Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Counter & Register Minggu 8. Counter a. Counter Asyncronous Counter Asyncronous disebut juga Ripple Through Counter atau Counter Serial(Serial Counter),

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Counter & Register Minggu 8. Counter a. Counter Asyncronous Counter Asyncronous disebut juga Ripple Through Counter atau Counter Serial(Serial Counter),"— Transcript presentasi:

1 Counter & Register Minggu 8

2 Counter a. Counter Asyncronous Counter Asyncronous disebut juga Ripple Through Counter atau Counter Serial(Serial Counter), karena output masing-masing flip-flop yang digunakan akan bergulingan (berubah kondisi dari “0” ke “1”) dan sebaliknya secara berurutan atau langkah demi langkah, hal ini disebabkan karena hanya flip-flop yang paling ujung saja yang dikendalikan oleh sinyal clock, sedangkan sinyal Clock untuk flip-flop lainnya diambilkan dari masing-masing flip-flop sebelumnya. b. Counter Syncronous Counter syncronous disebut sebagai Counter parallel, output flip-flop yang digunakan bergulingan secara serempak. Hal ini disebabkan karena masing-masing flip-flop tersebut dikendalikan secara serempak oleh sinyal Clock.

3 Counter Asyncronous vs Counter Syncronous Tugas : 1.Analisa kedua rangkaian counter diatas! 2.Gambarlah Skematik editor counter asynchronous menggunakan JK-FF dan simulasikan hasil rangkaian tersebut. Analisa hasil simulasi yang diperoleh dan bandingkan dengan counter asynchronous yang menggunakan D-FF.

4 Register Register atau yang disebut dengan memori adalah suatu rangkaian logika yang mampu menyimpan data dalam bentuk bilangan biner. Fungsi dari register ini selain sebagai penyimpanan data juga untuk menghindari berkedipnya angka yang ditunjukkan oleh display (seven segment) pada saat menerima pulsa-pulsa yang diberikan oleh decoder. Sebuah register geser dapat memindahkan bit-bit yang tersimpan ke kiri atau ke kanan. Register geser dikelompokkan sebagai urutan rangkaian logika, oleh karena itu register geser disusun dari rangkain Flip-Flop. Selain untuk pergeseran data, register geser juga dapat digunakan untuk mengubah data seri ke paralel atau dari data parallel ke seri.

5 Tugas : 1. Sebutkan beberapa macam register yang diketahui! 2. Gambarkan minimal 3 register yang anda ketahui pada skematik editor! 3. Simulasikan hasil rancangan register tersebut! 4. Analisa hasil simulasi yang telah dilakukan!


Download ppt "Counter & Register Minggu 8. Counter a. Counter Asyncronous Counter Asyncronous disebut juga Ripple Through Counter atau Counter Serial(Serial Counter),"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google