Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Persepsi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Giant Supermarket Karawang Erina Yuliana.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Persepsi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Giant Supermarket Karawang Erina Yuliana."— Transcript presentasi:

1 Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Persepsi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Giant Supermarket Karawang Erina Yuliana

2 Latar Belakang Pesatnya pertumbuhan dan perkembangan perusahaan eceran menimbulkan persaingan yang ketat, sehingga untuk memenangkan persaingan perusahaan harus dapat memanfaatkan peluang bisnis yang ada dan berusaha untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar dapat mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Menurut Lamb yang dikutip oleh (Kembaren, 2010:1) bauran pemasaran ritel yang terdiri dari Product, Place, Promotion, Price, Personnel, dan Presentation akan mempengaruhi persepsi para konsumen dalam memposisikan toko yang satu terhadap yang lain. Faktor persepsi merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan, karena dapat mempengaruhi perilaku konsumen untuk mengambil keputusan pembelian.

3 Rumusan Masalah Apakah bauran pemasaran ritel yang terdiri dari product, place, promotion, price, personnel, dan presentation berpengaruh secara parsial terhadap persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian pada Giant Supermarket Karawang? Apakah bauran pemasaran ritel yang terdiri dari product, place, promotion, price, personnel, dan presentation bersama-sama berpengaruh terhadap persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian pada Giant Supermarket Karawang? Apakah terdapat variabel yang paling dominan mempengaruhi persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian pada Giant Supermarket Karawang?

4 Tujuan Untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran ritel yang terdiri dari product, place, promotion, price, personnel, dan presentation secara parsial terhadap persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian pada Giant Supermarket Karawang. Untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran ritel yang terdiri dari product, place, promotion, price, personnel, dan presentation secara bersama-sama terhadap persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian pada Giant Supermarket Karawang. Untuk mengetahui apakah terdapat variabel yang paling dominan mempengaruhi persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian pada Giant Supermarket Karawang.

5 Model Penelitian

6 Hipotesis H1 : Adanya pengaruh product terhadap persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian pada Giant Supermarket Karawang. H2 : Adanya pengaruh place terhadap persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian pada Giant Supermarket Karawang. H3 : Adanya pengaruh promotion terhadap persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian pada Giant Supermarket Karawang. H4 : Adanya pengaruh price terhadap persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian pada Giant Supermarket Karawang. H5 : Adanya pengaruh personnel terhadap persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian pada Giant Supermarket Karawang. H6 : Adanya pengaruh presentation terhadap persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian pada Giant Supermarket Karawang H7 : Adanya pengaruh bauran pemasaran ritel yang terdiri dari product, place, promotion, price, personnel, dan presentation terhadap persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian pada Giant Supermarket Karawang.

7 Metode Penelitian Giant Supermarket Karawang Objek Penelitian Data Primer Jenis Data Pengunjung Giant Supermarket Karawang Populasi Sebagian dari populasi yang didapat berdasarkan accidential sampling Sampel Berdasarkan rumus Slovin didapat jumlah sampel sebesar 98 responden Besaran sampel Kuesioner dan Studi Pustaka Metode Pengumpulan Data

8 Metode Analisis Data Uji Validitas dan Reliabelitas Uji Asumsi Klasik : Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas Analisis Regresi Linier Berganda Uji Hipotesis

9 Hasil Dan Pembahasan Uji Validitas 36 pertanya an yang terdapat dalam kuesioner dinyataka n valid, dapat dilihat dari rhitung pada 36 pertanya an lebih besar dari rtabel (0,361), sehingga 36 pertanya an dapat digunaka n untuk penelitia n. Uji Reliabelitas Nilai Cronbach’s Alpha bernilai positif dan lebih besar dari rtabel (0,945 > 0,361), sehingga 36 pertanyaan adalah reliabel.

10 Uji Asumsi Klasik Seluruh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) > 0,05 yang berarti bahwa data berdistribusi normal. Uji Normalitas Seluruh nilai VIF 0,1 yang berarti bahwa regresi tidak terdapat multikolinearitas. Uji Multikolinearitas Seluruh nilai signifikansi diatas tingkat kepercayaan 5%, jadi dapat disimpulkan model regresi tidak mengarah adanya heteroskedastisitas. Uji Heteroskedastisitas

11 Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji Hipotesis Regresi 1 Tabel Regresi 1 menunjukan persamaan Y = 2, ,142 X 1 + 0,181 X 2 + 0,264 X 3 + 0,132 X 4 + 0,197 X 5 + 0,177 X 6 ANOVA 1 Tabel ANOVA 1 menunjukan nilai Fhitung variabel product, place, promotion, price, personnel, dan presentation sebesar 25,298.

12 Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji Hipotesis Regresi 2 Tabel Regresi 2 menunjukan persamaan Y = 3, ,176 X 1 + 0,168 X 2 + 0,296 X 3 + 0,227 X 4 + 0,200 X 5 ANOVA 2 Tabel ANOVA 1 menunjukan nilai Fhitung Variabel product, place, promotion, price, personnel, dan presentation sebesar 29,796.

13 Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji Hipotesis Regresi 3 Tabel Regresi 3 menunjukan persamaan regresiY = 4, ,202 X 1 + 0,330 X 2 + 0,264 X 3 + 0,213X 4 ANOVA 3 Model Summary

14 Kesimpulan Dari bauran pemasaran ritel ternyata hanya empat variabel yang berpengaruh parsial dan signifikan terhadap persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian, yaitu variabel place, promotion, personnel, dan presentation. Hal ini dapat dilihat dari t hitung variabel place > t tabel (2,291 > 1,66140), t hitung variabel promotion > t tabel (3,992>1,66140), t hitung variabel personnel > t tabel (2,935 > 1,66140), dan t hitung variabel presentation > t tabel (2,571 > 1,66140). Dari bauran pemasaran ritel ternyata hanya empat variabel yang berpengaruh secara bersama- sama dan signifikan terhadap persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian, yaitu variabel place, promotion, personnel, dan presentation. Hal ini dapat dilihat dari f hitung > f tabel (35,581 > 2,70) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Melalui identifikasi determinan, didapat nilai koefisien determinasi sebesar 0,605 yang berarti bahwa bauran pemasaran ritel yang terdiri dari place, promotion, personnel, dan presentation mempengaruhi persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian sebesar 60,5 % dan sisanya sebesar 39,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Secara parsial dapat dilihat bahwa variabel promotion merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian.

15 Saran Variabel promotion yang merupakan variabel paling dominan mempengaruhi persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Hal tersebut menunjukan bahwa potongan harga yang telah dilakukan sangat baik, sehingga diharapkan Giant Supermarket Karawang dapat mempertahankannya dan berupaya untuk meningkatkan lagi dengan cara menambah produk yang diberikan potongan harga sehingga persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian pun dapat meningkat. Variabel place, personnel, dan presentation telah cukup baik dan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian, sehingga diharapkan Giant Supermarket Karawang dapat meningkatkan keamanan pada tempat parkir, memberikan pelayanan terbaik, serta dapat menciptakan rasa nyaman untuk konsumen sehingga dapat meningkatkan persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian selain yang telah diteliti pada penelitian ini, seperti faktor budaya, pribadi, atau psikologis.


Download ppt "Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Persepsi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Giant Supermarket Karawang Erina Yuliana."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google