Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Maanfaat yang dapat diambil Indonesia dari perkembangan Jepang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Maanfaat yang dapat diambil Indonesia dari perkembangan Jepang."— Transcript presentasi:

1 Maanfaat yang dapat diambil Indonesia dari perkembangan Jepang

2 Perkembangan dinamika dalam kehidupan Sitem kolektif yang kuat merupakan dinamika masyarakat Jepang Dalam sitem kolektif Jepang ada kemungkinan dan kesempatan bagi prakarsa atau inisiatif individu. Indonesia mempunyai sistem kolektif dalam falsafah pancasila (kekeluargaan dan gotong royong). Untuk mencapai dinamika yang tinggi perlu dilihat bagaimana hubungan individu dengan masyarakat atau kelompok.

3 Pengambilan ilmu pengetahuan dan teknologi modern dari luar Keberhasilan Jepang dilandasi dua hal utama: Jepang harus mengembangkan prakarsa untuk memperoleh hal yang diinginkan dan tidak menunggu kepada pihak lain untuk memberikan kepadanya. Usaha tersebut dilakukan melalui proses peniruan dan dilanjutkan dengan proses penyesuaian kepada keperluan sendiri. Contoh: pengiriman para pemuda ke Cina, membeli pabrik tekstil dari Inggris.

4 Pembentukan aparat pemerintah atau birokrasi yang efektif dan efisien Birokrasi pemerintahan disusun sejak Restorasi Meiji yang terdiri dari bekas Samurai. Seleksi yang ketat melalui tes kecerdasan dan kepribadian (terutama faktor patriotisme) Contoh: pengunduran diri menteri angkutan ketika ada kecelakaan pesawat JAL

5 Peningkatan mutu manajemen Peningkatan mutu manusia Kesadaran informasi Kehidupan adalah perjuangan Perjuangan adalah kemampuan berpikir dan berbuat.

6 UAS Membuat essay tentang budaya Jepang dan Indonesia. Benang merah diantara kedua budaya berupa persamaan dan perbedaan. Hal yang dapat ditarik simpulan atau pelajaran diantara dua budaya tersebut. Kertas A4; spasi 1,5; margin ; 5 halaman.


Download ppt "Maanfaat yang dapat diambil Indonesia dari perkembangan Jepang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google