Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 PRESENTASI MANAJEMEN STRATEGIS. 2 CONTENT Model Dasar Manajemen Strategi Pendahuluan Keputusan Strategi Keuntungan Manajemen Strategi 1 2 4 5 6 Proses.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 PRESENTASI MANAJEMEN STRATEGIS. 2 CONTENT Model Dasar Manajemen Strategi Pendahuluan Keputusan Strategi Keuntungan Manajemen Strategi 1 2 4 5 6 Proses."— Transcript presentasi:

1 1 PRESENTASI MANAJEMEN STRATEGIS

2 2 CONTENT Model Dasar Manajemen Strategi Pendahuluan Keputusan Strategi Keuntungan Manajemen Strategi Proses Membuat Strategi Keputusan (agar menghasilkan keputusan yang lebih baik) 7 8 Inisiasi Strategi Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Hubungan Manajemen Strategi dengan Globalisasidan Electronic Commerce 3

3 3 1. Pendahuluan Pengertian Manajemen Strategi 1.Ilmu tentang Identifikasi, perumusan, pelaksanaan dan evaluasi keputusan-keputusan lintas fungsi yang memungkinkan organisasi mencapai tujuannya.

4 4 2.Keuntungan Manajemen Strategis 1.Perusahaan memiliki visi strategi yang jelas 2.Lebih fokus terhadap prioritas strategi yang akan diterapkan 3.Meningkatkan adaptasi dengan perubahan lingkungan.

5 5 3. Globalisasi dan E commerce Globalisasi dan Manajemen Strategi  Organisasi-organisasi yang mekakukan operasinya diluar batas negara mereka disebut perusahaan internasional atau multinasional. Proses manajemen strategis perusahaan internasional/multinasional secara prinsip sama dengan perusahaan domestik/nasional namun proses lebih kompleks dikarenakan variabelnya lebih banyak budaya, demografis, lingkungan, politik, hukum, pemerintahan, teknologi, sosial, teknologi dan persaingan kompetitif.

6 6 3. Globalisasi dan E-Commerce  Penggunaan internet dalam transaksi bisnis menyebabkan: 1.Adanya konsep jaringan elektronik antara pelanggan, supllier da mitra bisnis. 2.Memperpendek dan mempercepat kerjasama antara dengan pelanggan (end user) sehingga dapat meningkatkan pelayanan dan menurunkan biaya. 3.Adanya Tranparancy informasi. 4.Dengan adanya teknologi meningkatkan persaingan sehingga perusahaan dituntut untuk lebig efisien dan inovatif. 5.Perkembangan teknologi menyebabkan seakan-akan waktu berputar lebih cepat dikarenakan pertukaran informasi yang didapat on-line. 6.Menghilangkan pembatas antara supplier, pabrik (manufaktur) dan pelanggan dalam menjalin kerjasama dan hubungan bisnis. 7.Pengetahuan menjadi nilai tambah seperti kemampuan intelektual, relasi, dan ketrampilan karyawan. Manajemen Strategi dan E Commerce

7 DKM Model Dasar Manajemen Strategi Identifikasi Lingkungan Perumusan Strategi Implementasi Strategi Evaluasi dan Pengawasan

8 DKM 2009 Merupakan analisa SWOT Lingkungan eksternal meliputi Opportunity dan Treatment (peluang dan ancaman). Lingkungan internal meliputi strength dan Weakness (Menentukan Kekuatan dan kelemahan). Identifikasi Lingkungan Perumusan Strategi Implementasi Strategi Pengembangan analisa SWOT yang antara lain Menetapkan visi dan misi. Menetapkan tujuan perusahaan yang antara lain; menghasilkan laba, melakukan efisiensi, pertumbuhan aktivitas perusahaan, kesejahteraan pemegang saham dll. Strategi meliputi; strategi perusahaan, strategi bisnis (usaha), strategi fungsi. Kebijakan adalah keputusan yang menghubungkan antara perumusan dengan implementasi. Sering disebut dengan tindakan manajemen strategis untuk mendorong manajer dan karyawan melaksanakan strategi-strategi yang telah dirumuskan. Beberapa implementasi strategi: Program adalah langkah-langkah atau tahapan yang dilaksanakan. Anggaran adalah detil biaya yang dikeluarkan dalam melaksanakan program. Procedure adalah standar operasional prosedur perusahaan yaitu tehnik dan langkah yang secara detil yang harus dilakukan dalam suatu program. 4. Model Dasar Manajemen Strategi

9 DKM Model Dasar Manajemen Evaluasi dan Pengawasan Yaitu akitivitas yang membandingkan antara kinerja yang dihasilkan dengan perencanaan yang diinginkan. Aktivitas ini bermanffat untuk pengambilan tindakan perbaikan dan tindakan penyelesaian masalah : Mengkaji ulang faktor-faktor internal dan eksternal yang menjadi landasan perumusan strategi. Mengukur kinerja Melakukan tindakan korektif.

10 10 1.CEO baru 2.Intervensi Pihak Luar 3.Perubahan Pemilik Modal 4.Gap Kinerja 5.Perubahan lingkungan. 5. Inisiasi Strategi Pemicu Perubahan Strategi

11 DKM Keputusan Strategi Keputusan Strategis Model Mintzberg’s 1.Model Kewirausahaan; keputusan diambil oleh satu orang yang memiliki otoritas penuh. 2.Model Adaptive; keputusan yang diambil atas dasar reaksi dari permasalahan sebelumnya/terdahulu. 3.Model Perencanaan; yaitu dengan mengumpulkan data permasalahan, melakukan analisa dan memilih alternatif penyelesaian. 4.Logical incrementalism yaitu gabungan antara adaptive model dan perencanaan model, yaitu melakukan reaksi atas masalah sebelumnya dan melakukan antisipasi terhadap permasalahan yang akan timbul di masa yang akan datang.

12 DKM Mengevaluasi Hasil Kinerja Saat Ini. 2.Melakukan Review/Penilaian Tata Kelola Perusahaan. 3.Mengidentifikasi Lingkungan External. 4.Mengidentifikasi lingkungan Internal 5.Analisa Faktor SWOT. 6.Mengumpulkan, megevaluasi dan memilih alternatif solusi terbaik. 7.Melakukan implementasi terhadap solusi tersebut. 8.Evaluasi implementasi strategy. Langkah-langkah yang ditempuh dalam menghasilkan strategi keputusan yang lebih baik 7. Proses Membuat Strategi Keputusan (agar menghasilkan keputusan yang lebih baik)

13 13 Terima kasih


Download ppt "1 PRESENTASI MANAJEMEN STRATEGIS. 2 CONTENT Model Dasar Manajemen Strategi Pendahuluan Keputusan Strategi Keuntungan Manajemen Strategi 1 2 4 5 6 Proses."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google