Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE BLACKBERRY PADA MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA Disusun Oleh : Nama: Destriyanti Darmi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE BLACKBERRY PADA MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA Disusun Oleh : Nama: Destriyanti Darmi."— Transcript presentasi:

1 PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE BLACKBERRY PADA MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA Disusun Oleh : Nama: Destriyanti Darmi NPM : Jurusan: Manajemen Pembimbing: Dr. Ambo Sakka H., SE., MSi. UNIVERSITAS GUNADARMA JAKARTA 2011

2 BAB I PENDAHULUAN 1. LATAR BELAKANG Salah satu teknologi yang banyak dan sangat dibutuhkan dalam membantu proses aktifitas secara efisien adalah handphone Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan pasar persaingan bebas di Indonesia tengah dibanjiri dengan berbagai persaingan jenis merek handphone Berbagai macam produk handphone kini banyak menghadirkan handphone-handphone yang multifungsi yang hanya tidak sekedar alat untuk berkomunikasi saja, kini handphone menyediakan media hiburan, kerja, dan lain-lain.

3 BAB I PENDAHULUAN salah satu yang menjadi primadona sekarang adalah handphone dengan merek BlackBerry Keputusan pembelian suatu barang konsumen memiliki motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap yang tidak sama atau berbeda tergantung dari individu dari masing-masing konsumen

4 BAB I PENDAHULUAN 2. Rumusan Masalah Apakah faktor psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian handphone BlackBerry pada mahasiswa Universitas Gunadarma? Dari faktor psikologis variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian handphone BlackBerry pada mahasiswa Universitas Gunadarma? 3. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian handphone BlackBerry pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Untuk mengetahui dan menganalisis diantara variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap variabel mana yang paling berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian handphone blackberry pada mahasiswa Universitas Gunadarma.

5 BAB III METODE PENELITIAN  Objek yang diambil adalah mahasiswa/mahasiswi Gunadarma pengguna handphone BlackBerry  Data yang digunakan adalah data primer  Metode pengumpulan data : kuesioner sebanyak 100 responden  Variabel bebas : motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap sedangkan variabel terikat adalah keputusan pembelian  Alat analisis : Uji Validitas, Uji Realibilitas, Regresi Linier Berganda, Uji Serempak (Uji F), Uji Parsial ( Uji t), Koefisien Determinasi, Uji Multikolinieritas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Normalitas dan Uji Autokorelasi.

6 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Hasil Uji Validitas dan Realibilitas Hasil uji validitas didapat nilai total correlation variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap lebih besar dari nilai r tabel 0,374 maka semua variabel dinyatakan valid Perhitungan realibilitas variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap masing-masing memiliki nilai cronbach’s alpha ≥ dari 0,6 maka semua variabel dapat dikatakan realibel. Hasil Uji Asumsi Klasik Hasil uji multikolinearitas : diketahui bahwa hasil tolerance pada masing-masing variabel lebih besar dari 0,1 sedangkan nilai Varians Inflation Factor (VIF) lebih kecil dari 10. Sehingga model regresi dapat dikatakan tidak ada masalah multikolinearitas. Hasil Uji Heteroskedesitas : Berdasarkan graifik scatterplot terlihat titik-titik dengan pola menyebar secara acak pada posisi di atas maupun di bawah angka 0 pada sumbu Y. Maka dapat disimpulkan tidak terdapat gejala heteroskedastisitas pada model regresi

7 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Hasil Uji Normalitas : Berdasarkan keterangan grafik, titik menyebar disekitar garis diagonal, maka model regresi memenuhi asumsi Hasil Uji Autokorelasi : Nilai DW sebesar nilai ini akan dibandingkan dengan nilai tabel menggunakan signifikan 5%, jumlah sampel 100 (n) dan jumlah variabel independen 5 (k=5). Nilai DW 1790 lebih besar dari batas atas (du) 1780 maka dapat disimpulkan tidak ada autokorelasi. Hasil Uji Regresi Linear Berganda : persamaan regresinya didapat Y = X X X X X 5 Hasil Uji Koefisien Determinasi : menunjukkan bahwa koefisien determinasi yang ditunjukkan dari nilai adjusted R 2 sebesar hal ini berarti 61,9 % keputusan pembelian BlackBerry yang dipengaruhi oleh variabel psikologis ( motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap), sedangkan sisanya ( 100 % - 61,9 % = 38,1 %) di jelaskan sebab lain diluar model

8 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Hasil Uji Signifikan Simultan : hasil perhitungan statistic uji F sebesar dengan probabilitas jauh lebih kecil dari 0,05 yang berarti secara simultan seluruh variabel independen (motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil Uji Parsial : Uji t menunjukkan 5 variabel yang dimasukkan dalam model signifikan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Variabel tersebut adalah motivasi menunjukkan tingkat signifikan 0.035, persepsi sebesar 0,039, pembelajaran sebesar 0.008, keyakinan sebesar dan sikap sebesar 0,021, yang lebih kecil dari tingkat signifikan 0.05.

9 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan : Faktor psikologis ( motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian BlackBerry pada mahasiswa universitas gunadarma Secara parsial, dari ke lima variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian BlackBerry pada mahasiswa universitas gunadarma adalah variabel persepsi Saran : saran yang ingin disampaikan kepada pemasar adalah : variabel persepsi ternyata memiliki pengaruh yang cukup besar dalam keputusan pembelian. Variabel persepsi ini berupa Rasa percaya diri, merek, Layanan dan fitur, dengan memperhatikan variabel tersebut maka pemasar dapat menyusun strategi pemasaran yang jitu sehingga dapat meningkatkan penjualan.


Download ppt "PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE BLACKBERRY PADA MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA Disusun Oleh : Nama: Destriyanti Darmi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google