Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN 3 REKRUTMEN. Recruitment is the process of searching for prospective employees and stimulating them to apply for job in the organizational.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN 3 REKRUTMEN. Recruitment is the process of searching for prospective employees and stimulating them to apply for job in the organizational."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN 3 REKRUTMEN

2 Recruitment is the process of searching for prospective employees and stimulating them to apply for job in the organizational. ( EDWIN B FLIPPO) Penarikan adalah proses pencarian dan pemikatan para calon pegawai yg mampu bekerja di dalam organisasi.

3 Tenaga Kerja Adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan baik di dalam maupun di luar hubungan kerja, guna menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kerja Adalah sejumlah aktivitas fisik dan mental yang dilakukan seseorang untuk mengerjakan suatu pekerjaan

4 Karyawan/Pegawai : Seseorang pekerja tetap yang bekerja di bawah perintah orang lain dan mendapat kompensasi serta jaminan” Buruh/Kuli Adalah seseorang pekerja harian atau honorer yang bekerja di bawah perintah orang lain dengan menerima balas jasa yang besarnya tertentu

5 Proses Penarikan Tenaga Kerja : Penentuan dasar penarikan Penentuan sumber-sumber panarikan Metode-metode penarikan Kendala-kendala penarikan

6 Penentuan Dasar Penarikan Tenaga Kerja Dasar penarikan tenaga kerja harus berpedoman kepada spesifikasi pekerjaan yang telah ditentukan untuk menduduki jabatan tersebut. Misalnya, batas usia, pendidikan, jenis kelamin, dan kesehatan. Jika spesifikasi pekerjaan dijadikan dasar dan pedoman penarikan, maka karyawan yang diterima akan sesuai dengan uraian pekerjaan dari jabatan atau pekerjaan tersebut.

7 PENENTUAN SUMBER-SUMBER PENARIKAN TENAGA KERJA Sumber Internal Karyawan yg akan mengisi lowongan kerja yg lowong diambil dan dari dalam perusahaan itu dengan cara memutasikan atau memindahkan karyawan yang memenuhi spesifikasi pekerjaan jabatan itu. Sumber Eksternal Karyawan yg akan mengisi jabatan yg lowong dilakukan penarikan dari sumber-sumber tenaga kerja di luar perusahaan.

8 KEBAIKAN SUMBER INTERNAL : Meningkatkan moral kerja dan kedisiplinan karyawan, karena ada kesempatan promosi. Perilaku dan loyalitas karyawan semakin besar terhadap perusahaan. Biaya penarikan relatif kecil, karena tidak perlu memasang iklan. Waktu penarikan relatif singkat. Orientasi dan induksi tidak diperlukan lagi. Kestabilan karyawan semakin baik.

9 KELEMAHAN SUMBER INTERNAL : Kewibawaan karyawan yang dipromosikan itu kurang. Kurang membuka kesempatan sistem kerja baru dalam perusahaan.

10 KEBAIKAN SUMBER EKSTERNAL: Kewibawaan pejabat relatif baik. Kemungkinan membawa sistem kerja baru yg lebih baik. KELEMAHAN SUMBER EKSTERNAL: Prestasi karyawan lama cenderung turun, karena tidak ada kesempatan untuk promosi. Biaya penarikan besar, karena iklan dan seleksi. Waktu penarikan relatif lama.

11 Orientasi dan induksi harus dilakukan. Turnover cenderung akan meningkat. Perilaku dan loyalitasnya belum diketahui.

12 METODE PENARIKAN TENAGA KERJA: Metode Tertutup Metode Terbuka

13 Proses Penarikan Tenaga Kerja Perencanaan Sumber Daya Manusia Permintaan- permintaan khusus dari para manajer Lowongan pekerjaan yang tersedia Pendapat Manajer Persyaratan- persyaratan Jabatan Metode-metode penarikan Pelamar-pelamar yang memuaskan Analisis Informasi Jabatan

14 KENDALA-KENDALA PENARIKAN: Kebijaksanaan-kebijaksanaan organisasi: - Kebijaksanaan kompensasi dan kesejahteraan. - Kebijaksanaan promosi. - Kebijaksanaan status karyawan. - Kebijaksanaan sumber tenaga kerja. Persyaratan jabatan. Metode pelaksanaan penarikan. Kondisi pasar tenaga kerja. Solidaritas perusahaan. Kondisi-kondisi lingkungan eksternal.

15 SUMBER - INTERNAL - EKSTERNAL PENARIKAN ATAU RECRUITMENT DASAR - Job specification - Peraturan Pemerintah KENDALA -Internal - Eksternal -Organisasi METODE -Tertutup - Terbuka KONSEP PENARIKAN

16 EVALUASI PENARIKAN: Kriteria yang digunakan : Jumlah pelamar. Jumlah usul tentang pelamar yang diajukan untuk diterima. Jumlah penerimaan atau pelamar yang diterima. Jumlah penempatan karyawan yang berhasil.


Download ppt "PERTEMUAN 3 REKRUTMEN. Recruitment is the process of searching for prospective employees and stimulating them to apply for job in the organizational."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google