Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

I Gede Marta Wiguna 08.41010.0366.  Pada saat ini sistem antrian menggunakan komputer dalam mengatur antrian.  Dalam perkembangan pembuatan aplikasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "I Gede Marta Wiguna 08.41010.0366.  Pada saat ini sistem antrian menggunakan komputer dalam mengatur antrian.  Dalam perkembangan pembuatan aplikasi."— Transcript presentasi:

1 I Gede Marta Wiguna

2  Pada saat ini sistem antrian menggunakan komputer dalam mengatur antrian.  Dalam perkembangan pembuatan aplikasi sistem antrian kadang masih menemui kendala jika server tiba-tiba mati.  Perlunya handling untuk permasalahan jika terjadi permasalahan listrik agar antrian tidak kacau.  Perlunya aplikasi antrian yang dapat di customise sewaktu-waktu tanpa harus menghubungi developer.

3  Bagaimana membuat sebuah aplikasi sistem antrian yang dapat di costumize sesuai dengan jumlah dan jenis layanan yang dibutuhkan?  Bagaimana membangun aplikasi yang mampu membuat nomor antrian secara otomatis?  Bagaimana mengatur antrian yang akan dilayani oleh beberapa customer service yang bertugas?  Bagaimana membangun aplikasi antrian yang dapat melakukan pemanggilan nomor antrian dengan panggilan suara dalam Bahasa Indosesia?  Bagaimana membangun aplikasi antrian yang dapat mengatasi masalah ketika listrik mati dan tidak mengacaukan nomor antrian?

4  Kerja aplikasi meliputi membuat, mencetak dan memanggil nomor antrian dengan panggilan suara.  Aplikasi yang dibuat dalam Tugas Akhir ini berbentuk prototype/sample paket aplikasi yang diterapkan ditempat pelayanan pelangggan atau customer care perusahaan.  Costumize yang dimaksudkan dalam hal ini adalah jumlah dan jenis layanan yang bisa diubah sesuai dengan kebutuhan perusahaan.  Pengembangan modul pemanggilan suara menggunakan panggilan dalam Bahasa Indonesia dengan menggunakan satu model suara perempuan.

5  Menghasilkan aplikasi sistem antrian yang dapat di costumize sesuai dengan jumlah dan jenis layanan yang dibutuhkan.  Menghasilkan sebuah aplikasi yang mampu membuat nomor antrian secara otomatis.  Menghasilkan sebuah aplikasi untuk mengatur antrian yang akan dilayani oleh beberapa customer service yang bertugas.  Menghasilkan aplikasi antrian yang dapat melakukan pemanggilan nomor antrian dengan panggilan suara dalam Bahasa Indosesia.  Menghasilkan aplikasi antrian yang dapat mengatasi masalah ketika listrik mati dan tidak mengacaukan nomor antrian.

6 Antrian (Queue)  Antrian atau Queue merupakan Tipe Data Abstrak (TDA) yang sering digunakan dalam ilmu komputer (Robertus, 1999).  Queue didefinisikan sebagai “Waiting Line” atau jalur tunggu.

7  Menurut Suad Husnan (1982), terdapat model antrian yang berbentuk antrian secara single channel/satu jalur dan antrian secara multiple channel/lebih dari satu jalur.  Multiple channel queue kemudian diterapkan dengan kemampuan forwarding dimana terdapat multi server atau multi layanan yang mana jenis layanan lebih dari 1 layanan dapat mengalihkan antrian ke layanan lain.

8 Konsep Dasar Sistem  Sistem adalah kumpulan elemen yang saling terkait dan bertanggung jawab memproses masukan (input) sehingga menghasilkan keluaran (output) (Soehandoro, 2004). Elemen-elemen sistem antara lain : Tujuan, Batasan, Kontrol, Input, Proses, Output, dan Umpan balik, berupa perbaikan dan pemeliharaan.

9 Realtime System  Real-Time System adalah suatu proses yang dilakukan pada saat itu juga oleh komputer (Wirawan, 2004). Real-Time System digunakan jika suatu operasi memerlukan ketepatan waktu dari proses aliran data yang masuk/diinputkan.

10 Gambar 3 Blok Diagram Cara Kerja aplikasi

11 Flowchart mengambil Nomor Antrian Flowchart memanggil Nomor Antrian

12 Kata Angka/BilanganKata Besaran Bilangan Satu, Dua, Tiga, Empat, Lima, Enam, Tujuh, Delapan, Sembilan, Sepuluh, Sebelas, Seratus, Seribu Belas, Puluh, Ratus, Ribu  Merekam file suara. Berupa angka-angka, bilangan, dan besaran bilangan sesuai dengan pengucapan bilangan dalam bahasa Indonesia. Dengan asumsi jumlah antrian per harinya hanya mencapai ratusan dan tidak mencapai ribuan.  Membangun database.  Membangun aplikasi.

13 Use Case Diagram Melayani Antrian

14 Use Case Diagram Administrator

15 Rancangan Database

16


Download ppt "I Gede Marta Wiguna 08.41010.0366.  Pada saat ini sistem antrian menggunakan komputer dalam mengatur antrian.  Dalam perkembangan pembuatan aplikasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google