Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bicara soal sakramen, Gereja mempunyai aneka macam persoalan. Perjalanan sejarah pemikiran baik teologis maupun biblis memberikan sebuah pencerahan terhadap.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bicara soal sakramen, Gereja mempunyai aneka macam persoalan. Perjalanan sejarah pemikiran baik teologis maupun biblis memberikan sebuah pencerahan terhadap."— Transcript presentasi:

1

2 Bicara soal sakramen, Gereja mempunyai aneka macam persoalan. Perjalanan sejarah pemikiran baik teologis maupun biblis memberikan sebuah pencerahan terhadap makna sakramen. Thomas Aquinas mengajarkan bahwa sakramen gerejani itu merupakan MISTERI INKARNASI SABDA. Bagi Thomas Aquinas sakramen itu efikasi dari sabda yang berinkarnasi dalam diriNya.

3 Banyak pertanyaan diajukan terkait dengan sakramen. 1. Apa itu sakramen? 2. Apa fungsi sakramen? 3. Apa dampak dari sakramen? 4. Berapa jumlah sakramen? 5. Dll.

4 1. Apakah Sakramen itu sebuah tanda? 2. Apakah setiap tanda itu adalah Sakramen? 3. Apakah Sakramen itu, jika demikian?

5 Nampaknya sakramen bukan sekedar tanda, melainkan sebuah lebih dari itu. Thomas Aquinas menjelaskan bahwa Sakramen itu adalah : “ SACRING/ SACRANDO, yakni seperti Obat/ Mendicament Sakramen itu adalah MEDICANDO. Jadi Sakramen dipahami sebagai sebuah obat untuk menyembuhkan.

6

7  Tobit 12:7 “Memang baiklah rahasia raja disembunyikan, tetapi pantaslah perbuatan Allah disingkapkan di muliakan.  Efesus 3:9 dan untuk menyatakan apa isinya tugas penyelenggaraan rahasia yang telah berabad-abad tersembunyi dalam Allah, yang menciptakan segala sesuatu.

8  Sakramen adalah pengorbanan yang tidak kelihatan. Sebagai contoh Salib adalah tanda suci dari pengorbanan yang tidak kelihatan.  Agustinus menolak bahwa sakramen adalah sebuah obat. Agustinus memberikan contoh “Terapi Air Seni” adalah obat, apakah itu juga disebut Sakramen?  Perbedaan ini terjadi karena cara pandang berbeda. Thomas Aquinas lebih menekankan obat dalam arti spiritual bukan sebuah obat jasmani.

9 1. Kehidupan A. Babtis B. Ekaristi 2. Pertumbuhan A. Perkawinan B. Tabisan C. Krisma 3. Kematian A. Rekonsiliasi B. Perminyakan

10 Sakramen itu adalah sebuah ekpresi Gereja dan sebagai bagian kerjasama Ilahi dari karya keselamatan dialami. Sakramen adalah REMEDY of SIN.

11 Sakramen adalah sebuah tanda, tetapi tidak setiap tanda adalah sakramen. Sakramen adalah tanda rahmat Allah dan ekspresi dari rahmat Allah yang tidak kelihatan.

12 Bagi Yustinus Martir Babtis dan Ekaristi bukanlah sebuah sakramen Babtis adalah “Kelahiran kembali dan Pencerahan” (Reborn and Enlighten) Ekaristi adalah tubuh dan darah menjadi sabda.

13 Sakramen adalah soal Inisiasi melalui sabda dan konsekrasi. Sakramen disebut tindakan Kudus (Sacred Action), atau objek kudus. Bagi Tertulianus Sakramen itu harus ada 2 hal 1. Sabda 2. Element

14 Sabda mempunyai peran menentukan dalam sakramen seperti digunakan dalam Perayaan. Sabda adalah Allah sendiri yang berinkarnasi melalui, KATA, DABAR, VERBUM Dabar, Verbum adalah kata yang mempunyai muatan ilahi ( Devine Word ). Itu semua termuat dalam KITAB SUCI

15 Elemen menggunakan simbol dalam tindakan ilahi dari sakramen. Elemen mennyangkut materis yang digunakan dalam sakramen. Sebagai contoh Minyak, anggur, roti atau air. Dari situ pemikiran sakramen terus berkembang.

16 Jaman Patristik sakramen digunakan untuk calon inisiasi. Hal ini dikembangkan oleh 1. Cyrilus dari Yerusalem 2. Ambrosius 3. Yohanes Christosomus 4. Theodorus. Jadi sakramen itu menghadirkan aspek ilahi dalam kehidupan manusia.

17 Kenapa 7 Sakramen? Alasan 1. Tujuh adalah angka keramat 2. Tujuh adalah diakon umat perdana (Kisah Para Rasul 6:5 Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia.

18 3. Tujuh adalah angka sempurna, angka totalitas, dan angka inklusif. Ex. Satu pekan ada 7 hari, 7 hari penciptaan 4. Tujuh Karunia Roh Kudus 5. Angka tujuh di pisahkan 3 dan 4. ◦ Tiga (3) adalah lambang Trinitas ◦ Empat (4) adalah lambang keempat musim. ◦ Artinya kehadiran Allah Tri tunggal hadir dalam segala masa (musim ).

19 1. Babtis (Matius 3:6-7: 11:11-12, Dll, Mrk 1:9-11; Luk 3:21-22; Yoh 1:32-34) 2. Ekaristi (Mat 26:26-29; Mrk 14:22-25; Luk 22:15-20; I Kor 11:23-25) 3. Pengampunan Dosa (Mrk 2:1-12; Luk 7:36-50; Yoh 20:22-23) 4. Tabisan (Kel 28:1; 32:25-29; Im 8:1- 9:24) (PL “Ibr 4:14-5:10, 1 Petrus) Kempat Sakramen ini tertulis secara jelas dalam kitab suci.

20 Babtis (Mat 3:13-17; Mrk 1:9-11; Luk 3:21-22; dan Yoh 1:32-34)

21 Ekaristi (Mat 26:26-29; Mrk 14:22-25; Luk 22: 15-20; I Kor 11:23- 25)

22 Pengampunan Dosa (Mat 16:19) “Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.“

23 Tabisan Keluaran 40:15 “Urapilah mereka, seperti engkau mengurapi ayah mereka, supaya mereka memegang jabatan imam bagi-Ku; dan ini terjadi, supaya berdasarkan pengurapan itu mereka memegang jabatan imam untuk selama-lamanya turun- temurun.”

24 Tidak semua sakramen yang ditentukan oleh Gereja dinyatakan secara ekplisit dalam Kitab Suci. Ada beberapa yang juga tidak tertulis secara jelas dalam Kitab Suci.

25  Yakobus 5:13 Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau ada seorang yang bergembira baiklah ia menyanyi!  5:14 Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan.  5:15 Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.  5:16 Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

26  Sulit kiranya ditemukan dalam Kitab suci dasar Biblis untuk sakramen ini yang langsung menunjuk seperti halnya babtis. Karena dalam pembabtisan kita lansung dapat minyak Penguatan.  Chrism artinya pengurapan. Gereja mengajarkan yang dimaksud krisma ini adalah minyak yang diberkati oleh uskup dalam misa Krisma.

27  Matius 19:6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia."  Markus 10:9 Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia."  Lukas 16:18 Setiap orang yang menceraikan isterinya, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah; dan barangsiapa kawin dengan perempuan yang diceraikan suaminya, ia berbuat zinah."

28  1 Kor 7:1-16

29 1. Materi, Forma, dan Pelayan 2. Ex Opere Operato (Sekalipun pelayan dosa, masih menjadi penyalur rahmat) 3. Ex Opere Operantis (Efikasi Sakramen tergantung pada Pelayan )

30 Sakramen berasal 1. Sacramentum 2. Mysterion Artinya “Sesuatu yang tersembunyi dalam kasanah Kristiani mengacu pada misteri Paska Kristus”.

31 3. Mysterion “Kata ini ditemukan dalam Kitab Suci, namun artinya lebih luas daripada yang kita kenal

32 Kej 6:22 ”Lalu Nuh melakukan semuanya itu; tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya”. Ini Terkait dengan Wisdom, yakni wisdom yang mewahyukan Misteri Escatologi”.

33 Kej 6:22 Ini mengacu pada tindakan penyelamatan Allah. Makna misteri ini ditemukan dalam Kitab Suci,namun mempunyai arti yang lebih luas daripada 7 sakramen.

34 Daniel 2:28 “Tetapi di sorga ada Allah yang menyingkapkan rahasia-rahasia; Ia telah memberitahukan kepada tuanku raja Nebukadnezar apa yang akan terjadi pada hari-hari yang akan datang. Mimpi dan penglihatan-penglihatan yang tuanku lihat di tempat tidur ialah ini” Nas Daniel ini mengacu pada makna Escatologis dimana Tuhan mewahyukan.

35 Mat 13 :11 ”Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak” Mrk 4:11 “Jawab-Nya: "Kepadamu telah diberikan rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang luar segala sesuatu disampaikan dalam perumpamaan,” Luk 8:10 “Lalu Ia menjawab: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang lain hal itu diberitakan dalam perumpamaan, supaya sekalipun memandang, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti”.

36 Sakramen dipahami sebagai sebuah rahasia pewahyuan melalui Perumpamaan. Dalam pemahaman sekarang Yesus bernarasi sebuah misteri.

37 1 Korintus 2:7Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.  2:8 Tidak ada dari penguasa dunia ini yang mengenalnya, sebab kalau sekiranya mereka mengenalnya, mereka tidak menyalibkan Tuhan yang mulia.  2:9 Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."  2:10 Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah”.

38 Roma 16: Bagi Dia, yang berkuasa menguatkan kamu, -- menurut Injil yang kumasyhurkan dan pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pernyataan rahasia, yang didiamkan berabad-abad lamanya,  26 tetapi yang sekarang telah dinyatakan dan yang menurut perintah Allah yang abadi, telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa untuk membimbing mereka kepada ketaatan iman” --

39 Kol 1:26-27 “26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang- orang kudus-Nya. 27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!”

40 Bdk Kol 4:3, Ef 1:9-10; 3: Tim 3:26-27 Teologi santo Paulus ini ingin menunjukkan bahwa Allah mewahyukan kehendak ilahi untuk menyelamatkan umat. Kembali Paulus menegaskan bahwa Wahyu itu akan berkembang bagi orang yang percaya. Kristus disalib adalah manifestasi tertinggi kebijaksanaan Allah. (1 Kor 2:1 atau Col 2:2)

41  Sakramen adalah tanda kelihatan yang diadakan Kristus. Tanda dari Kristus ini menyatakan dan menyampaian rahmat.

42 Sakramen-sakramen Perjanjian Baru, yang diadakan oleh KristusTuhan dan dipercayakan kepada Gereja, sebagai tindakan-tindakan Kristus dan Gereja, merupakan tanda dan sarana yang mengungkapkan dan menguatkan iman, mempersembahkan penghormatan kepada Allah serta menghasilkan pengudusan Manusia. Dan karena itu sangat membantu untuk menciptakan, memperkokoh, dan menampakkan persekutuan gerejawi. Oleh karena itu baik para pelayan suci maupun umat beriman kristiani lain haruslah merayakannya dengan sangat khidmat dan cermat sebagaimana mestinya.


Download ppt "Bicara soal sakramen, Gereja mempunyai aneka macam persoalan. Perjalanan sejarah pemikiran baik teologis maupun biblis memberikan sebuah pencerahan terhadap."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google