNTANSI – C (SORE) 1.AKHMAD DESI ARISANDI 2.DANIL DWI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "5. 4 3 2 1 MANAJEMEN STAFFING :PENYUSUNAN PERSONALIA DALAM ORGANISASI OLEH KELOMPOK III AKUNTANSI – C (SORE) 1.AKHMAD DESI ARISANDI 2.DANIL DWI."— Transcript presentasi:

1 5

2 4

3 3

4 2

5 1

6

7 MANAJEMEN STAFFING :PENYUSUNAN PERSONALIA DALAM ORGANISASI OLEH KELOMPOK III AKUNTANSI – C (SORE) 1.AKHMAD DESI ARISANDI 2.DANIL DWI IRAWAN 3.DIANA PITASARI 4.DIDIT ERIK SUSANTO

8 T. Hani Handoko (2003) penyusunan personalia (staffing) adalah fungsi manajemen yang berkenaan dengan penarikan, penempatan, pemberian latihan, dan pengembangan anggota-anggota organisasi. T. Hani Handoko (2003) penyusunan personalia (staffing) adalah fungsi manajemen yang berkenaan dengan penarikan, penempatan, pemberian latihan, dan pengembangan anggota-anggota organisasi. APA YANG DIMAKSUD DENGAN STAFFING? staffing merupakan proses formal dari memastikan bahwa organisasi mempunyai sumber daya berijazah atau memenuhi syarat untuk mendekati tujuan, dan mewakili sumber hidup dari setiap perusahaan. R. Duane dan J. Clifton ~1989 ~ staffing dapat diartikan sebagai suatu proses untuk mengisi pekerjaan dengan orang yang tepat John ~1984 ~

9 BAGAIMANA PROSES PENYUSUNAN PERSONALIA (STAFFING) ? 8 Perencanaan dan Pengembangan Karir 7 Pemberian Jasa dan Penghargaan 6 Penilaian Pelaksanaan Kerja 5 Latihan dan Pengembanga n 4 Pengenalan dan Orientasi 3 Seleksi 2 Penarikan (recruitment) 1 Perencanaan SDM

10 PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA Penentuan Kebutuhan Jabatan Penentuan tujuan dan rencana organisasi Penentuan spesifikasi jabatan ( job specification ) jenis-jenis jabatan dan keterampilan yang dibutuhkan. Meramalkan jumlah karyawan yang dibutuhkan dimasa mendatang Persediaan karyawan untuk melaksanakan berbagai kegiatan Pengembangan Sumber-sumber Penawaran Personalia Penataran ( upgrading ) yaitu dengan mendidik dan memberi pelatihan Pemindahan ( transferring ) yaitu posisi yang kurang disenangi ke posisi lain yang lebih memuaskan kebutuhan. Pengangkatan ( promoting ) yaitu pengangkatan ke jabatan yang lebih tinggi lagi.

11 PENARIKAN (RECRUITMENT) Penarikan ( recruitment ) berkenaan dengan pencarian dan penarikan tenaga kerja potensial dalam jumlah yang tepat dan dengan kemampuan untuk mengisi suatu jabatan tertentu yang akan diseleksi untuk memenuhi kebutuhan organisasi. Penarikan menyangkut usaha untuk memperoleh karyawan dalam jumlah yang tepat dengan kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan untuk mengisi jabatan-jabatan yang tersedia. Metode yang digunakan untuk penarikan tenaga kerja bisa dilakukan dengan melalui iklan, leasing (penggunaan tenaga honorer), rekomendasi dari karyawan yang sedang bekerja, lamaran pribadi, lembaga-lembaga pendidikan, kantor penempatan tenaga kerja, serikat buruh dan penggunaan komputer.

12 SELEKSI Wawancara pendahuluan Pengumpulan data-data pribadi (biografis) Pengujian (testing) Wawancara yang lebih mendalam Pemeriksanaan referensi-referensi prestasi Pemeriksaan kesehatan Keputusan pribadi Orientasi jabatan Seleksi yaitu pemilihan tenaga kerja potensial untuk menduduki suatu jabatan tertentu dari lamaran yang masuk. Adapun langkah-langkah dalam prosedur seleksi yang dapat digunakan yaitu :

13 PENGENALAN DAN ORIENTASI Setelah diseleksi, karyawan ditempatkan pada suatu pekerjaan dan diperkenalkan dengan organisasi melalui berbagai bentuk orientasi. Tahap orientasi merupakan kegiatan pengenalan dan penyesuaian karyawan baru dengan organisasi.

14 LATIHAN DAN PENGEMBANGAN A. Metode ‘on the job’ 1.Coaching dimana atasan memberikan bimbingan dan pengarahan langsung kepada bawahan dalam pelaksanaan pekerjaan rutin mereka. 2.Planned progression atau pemindahan karyawan dalam saluran-saluran yang ditentukan melalui tingkatan-tingkatan organisasi yang berbeda 3.Rotasi jabatan pemindahan karyawan melalui jabatan-jabatan yang bermacam-macam dan berbeda-beda 4.Penugasan sementara, di mana bawahan ditempatkan pada posisi manajeman tertentu utuk jangka waktu yang ditetapkan 5.System-sistem penilaian presntasi formal B. Pengembangan “off the job” 1.Program-program pengembangan eksekutif, di universitas-universitas atau lembaga-lembaga pendidikan lainnya, di mana para manajer berpartisipasi dalam program-program yang dibuka untuk umum melalui penggunaan analisa kasus, simulasi dan metode-metode pengajaran lainnya 2.Latihan laboratorium, di mana orang belajar menjadi sensitive (peka) terhadap orang lain, lingkungan dan sebagainya 3.Pengembangan organisasi, yang menekankan perubahan, pertumbuhan, dan pengembangan keeluruhan organisasi TUJUAN LATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN ADALAH UNTUK MEMPERBAIKI EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN DAN MENCAPAI HASIL-HASIL KERJA YANG TELAH DITETAPKAN. PENINGKATKAN EFEKTIVITAS KERJA DAPAT DILAKUKAN DENGAN LATIHAN (TRAINING) DAN ATAU PENGEMBANGAN.

15 PENILAIAN PELAKSANAAN KERJA Di dalam penilaian pelaksanaan kerja dilakukan dengan membandingkan antara pelaksanaan kerja perseorangan dan standar-standar atau tujuan-tujuan yang dikembangkan bagi posisi tersebut.

16

17 PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN KARIR Dalam perencanaan dan pengembangan karir mencakup transfer (promosi, demosi dan lateral), penugasan kembali, pemecatan, pemberhentian dan pension.

18 Sekian presentasi dari kami... Semoga bermanfaat... TERIMA KASIH


Download ppt "5. 4 3 2 1 MANAJEMEN STAFFING :PENYUSUNAN PERSONALIA DALAM ORGANISASI OLEH KELOMPOK III AKUNTANSI – C (SORE) 1.AKHMAD DESI ARISANDI 2.DANIL DWI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google