Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSUMEN SEBAGAI INDIVIDU BAB II PRIYONO, SE., ME.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSUMEN SEBAGAI INDIVIDU BAB II PRIYONO, SE., ME."— Transcript presentasi:

1 KONSUMEN SEBAGAI INDIVIDU BAB II PRIYONO, SE., ME.

2 Apa sesungguhnya yang diinginkan oleh manusia? - Mengapa orang-orang bekerja, - mencipta atau berkreasi, - bersekolah, - berkumpul atau membentuk komunitas, - berbisnis, - menginginkan kekayaan, membeli mobil mewah, membeli pakaian bagus, mewah, membeli pakaian bagus, - berdandan atau merawat tubuh, dsb? Kalau tujuannya adalah bekerja utk memperoleh gaji, bersekolah agar pintar dan dapat segudang titel, berbisnis untuk mengumpulkan uang atau menjadi kaya raya, dst… setelah semua itu diperoleh, so what?

3 “Prinsip paling dalam pada sifat dasar manusia adalah kebutuhan untuk dihargai.” (William James) “Prinsip paling dalam pada sifat dasar manusia adalah kebutuhan untuk dihargai.” (William James) “Rahasia besar dalam berurusan dengan manusia adalah keinginan dirinya untuk dianggap penting” (Dale Carnegie). “Rahasia besar dalam berurusan dengan manusia adalah keinginan dirinya untuk dianggap penting” (Dale Carnegie). Hasrat atau keinginan untuk mendapatkan pujian, dihormati orang lain, dikagumi, dikenal banyak orang (populer), dikenang oleh sejarah, dinobatkan sebagai yang terbaik, dinilai hebat, dipandang pintar, dilihat sebagai orang kaya, dipandang mampu membeli barang-barang mewah, dinilai kreatif, dipandang rapi, dinilai cantik, dinilai rajin, dikenal sebagai dermawan, dinilai sebagai teman yang baik, dianggap sebagai pasangan yang setia atau pengertian, dipandang sensasional atau spektakuler, dinilai fashionable, dipandang modernis, dst. Hasrat atau keinginan untuk mendapatkan pujian, dihormati orang lain, dikagumi, dikenal banyak orang (populer), dikenang oleh sejarah, dinobatkan sebagai yang terbaik, dinilai hebat, dipandang pintar, dilihat sebagai orang kaya, dipandang mampu membeli barang-barang mewah, dinilai kreatif, dipandang rapi, dinilai cantik, dinilai rajin, dikenal sebagai dermawan, dinilai sebagai teman yang baik, dianggap sebagai pasangan yang setia atau pengertian, dipandang sensasional atau spektakuler, dinilai fashionable, dipandang modernis, dst. Itulah manifestasi dari hasrat atau kebutuhan ingin dihargai, atau dirinya dianggap penting! Itulah manifestasi dari hasrat atau kebutuhan ingin dihargai, atau dirinya dianggap penting!

4 Bagaimana cara mencari tahu apa yang paling penting pada seseorang / keluarga ketika : Bagaimana cara mencari tahu apa yang paling penting pada seseorang / keluarga ketika : –Bertamu ke rumah? –Ketemu di jalan? –Pria? –Wanita?

5 Jenis-Jenis kebutuhan Dalam menjalani kehidupan, manusia membutuhkan berbagai jenis dan macam barang-barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia sejak lahir hingga meninggal dunia tidak terlepas dari kebutuhan akan segala sesuatunya. Dalam menjalani kehidupan, manusia membutuhkan berbagai jenis dan macam barang-barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia sejak lahir hingga meninggal dunia tidak terlepas dari kebutuhan akan segala sesuatunya. Ketika masih balita Ketika masih balita Ketika masih anak-anak Ketika masih anak-anak Ketika sudah remaja Ketika sudah remaja Ketika bujangan masih singgle Ketika bujangan masih singgle Ketika pengantin baru Ketika pengantin baru Keluarga lengkap Keluarga lengkap Usia lanjut Usia lanjut

6 Kebutuhan Manusia Berdasarkan Tingkat Kepentingan / Prioritas 1. Kebutuhan Primer 1. Kebutuhan Primer Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang benar-benar amat sangat dibutuhkan orang dan sifatnya wajib untuk dipenuhi. Contohnya : sembilan bahan makanan pokok / sembako, rumah tempat tinggal, pakaian, dan lain sebagainya. 2. Kebutuhan Sekunder 2. Kebutuhan Sekunder Kebutuhan sekunder adalah merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok primer telah semuanya terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang kebutuhan primer. Misalnya : makanan yang bergizi,

7 3. Kebutuhan Tersier / Mewah / Lux Kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia yang sifatnya mewah, tidak sederhana dan berlebihan yang timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan kebutuhan skunder. Contohnya : mobil, antena parabola, komputer laptop notebook, tv 50 inchi, jalan-jalan ke hawaii, apartemen, dan lain sebagainya.

8 Kebutuhan Manusia Berdasarkan Sifat 1. Kebutuhan Jasmani / Kebutuhan Fisik Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan badan lahiriah atau tubuh seseorang. Contoh: makanan, minuman, pakaian, sandal, pisau cukur, tidur, buang air kecil dan besar, seks, ada lagi?

9 2. Kebutuhan Rohani / Kebutuhan Mental Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang dibutuhkan seseorang untuk mendapatkan sesuatu bagi jiwanya secara kejiwaan. Contoh: mendengarkan musik, siraman rohani, beribadah kepada Tuhan YME, bersosialisasi, pendidikan, rekreasi, hiburan, dan ada lagi?

10 Kebutuhan Manusia Berdasarkan Waktu 1. Kebutuhan Sekarang Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang benar-benar diperlukan pada saat ini secara mendesak. Contoh : Contoh : kebelet pipis, makan karena sangat lapar, pengobatan akibat kecelakaan, ketika masih muda, ketika sudah berumur.

11 2. Kebutuhan Masa Depan Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang dapat ditunda serta dipenuhi di lain waktu di masa yang akan datang. Contoh: pergi haji, pendidikan tinggi, pahala untuk bekal akherat, membeli mobil toyota yaris terbaru, dan lain sebagainya.

12 Betapa hidup ini enak, kalau kita tahu kebutuhan dan keinginan manusia? Betapa hidup ini enak, kalau kita tahu kebutuhan dan keinginan manusia? –Di TV acara apa yang paling menarik? –Di rumah makanan apa selera pasangan kita? –Membuat restoran, soto kudus seperti apa yang punya nilai jual? –Pasangan seperti apa yang cocok untuk Anda dan kawan Anda? –Ada lagi?

13 Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjek / Subyek Penggunanya 1. Kebutuhan Individual / Pribadi Kebutuhan individu adalah jenis kebutuhan yang dibutuhkan oleh orang perseorangan secara pribadi. Contoh : sikat gigi, menuntut ilmu, sholat lima waktu, makan, ada lagi?

14 2. Kebutuhan Sosial / Kolektif Kebutuhan sosial adalah kebutuhan akan berbagai barang dan jasa yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan sosial suatu kelompok masyarakat. Contoh: jalan umum, penerangan tempat umum, berserikat mengeluarkan pendapat, berbisnis, berorganisasi, dan lain-lain

15 KEBUTUHAN MENURUT MASLOW Kebutuhan dasar fisiologis Kebutuhan dasar fisiologis Kebutuhan biologi yang merupakan motivasi kebutuhan primer Kebutuhan akan keamanan Kebutuhan akan keamanan Setelah kebutuhan tingkat pertama terpenuhi, kebutuhan akan keamanan dan perlindungan menjadi kekuatan pendorong di belakang perilaku individu.

16 Kebutuhan social Kebutuhan social Tingkat hierarki Maslow yang ini meliputi berbagai kebutuhan seperti cinta, kasih sayang, pemilikan dan penerimaan Kebutuhan egoistic (kepentingan diri sendiri) Kebutuhan egoistic (kepentingan diri sendiri) Tingka ini berhubungan dengan kebutuhan akan rasa ego, harga diri, kesuksesan, kemandirian, kepuasan sendiri. Kebutuhan akan aktualisasi diri Kebutuhan akan aktualisasi diri Kebutuhan ini mengacu pada keinginan individu untuk melengkapi kemampuannya untuk menjadi apa saja yang ia mampu raih

17 Diskusikan! Makan? Kebutuhan apa yang ingin mereka penuhi? Makan? Kebutuhan apa yang ingin mereka penuhi? Caleg DPR kebutuhan apa yang ingin mereka penuhi? Caleg DPR kebutuhan apa yang ingin mereka penuhi? Perang antar kampung kebutuhan apa yang ingin mereka penuhi? Perang antar kampung kebutuhan apa yang ingin mereka penuhi? Beli rumah pertama, kedua, ketiga. Kebutuhan apa yang ingin mereka penuhi? Beli rumah pertama, kedua, ketiga. Kebutuhan apa yang ingin mereka penuhi?

18 Teori-teori Kebutuhan yang lain? - Murray - Erg Alderfer - Herzberg - Mc. Clelland - Ada lagi?

19 KEBUTUHAN MURRAY kebutuhan akan benda mati, penguasaan, pengendalian, pengaturan, pemahaman, kontruksi kebutuhan akan benda mati, penguasaan, pengendalian, pengaturan, pemahaman, kontruksi kebutuhan yang mencerminkan ambisik, prestasi dan martabat meliputi: keunggulan, pencapaian, pengakuan, pamer, posisi yang tak tergoyahkan, pertahanan, tindakan netral kebutuhan yang mencerminkan ambisik, prestasi dan martabat meliputi: keunggulan, pencapaian, pengakuan, pamer, posisi yang tak tergoyahkan, pertahanan, tindakan netral

20 Kebutuhan akan kekuasaan, dominasi, perbedaan, keserupaan, otonomi, pertentangan Kebutuhan akan kekuasaan, dominasi, perbedaan, keserupaan, otonomi, pertentangan Kebutuhan sado masokhis, yaitu agresi, kerendahan diri Kebutuhan sado masokhis, yaitu agresi, kerendahan diri Kebutuhan akan perhatian antar manusia, afiliasi, penolakan, pengasuhan, pertolong, bermain Kebutuhan akan perhatian antar manusia, afiliasi, penolakan, pengasuhan, pertolong, bermain Kebutuhan akan pergaulan sosial, pengetahuan, eksposisi Kebutuhan akan pergaulan sosial, pengetahuan, eksposisi

21 TEORI KEBUTUHAN LAIN Teori Erg Alderfer Teori Erg Alderfer –Eksistensi : kebutuhan yang dipuaskan oleh faktor-faktor makan, air, udara, upah dan kondisi kerja. –Keterkaitan : kebutuhan yang bisa dipuaskan dengan hubungan sosial dan hubungan antar pribadi yang bermanfaat. –Pertumbuhan : kebutuhan yang terpuaskan dengan kontribusi yg kreatif dan produktif.

22 Teori dua faktor Herzberg : Ada 2 faktor yang menjadi motivasi yaitu : - - satisfier (kebutuhan yang membuat orang merasa puas) orang merasa puas) - dissatisfier (faktor yang membuat orang - dissatisfier (faktor yang membuat orang tidak puas). tidak puas).

23 Teori Kebutuhan Mc Clelland : - Kebutuhan untuk berprestasi - Kebutuhan untuk berafiliasi - Kebutuhan untuk berkuasa.

24 Motivasi yang dibangkitkan Motivasi kebutuhan phisik Motivasi kebutuhan phisik Motivasi kebutuhan emosi Motivasi kebutuhan emosi Motivasi kebutuhan pengetahuan Motivasi kebutuhan pengetahuan Motivasi kebutuhan pengakuan lingkungan Motivasi kebutuhan pengakuan lingkungan

25 Tujuan& sasaran konsumen dikelompokkan pada: Tujuan umum Tujuan umum kelompok tujuan yang bersifat umum yang harus dipenuhi oleh konsumen seperti saya ingin menyelesaikan studi Kelompok tujuan khusus Kelompok tujuan khusus memilih merek produk atau jasa tertentu : - membeli radio ia akan memilih Philip - sekolah ia akan memilih sekolah Al azhar - melilih jodoh?

26 Pemilihan sasaran dan tujuan tergantung dari Pengalaman pribadi Pengalaman pribadi Kemampuan phisik Kemampuan phisik Nilai dan norma yang dianut Nilai dan norma yang dianut Tujuan yang dapat diakses dalam lingkungan social& phisik Tujuan yang dapat diakses dalam lingkungan social& phisik Ada lagi? Ada lagi?

27 Pembelajaran perilaku dapat dibedakan pada aspek; Perilaku Perilaku –Perilaku berkenaan dengan stimulus yang diberikan –Perilaku karena terdapat hal yang perlu diperhatikan –Konsumen tidak melakukan tetapi bereaksi Pengetahuan Pengetahuan –Perilaku diarahkan untuk mencapai sasaran –Kebutuhan akan nilai,sikap dan pemahaman

28 MODEL PROSES MOTIVASI Learning Needs wants, and desires Tension Goal or need fulfill- ment Goal or need fulfill- ment Drive Behavior Cognitive processes Tension reduction

29 mencapai tujuan dengan langganan majalah

30 Tampilan yang beda dengan tujuan sama, apa tujuannya?

31 Apakah motivasi selalu meningkat setelah satu telah terpenuhi?

32 Menurut Anda Adakah Perubahan kebutuhan konsumen?

33 Kebutuhan akan pengetahuan?

34 Physiological Needs (Food, water, air, shelter, sex) Safety and Security Needs (Protection, order, stability) Social Needs (affection, friendship, belonging) Tingkat kebutuhan maslow Ego Needs (Prestige, status, self esteem) Self-Actualization (Self-fulfillment)

35 Keebutuhan?

36 Kebutuhaan apa?

37 Kebutuhan opo?

38 Kebutuhan apa?

39

40 Diskusikan? Apakah manusia itu makhluk yang logis sehingga membeli sesuatu itu dengan logika? Apakah manusia itu makhluk yang logis sehingga membeli sesuatu itu dengan logika? Bagaimana dengan emosi? Bagaimana dengan emosi? Bayangkan Anda membeli kopi, kemeja atau rumah? Bayangkan Anda membeli kopi, kemeja atau rumah?

41 Bagaimana cara mengetahui alasan sebenarnya dia membeli produk mobil atau asuransi? Bagaimana cara mengetahui alasan sebenarnya dia membeli produk mobil atau asuransi?

42


Download ppt "KONSUMEN SEBAGAI INDIVIDU BAB II PRIYONO, SE., ME."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google