Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VII. Etika kristen Oleh Pdt. Martin Luther Batubara, S. Th Universitas Indonesia Esa Unggul Jakarta Hp. 0852 185 188 28.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VII. Etika kristen Oleh Pdt. Martin Luther Batubara, S. Th Universitas Indonesia Esa Unggul Jakarta Hp. 0852 185 188 28."— Transcript presentasi:

1 VII. Etika kristen Oleh Pdt. Martin Luther Batubara, S. Th Universitas Indonesia Esa Unggul Jakarta Hp

2 1. Etika Kristen Etika berasal dari bhs Yunani “  ” atau “  ”. Etika berasal dari bhs Yunani “  ” atau “  ”. Artinya: kebiasaan, adat istiadat, tabiat, hakekat, watak, sikap tingkah laku berkaitan dengan kesusilaan. Artinya: kebiasaan, adat istiadat, tabiat, hakekat, watak, sikap tingkah laku berkaitan dengan kesusilaan. Etika : ilmu atau studi mengenai norma- norma etis yang mengatur tingkah laku manusia (berbicara, bertindak/sikap). Namun etika tdk hanya berbicara tentang lahiriah tetapi batiniah yaitu sikap, motif dan karakter. Etika : ilmu atau studi mengenai norma- norma etis yang mengatur tingkah laku manusia (berbicara, bertindak/sikap). Namun etika tdk hanya berbicara tentang lahiriah tetapi batiniah yaitu sikap, motif dan karakter.

3 Etika Kristen: Ilmu atau studi yang meneliti, menilai dan mengatur tabiat dan tingkah laku manusia dengan memakai norma kehendak atau perintah Allah sebagaimana dinyatakan oleh Yesus Kristus. Etika Kristen: Ilmu atau studi yang meneliti, menilai dan mengatur tabiat dan tingkah laku manusia dengan memakai norma kehendak atau perintah Allah sebagaimana dinyatakan oleh Yesus Kristus. Jadi norma yang menjadi acuan etika Kristen adalah Firman Allah yaitu ALKITAB. Jadi norma yang menjadi acuan etika Kristen adalah Firman Allah yaitu ALKITAB.

4 Alkitab menjadi sumber mutlak bukan falsafah hukum-hukum yg ada. Alkitab menjadi sumber mutlak bukan falsafah hukum-hukum yg ada. Sumbernya al.: (kel. 20) 10 perintah Allah, Perintah-perintah yang disampaikan Allah kepada kita manusia. Sumbernya al.: (kel. 20) 10 perintah Allah, Perintah-perintah yang disampaikan Allah kepada kita manusia.

5 3. Perlunya Etika Kita hidup dalam masyarakat yg semakin pluralistik juga dalam bidang Moral. (suku yg berbeda). Kita hidup dalam masyarakat yg semakin pluralistik juga dalam bidang Moral. (suku yg berbeda). Masyarakat yg mengalami transformasi akibat gelombang modernisasi. Tatanan hidup, berfikir, bergaul mulai bergeser. Masyarakat yg mengalami transformasi akibat gelombang modernisasi. Tatanan hidup, berfikir, bergaul mulai bergeser.

6 4. Ciri-ciri etika Kristen 1. Alkitabiah: berdasarkan Alkitab (2Tim 3:16). 2. Kristosentris: berpusat dan berpangkal pada kepercayaan terhadap Allah yng telah menyatakan diriNya di dalam Yesus Kristus. 3. Kasih Agape: ajaran kasih terhadap sesama, thp Tuhan dan terhadap lingkungan maupun dirinya sendiri (Mat:22:34).

7 4. Manusiawi : Manusia diciptakan menurut gambar Allah. Manusia sbg ‘Imago Dei’: 5. Mendunia: dilakukan secara nyata di dunia bukan di surga. 6. Soteriologis 7. Ilahi : untuk dapat melakukan sesuatu yg baik dan benar hanya dg pertolongan Tuhan, bukan dg kekuatan manusia. 8. Konsekuen dan konsisten: Rasa bertanggung jawab penuh dan berani menanggung resiko. 9. Pasrah, setia dan taat.

8 Cara mengamil keputusan 1. Doa, Ibadah, dan Roh Kudus. 2. Gereja dan Orang lain 3. Alkitab. 4. Bahan bacaan Kristiani.


Download ppt "VII. Etika kristen Oleh Pdt. Martin Luther Batubara, S. Th Universitas Indonesia Esa Unggul Jakarta Hp. 0852 185 188 28."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google