Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manusia keseragaman dan kesederajatan Kuliah ke 9.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manusia keseragaman dan kesederajatan Kuliah ke 9."— Transcript presentasi:

1 Manusia keseragaman dan kesederajatan Kuliah ke 9

2 D. Problematika Diskriminatif Dalam Masyarakat yang beragam Diskriminatif adalah setiap tindakan yang melakukan pembedaan terhadap sesweorang atau sekelompok orang berdasarkan Ras,Agama,Suku,atnis,Klompok,golongan status,kelas sosial Ekonomi, Jenis kelamin,Kondisi fisik tubuh,Usia,Orentasi sexsual, Pandangan idiologi dan politik serta batas negara dan kebangsaan seseorang.

3 Dalam Negara R.I. Maka U.U.D Pasal 28 Ayat 1 menegaskan bahwa. : setiap orang berhak bebas dari perlakuan yang diskriminatif atas dasar apapun dan berhak menapatkan perlindungan terhadap perlakuan yang diskriminatif itu U.U. No 30 Pasal 3 th.1999 tentang HAM menyebutkan Setiap orang dilahiran bebas dengan harkat dan martabat yang sama dan sederajat.

4 Faktor Diskriminatif disebabkan Oleh : 1.Persaingan yang semakin ketat dalam berbagai bidang kehidupan,trutaqma ekonomi. 2.Tekanan dan intimidasi biasanya dilakukan oleh kelompok yang dominan terhadap kelompok atau golongan yang lebih lemah. 3.Ketidak berdayaan golongan miskin akan intimidasi yang mereka dapatkan sehingga mereka terus terpuruk dan menjadi korban intimidasi.

5 Proble3ma yang muncul yang dapat menimbulkan disintegrasi bangsa adalah : 1.Kegagalan kepemimpinan. 2.Krisis Ekonomi yang akut dan berlasung lama 3.Krisis Politik 4.Krisis Sosial 5.Demoralisasi Tentara dan Polisi. 6.Intervensi asing.

6 Untuk dapat dijadikan solusi pada Masalah diatas adalah Bhineka Tunggal ika Merupakan ungkapan bangsa Indonesia yang majemuk dengan latar belakang yang berbeda Teciptanya Tunggal ika dalam masyarakat yang bhineka dapat diwujudkan melalui integrasi kebudayaan atau integrasi nasional dengan mengukuhkan ide Tunggal ika yang menekankan aspek positif didalam segala bidang.

7 E. Manusia Beradab dalam Keragaman Peradaban adalah salah satu perwujudan kebudayaan yang bernilai tinggi indah dan harmonisyang mencerminkan tingkat kebudayaan masyarakat yang bersangkutan msalnya adab, sopan santun,budi pekerti,budi bahasa seni dsb. Penyebab Komplik dalam Msyarakat : 1. Teori hubungn Masyarakat hal ini sering muncul dalam masyarakat karena adanya permusuhan yang sering terjadi karena latar belakang Sara,Perbedaan idiologi pulitik.

8 2. Teori idsentitas : Komplik yang mengeras di masyarakat disebabkan identitas yang terancam yang disebabkan karena masih berakar dengan hilangnya sesuatu atau penderitaan masa lalu yang tidak terselesaikan. 3. Teori kesalah pahaman antar budaya : teori melihat komplik disebabkan ketidak cocokan dalam cara cara berkomunikasi diantara budaya yang berbeda.

9 Teori Tranfformasi : yang memfokuskan penyebab terjadinya komplik adalah ketidak setaraan dan ketidak adilan yang muncul sebgai masalah sosial budaya dan ekonomi. Realitas keragaman budaya membawa konswensi munculnya gesekan antar budaya maka manusia yang beradab harus terbuka dalam melihat semua perbedaan dalam keragaman yang ada dengan menjungjung tinggi Nilai nilai kesopanan dan menjadikan kergaman sebagai kekayaan bangsa


Download ppt "Manusia keseragaman dan kesederajatan Kuliah ke 9."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google