Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mutu pendidikan berumuara pada tujuan pendidikan. Tujuan Pendidikan : Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertagwa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mutu pendidikan berumuara pada tujuan pendidikan. Tujuan Pendidikan : Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertagwa."— Transcript presentasi:

1

2 Mutu pendidikan berumuara pada tujuan pendidikan. Tujuan Pendidikan : Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertagwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif dan mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, seperti yang tertera dalam UU Republik Indonesia no 20 tahun 2003.

3  Pengelolaan sekolah yang baik memerlukan biaya yang besar dan mahal. Sedangkan kemampuan pemerintah menyelenggarakan pembangunan di bidang pendidikan sangat terbatas.  Pasal 31 ayat (4) UUD negara RI tahun  Pemerintah pusat dan pemerintahan daerah dan masyarakat bekerja sama dan bertanggung jawab menyediakan anggaran pendidikan.

4  Pemerintah berupa gaji yang disusun dalam APBD; bantuan operasional sekolah dan masukan dari APBN.  Dana pendidikan selain gaji pendidik dan biaya pendidikan kedinasan dialokasikan minimal 20 % dari APBN pada sektor pendidikan dan 20 % dari APBD. Sumber dana diatur dalam pasal 47 dan 49 UU RI No. 20 Tahun 2003.

5  Menunjang keberhasilan tujuan pendidikan diperlukan adanya perencanaan yang jelas dan disertai rencana pembiayaan yang matang sehingga dilaksanakan sesuai rencana.

6  Dana pendidikan digunakan untuk perencanaan dan pelaksanaan proses pendidikan:  Pengelolaan kurikulum  Pengelolaan KBM  Pelaksanan Evaluasi  Kegiatan kesiswaan dan Ekstra Kurikuler  Peningkatan mutu proses pembelajaran  Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan  Pengembangan sumber daya manusia  Pengelolaan perkantoran  Kesejahteraan guru dan pegawai  Rumah tangga sekolah dan jasa  Manajemen sekolah  Humas/pelayanan masyarakat  Supervisi dan monitoring

7  BOS DAN BKM  Adanyan penyelewengan dana  Korupsi di diknas pendidikan  Manipulasi data yang dilakukan oleh pihak sekolah

8 1. Perencanaan 2. Pengadaan 3. Iventarisasi 4. Penyimpanan 5. Penataan 6. Penggunaan 7. Pemeliharaan 8. Penghapusan

9  Masalah utama:  Kurangnya dana untuk pemeliharaan sarana dan prasarana.

10  Bagaimana menurut Anda bantuan dan kesejahteraan yang diberikan oleh pemerintah berupa BOS, BKM, dan sertifikasi guru!  Menurut anda, Apa permasalahan utama yang ada di dalam pendidikan! Bagaimana solusinya?  Bagaimana cara memelihara sarana dan prasarana pendidikan untuk menunjang proses pengajaran sehingga mutu pendidikan menjadi berkualitas baik!


Download ppt "Mutu pendidikan berumuara pada tujuan pendidikan. Tujuan Pendidikan : Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertagwa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google