Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

COUNTER. Counter merupakan aplikasi dari Flip-flop yang mempunyai fungsi menghitung. Proses penghitungan yang dilakukan Counter secara sekuensial, baik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "COUNTER. Counter merupakan aplikasi dari Flip-flop yang mempunyai fungsi menghitung. Proses penghitungan yang dilakukan Counter secara sekuensial, baik."— Transcript presentasi:

1 COUNTER

2 Counter merupakan aplikasi dari Flip-flop yang mempunyai fungsi menghitung. Proses penghitungan yang dilakukan Counter secara sekuensial, baik menghitung naik (Up Counting) maupun turun (Down Counting). Berdasarkan pemberian trigger di masing-masing flip- flop penyusun rangkaian Counter, dikenal 2 macam Counter : – Counter Sinkron (Synchronous Counter) dan – Counter Asinkron (Asynchronous Counter). Pada Counter Sinkron, sumber clock diberikan pada masing-masing input Clock dari Flip-flop penyusunnya, sehingga apabila ada perubahan pulsa dari sumber, maka perubahan tersebut akan men-trigger seluruh Flip-flop secara bersama-sama.

3 Asyncronous counter disebut ripple trough counter (serial counter), karena output masing-masing flip-flop yang digunakan akan bergulingan (berubah kondisi dari 0 ke 1 atau sebaliknya) secara berurutan. Hal ini karena flip-flop yang paling ujung saja yang dikendalikan sinyal clock, sedangkan sinyal lainnya diambil dari masing-masing flip- flop sebelumnya.

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16 UP DAN DOWN COUNTER Sebuah Counter disebut sebagai Up Counter jika dapat menghitung secara berurutan mulai dari bilangan terkecil sampai bilangan terbesar. Contoh : …. Sedangkan Down Counter adalah Counter yang dapat menghitung secara berurutan dari bilangan terbesar ke bilangan terkecil. Rangkaian Up-counter dan Tabel PRESENT STATE DAN NEXT STATE (PS-NS) untuk Up dan Down Counter 3 bit seperti ditunjukkan di tampilan berikut

17

18 output flip-flop yang digunakan bergulingan secara serempak.Hal ini disebabkan karena masing-masing flip-flop tersebut dikendalikan secara serempak oleh satu sinyal clock. Oleh sebab itu syncronous counter disebut pararel counter

19 The EnD


Download ppt "COUNTER. Counter merupakan aplikasi dari Flip-flop yang mempunyai fungsi menghitung. Proses penghitungan yang dilakukan Counter secara sekuensial, baik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google