Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

REKRUTMEN, SELEKSI DAN PENEMPATAN Nama Anggota: Novita Arum T. S.(2010.0.0068) Herdiana Candrika M.(2012.0.0065)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "REKRUTMEN, SELEKSI DAN PENEMPATAN Nama Anggota: Novita Arum T. S.(2010.0.0068) Herdiana Candrika M.(2012.0.0065)"— Transcript presentasi:

1 REKRUTMEN, SELEKSI DAN PENEMPATAN Nama Anggota: Novita Arum T. S.( ) Herdiana Candrika M.( )

2 REKRUTMEN DAN SELEKSI (Stoner,dkk-1995) mendifinisikan rekrutmen sebagai suatu proses pengumpulan calon pemegang jabatan yang sesuai dengan rencana sumber daya manusia untuk menduduki suatu jabatan tertentu. Tujuan dari rekrutmen adalah mendapatkan calon karyawan sebanyak mungkin sehingga memungkinkan pihak management (recruiter) untuk memilih atau menyeleksi calon sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

3 Proses Rekrutmen 1.Mengidentifikasi jabatan yang lowong dan berapa jumlah tenaga yang diperlukan. 2.Mencari informasi jabatan melalui analisa jabatan 3.Jika persyaratan jabatan telah tersusun, maka langkah berikutnya adalah menentukan dimana kandidat yang tepat harus dicari. 4.Memilih metode-metode rekrutmen yang paling tepat untuk jabatan. 5.Memanggil kandidat-kandidat yang dianggap memenuhi persyaratan jabatan 6.Menyaring / menyeleksi kandidat. 7.Membuat penawaran kerja. 8.Mulai bekerja.

4 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Rekrutmen Yang pertama adalah kondisi ekonomi negara secara umum Faktor kedua adalah ketersediaan tenaga kerja pada bidang yang dicari Faktor ketiga adalah reputasi perusahaan

5 Kendala-Kendala Dalam Proses Rekrutmen Kendala-kendala yang dihadapi setiap perusahaan tidak sama, tetapi pada umumnya kendala-kendala itu adalah: Kebijaksanaan Sumber Tenaga Kerja Kebijaksanaan Promosi Kebijaksanaan Status Karyawan Kebijaksanaan Kompensasi dan Kesejahteraan.

6 METODE SELEKSI KARYAWAN Metode Ilmiah Seleksi yang didasarkan pada spesifikasi jabatan dan kebutuhan nyata jabatan, serta berpedoman pada kriteria dan standar-standar tertentu‚ Seleksi hendaknya dilakukan dengan:  Metode kerja yang jelas dan sistematis  Berorientasi kepada prestasi kerja  Berorientasi kepada kebutuhan riil karyawan Metode Non Ilmiah Seleksi tidak didasarkan pada kriteria, standar atau spesifikasi kebutuhan nyata jabatan, tetapi hanya berdaasarkan perkiraan dan pengalaman saja. Unsur-Unsuryang diseleksi, biasanya:  Surat lamaran bermaterai atau tidak  Ijazah dan daftar nilainya  Surat keterangan pengalaman

7 STRATEGI SELEKSI Mekanikal: Data dikumpulkan berdasarkan pedoman, prosedur yang sudah ditetapkan. Biasanya dilaksanakan sesuai dengan perhitungan statistik. Klinikal: Data dikumpulkan dengan cara yang lentur, tergantung pada orang yang mengumpulkan data. Biasanya dengan memperhatikan pola perilaku khusus yang disesuaikan tuntutan pekerjaan.

8 TAHAPAN DALAM PROSES SELEKSI KARYAWAN: 1. Seleksi lamaran 2. Wawancara awal 3.Ujian, psikotes tertulis dan psikotes wawancara 4. Penilaian akhir 5. Pemberitahuan dan wawancara akhir 6. Penerimaan

9 KENDALA SELEKSI Tolak ukur Penyeleksi Pelamar

10 PENEMPATAN KARYAWAN Penempatan, menempatkan karyawan pada bidang pekerjaan yang dianggap sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya (pengetahuan, keterampilan dan keahlian). Ada empat jenis penempatan: 1.Promosi 2.Mutasi 3.Demosi 4.Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)


Download ppt "REKRUTMEN, SELEKSI DAN PENEMPATAN Nama Anggota: Novita Arum T. S.(2010.0.0068) Herdiana Candrika M.(2012.0.0065)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google