Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Shift Register Chapter 19 Subject: Digital System Year: 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Shift Register Chapter 19 Subject: Digital System Year: 2009."— Transcript presentasi:

1

2 Shift Register Chapter 19 Subject: Digital System Year: 2009

3 Overview Basic Shift Register function Serial in / Serial Out Shift Registers Serial in / Parallel out Shift Registers

4 Basic Shift Register function Shift register adalah suatu rangkaian yang disusun dari flip-flop yang digunakan untuk menyimpan memory dan transfer data dalam suatu sistem digital. Sebuah register mempunyai 2 fungsi dasar yaitu : penyimpanan data dan pemindahan data. Kemampuan peyimpanan data membuat register menjadi sebuah tipe peyimpan memory.

5 Flip-flop sebagai elemen memori Kapasitas penyimpanan dari sebuah register adalah jumlah total dari bit (1 dan 0) dari data digital, setiap stage (flip-flop) dalam sebuah shift register mampu menyimpan data 1 bit, karena itu jumlah stage yang ada dalam shift register menentukan kapasitas data yang dapat disimpan.

6 Basic Shift Register function Contoh shift register yang digunakan adalah 4 bit Bit data bergerak sesuai dengan arah tanda panah.

7 Basic Shift Register function Kemampuan shift data dalam suatu register ditentukan banyaknya stage dalam shift register, baik untuk perpindahan data ke shift register, dalam shift register, atau keluar dari shift register tersebut. Seringkali dalam pemakaiannya register harus di-clear atau semua datanya di-nol kan, pada IC terdapat pin clear, yang fungsinya me-RESET semua state dari flip-flop yang digunakan dalam shift register tersebut.

8 Types of Shift register Serial in/ serial out shift register Shift register ini menerima data dalam bentuk serial yaitu menerima data satu per-satu dalam satu buah line data, dan juga mengeluarkan data dalam bentuk serial.

9 Serial in/ Serial Out Shift Register Bina Nusantara University 9

10 Serial in/ Serial Out Shift Register Bina Nusantara University 10

11 Serial in / Parallel Out Shift Register Bina Nusantara University 11

12 Types of Shift register Contoh suatu 5 bit shift register dan timing diagram penyimpanan datanya :


Download ppt "Shift Register Chapter 19 Subject: Digital System Year: 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google