Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok bintang tersebut dinamai gugus bintang. Berdasarkan morfologinya, gugus bintang dibedakan atas 2 macam, yaitu: 1) gugus galaktik 2) gugus bola.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok bintang tersebut dinamai gugus bintang. Berdasarkan morfologinya, gugus bintang dibedakan atas 2 macam, yaitu: 1) gugus galaktik 2) gugus bola."— Transcript presentasi:

1

2 Kelompok bintang tersebut dinamai gugus bintang. Berdasarkan morfologinya, gugus bintang dibedakan atas 2 macam, yaitu: 1) gugus galaktik 2) gugus bola Bintang terbentuk bersama-sama dari suatu awan antarbintang. Karenanya, di beberapa tempat dijumpai adanya bintang yang menggerombol.

3 Karakteristik kedua jenis gugus bintang adalah sebagai berikut: Gugus Galaktik  bentuk tidak beraturan  jumlah anggota ~ 100 – 1000  banyak materi antarbintang  bintang paling terang: RAKSASA BIRU  sedikit dijumpai bintang katai putih  dihuni oleh bintang-bintang muda (gugus muda) dan tua (gugus tua) Gugus Bola  bentuk simetri bola  jumlah anggota ~ 10 5 – 10 6  sedikit materi antarbintang  bintang paling terang: RAKSASA MERAH  banyak dijumpai bintang katai putih  dihuni oleh bintang-bintang tua

4

5 Gugus-gugus bintang yang sudah kita kenal dimuat dalam berbagai katalog gugus, seperti katalog Messier (M), New General Catalogue (NGC) atau Index Catalogue (IC). Bintang-bintang anggota suatu gugus dilahirkan pada saat yang hampir bersamaan dan berasal dari material yang sama. Oleh sebab itu, telaah gugus bintang dengan berbagai usia memiliki arti penting bagi studi evolusi bintang. Diagram HR gugus bintang paling banyak digambarkan sebagai hubungan antara M v dan B-V.

6 Seharusnya kita dapat menentukan jarak gugus dari diagram HR gugus bintang, Prof… Ya, benar. Dari magnitudo mutlak bintang-bintang terang yang sudah di dapatkan dan dari pengamatan terpisah yang dapat memberikan informasi magnitudo semunya, dengan Hukum Pogson kita dapat menghitung jarak bintang-bintang terang tersebut. Rata-rata jarak sejumlah bintang terang yang diperoleh, mencerminkan jarak gugusnya.

7

8 Fakta: Galaksi dihuni oleh bintang-bintang dengan berbagai usia. Pada tahun 1944, Walter Baade mengusulkan adanya dua macam populasi bintang: 1) populasi I (kelompok bintang muda) 2) populasi II (kelompok bintang tua) Bintang populasi II adalah bintang yang terbentuk dari materi antarbintang yang masih bersih dari unsur berat. Bintang populasi I adalah bintang yang terbentuk kemudian, dengan materi pembentuk yang kaya unsur berat hasil dari reaksi termonuklir di pusat bintang- bintang pendahulunya.

9 Berikut ini perbedaan antara kedua populasi bintang. Populasi I  kelompok bintang muda  terdiri atas bintang MAHARAKSASA BIRU  bergerak lambat  berasosiasi dengan gugus galaktik  ada yang bergaris logam kuat dan bergaris logam lemah Populasi II  kelompok bintang tua  terdiri atas bintang MAHARAKSASA MERAH dan bintang tua lainnya  bergerak cepat  berasosiasi dengan gugus bola  kandung unsur berat lebih sedikit dibandingkan populasi I

10 Pada tahun 1957 di dalam Simposium Vatikan, Jan Hendrik Oort mengusulkan pembagian popu- lasi bintang secara lebih cermat ke dalam 5 kelompok bintang. Saya punya usul nih!

11 Populasi Bintang anggota Kec. gerak (km/s) Jml elemen berat, z (%) Ekstrim I Maharaksasa biru Gugus galaktik 104 Pertengahan IBintang bergaris kuat203 Tua IBintang bergaris lemah 302 Pertengahan II Bintang bergerak cepat 501 Ekstrim II Raksasa merah Gugus bola 1800,3


Download ppt "Kelompok bintang tersebut dinamai gugus bintang. Berdasarkan morfologinya, gugus bintang dibedakan atas 2 macam, yaitu: 1) gugus galaktik 2) gugus bola."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google