Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manusia sebagai Makhluk Budaya. Manusia sebagai makhluk Budaya 1.Bagian ini membahas tentang manusia sebagai makhluk budaya yang berkemampuan menciptakan:kebaikan,kebenaran,keadilan,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manusia sebagai Makhluk Budaya. Manusia sebagai makhluk Budaya 1.Bagian ini membahas tentang manusia sebagai makhluk budaya yang berkemampuan menciptakan:kebaikan,kebenaran,keadilan,"— Transcript presentasi:

1 Manusia sebagai Makhluk Budaya

2 Manusia sebagai makhluk Budaya 1.Bagian ini membahas tentang manusia sebagai makhluk budaya yang berkemampuan menciptakan:kebaikan,kebenaran,keadilan, dan bertanggung jawab sebagai makhluk berbudaya manusia mendaya gunakan akal budinya untuk menciptakan kebahagiaan,baik bagi dirinya maupun bagi masyrakat demi kesempurnaan hidupnya.

3 2. Tujuan pembelajaran yang diharapkan dari topik ini ialah agar mahasiswa mampu memahamikonsep konsep dasar tentang manusia sebagai makhluk budaya serta pemahaman konsep tersebut dijadikan dasar pengetahuan dalam mempertimbangkan dan menyikapi berbagai problema budaya yang berkembang dalam masyarakat.

4 D Memanusiawikan Manusia Manusia disampiing sebagai makhluk individu adalah juga sebagai makhluk sosial yang mengalami liku liku kehidupan dimana dalam memenuhi kebutuhan hidupnya selalu tergantung dengan manusia lain ‘.

5 Pokok Bahasan dalam hal ini : 1.Manusia dan Cinta kasih 2.Manusia dan keindahan 3.Manusia dan penderitaan 4.Manusia dan keadilan 5.Manusia dan pandangan hidup 6.Manusia dan tanggung jawab. 7.Manusia dan kegelisahan.

6 1.Manusia dan Cinta Kasih. : Setiap orang membutuhkan untuk mencintai dan dicintai. -Cinta adalah sikap sesuatu orentasi watak yang menentukan hubungan Pribadi dengan dunia keseluruhan,bukan menuju suatu obyek cinta -Kasih sayang terbentuk kalau kita saling memperhatikan. Kasih sayang adalah sebuah nama yang indah dan suci yang didambakan setiap insan.

7 -Kasih sayang membutuhkan keterbukaan,pengertian,pengorbanan,tanggung jawab,perhatian dsb. -kasih sayang dasar komunikasi dalam suatu keluarga.Komunikasi antara anak dengan orang tua.Pada perinsipnya anak terlahir dan terbentuk sebagai hasil curahan kasih sayang orang tuanya. Kasih sayang ini dapat mempengaruhi kehidupan sianak dalam masyarakat.

8 Cita kasih hub,Orang tua dengan Anak : 1.Orang tua bersifat aktif si anak bersifat pasif Orang tua memberikan cinta kasih terhadap anaknya berupa mora; material dengan sebanyak banyaknya dan sianak menerima tanpa memberikan respon.Hal ini akan dapat menjadi si anak tidak berani menyatakan pendapat,minder,kurang berani dalam masyarakat. Anak menjadi takut.

9 2.Orang tua bersifat fasif sianak bersifat aktif : Sianak berkelebihan memberikan cinta kasih kepada orang tua,kasih sayang ini diberilan secara sepihak orang tua mendiamkan saja tingkah laku si anak orang tua tidak memberikan perhataian apa yang diperbuat sianak. 3Orang tua bersifat fasif si Anak bersifat pasif.

10 Dalam hal ini kehidupan keluarga sangat dingin tidak ada kasih sayang masing masing membawa caranya sendiritidak ada tegur sapa bila tidak ada yang perlu.Orang tua hanya memenuhi dalam bidang materi saja. 4. Orang tua bersifat aktif si anak bersifat aktif. : Orang tua dan sianak salig memberikan kasih sayang yang sebanyak banyaknya sehingga hub. Antara orang tua dan si anak sangat mesra.

11 Menurut Frof Singgih Gunarsa : Perkembangan anak itu proses yang tida henti.Apa yang terjadi dalam masa remaja sebelunya dapat ditelusuri.pada masa pembentukan keperibadian anak pada usia 0 samapai 5 tahun. -Sukarnya sianak berkomunikasi dengan orang tua sering menimbulkan komplik karena adanya kesimpangsiuran pedapat dan nilai nilai yang berbeda.

12 Peran Orang Tua : 1Berperan dalam melahirkan dan memelihara kasih sayang dalam keluarga. 2. Kasih sayang dasar komunikasi,jembatan antara orang tua dan anak dalam mencapai cta cita bahagia.Hal ini akan terwujud bila orang tua aktif,pengertian perhatain,keterbukaan dan pengorbanan dan disambut dengan respon yang positif oleh anak.

13 Tolong menolong : 1.Manusia didalam hidupnya selalu menggantungkan diri dengan sesamanya. 2Karena ketergantungan satu dengan yang lain maka timbullah sikap tolong meenolong dan ini merupakan sikap keharusan bagi manusia. 3Yang mendasari sikap tolong menolong ini terletak pada keiklasan.

14 Pengorbanan : 1.Tolong menolong yang disertai rasa keiklasan akan menimbulkan suatu bentuk perbuatan yang baik. 2.Hal ini merupakan manifestasidari suatu cinta kasih yang dimiliki manusia. 3.Cinta kasih itu muncul dari lubuk hati manusia yang sifatnya kekal dan tidak pernah berubah.

15 4. Kasih sayang orang tua ada yang berdampak posoitif ada yang brdapaka negatifd : a.Positif : apa bila orang tua memberikan kasih sayang kepada anaknya tidak berlebihan dan hal tersebut sianak tidak menjadi manja. b. Negatif : apabila kasih sayang itu diberikan secara berlebihan yang menyebabkan anak itu menjadi manja dan somboing.

16 Perbedaan Cita kasih orang Tua : kekurangan usaha yang iklas orang tua dapat menghakibatkan beberapa hal yang kurang baik terhadap sianak. Umpamanya cinta kasih orang tua terhadap anak sendiri berbeda dengan cinta kasih orang tua terhadap anak orang lain /anak asuh/anak pungut dll.

17 Sistim memuji dan mencela : sifat memuji dan mencela dari orang tua terhadap sianak diarapkan akan dapat memupuk ciri yang baik menekan sifat yang tidak diinginkan. Seorang anak selalu mendambakan cintas kasih yang tulus dari kedua orang tuanya.sebab bila cinta kasih yang diberikan itu secara dibuat buat maka sianak akan mengetahui cinta kasih yang palsu tersebut.

18 2.Manusia dan keindahan Manusia pada umunya senang dengan sesuatu yang indah baik terhadap keindahan alam maupun keindahan seni. Keindahan alam adalah kearmonisan yang menakjubkan dari hukum alam sedangakan keindahan seni adalah keindahan karya manusia yaitu buatan seorang seniman yang mempunyai bakat untuk menciptakan.

19 Teori tentang keindahan seni muncul karena mereka berpendapat bahwa seni adalah pengetahuan perseptip perasaan yang khusus. Keindahan ini dapat digolongkan menjadi : a. Estetika : Manusia membutuhkan ke indahan dalam kesempurnaan pribadinya.Tanpa estetika ini manusia tidak lagi mempunyai perasaan dan semua kehidupan akan menjadi steril.

20 Bangsa timur lebih menitik beratkan indahnya seni dalam kehidupan Hasil karya seniman timur merupakan ekpresi tertinggi tentang kebutuhan spiritual, DALAM TULISAN Prof Moh. Yamin dalam bukunya 6000 tahun Sang Merah putih.Bangsa Indonesia telah memiliki kepandaian :a. Pandai bersawah berladang.bpandai berternak dan menyalurkan air c. Pandai berlayar dan melihat bintang.

21 d. Berkepercayaan sakti yang teratur.e.Berkesenian rupa pahat dan logam.f. Bersatuan Masyarakat dan tata negara. G berpengormatan sang merah putih. Dari penjelasan tersebut diatas maka bangsa Indonesia sejah zaman pra sejarah telah menempatkan betapa pentingnya arti keindahan seni dalam konsep hidupnya. Waruga merupakan kuburan batu yang terdapat

22 Di gunung kidul yang usianya sangat tua (lebih tua dari z. Prunggu ) terdaparlukisan bendera merah putih yang berkibar dibelakang seorang perwira yang menunggang kerbau. b. Perasaan Keindahan.Perasaan keindahan manusia itu tetap dari zaman ke zaman antara manusia yang satu dengan manusia yang lain di lain tempat. Namun kwalitasnya yang berbeda yang disebabkan oleh lingkungan dan kebudayaan yang berdbeda.

23 Karya seni yang berasal zaman atau daerah tertentu memiliki keindahan yang berbeda atau berlainan dengan karya seni dari zaman dan daerah lainnya. c. Keindahan Seni : Keindahan seni adalah keindahan yang diciptakan oleh manusia,Keindahan alam bukan keindahan seni karena alam bukan ciptaan manusia Sini merupakan pemaparan perasaan yang bernilai.Seni merupakan pengutaraan isi dari kesadaran jiwa

24 Atau kehidupan perasaan penciptanya dalam segala aspek.Isi kesadaran jiwa dan perasaan manusia itu meliputi perasaan Kosmis,perasaan sedih,perasaan indah perasaan haru dsb. Karya seni sebagai bentuk dan wadah ekpresi merupakan penyaluran perasaan.Walaupun ada suatu karya seni yang terukur yang dengan mudah di pahami.

25 *Karya seni adalah hasil paduan antara perasaan yang tajam dengan pengetahuan.sehingga aktivitas seni adalah aktivitas intuitiv,dengan demikian bentuk seni primitif lebih rendah dari pada seni klasik mutunya karena kecerdasan orang primitif lebih rendah.dari pada orang orang klasik.

26 d.Seni sebagai intuisi Intuisi adalah perpaduan antara perasaan dan ilmu pengetahuan.( Frof,Dr E de Bruyne ) Intuisi adalah hasil pekerjaan jiwa manusia sesudah manusia itu mateng dalam menerima ilmu pengetahuan maka yang akamn lahir adalah itru (Dr.Abu Anifah.) *Seni merupakan perkembangan perasaan yang telah matang yang akan lahir dengan sendirinya

27 Maka seni itu dapat dikatakan sebagai intuisi. Lahirnya suatu karya seni didahului oleh kehidupan perasaan yang bersifat batinniah yang telah maten yang disebut idie seni sehingga pengertian idie disini sama dengan pengertian Intuisi. Menurut vischer yang disebut karya seni itu adalah pembabaran dari pada sesuatu yang bersifat batinnyah dan memiliki nilai kehidupan.

28 E, Cita cita Seni Seni mengandung cita cita dan cita cita seni ini bersangkut paut dengan kemanusiaan yang ideal.Dalam bidang seni pandangan hidup mereka itu menempatkan manusia sebagai sentral dan memberi bentuk manusia pada dewa dewa sehingga dewa dewa berbentuk sebagai manusia yang luar biasa.disamping seni sebagai ideal maka seni kuga dipandang sebagai Antropologis.

29 Karya seni bangsa Indonesia dari zaman kezaman menunjukan hal yang serupa yaitu adanya pemujaan yang melukiskan nenek moyang walaupun yang satunya indah yang linnya tidak. Karena cita cita seni itu berbeda beda yang satu mengarah kepada kemanusiaan dan yang lainnya kearah ke Tuhanan.Proses penciptaan karya seni berawal dari melihat kemudian mengolah

30 Hasil penglihatan itu menjadi susunan yang teratut dan seterusnya menuangkan dalam wujud yang nyata dan selanjutnya dimasukkan suasana perasaan. Pada akhirnya seni itu adalah keindahan dan keindahan itu adalah kecintaan tetapi kecintaan juga memperdalam persepsi kita kepada keindahan,

31 3. Manusia dan penderitaan Dalam usahanya untuk hidup setiap manusia pasti pernah mengalami gangguan gangguan seperti perasaan takut,kegagalan,dan penderitaan. A Perasaan Takut : Manusia dalam segala hal telah dapat menguasai dunia namun sebagaian besar manusia juga dipermainkan oleh perasaan takut.

32 Apakah yang menyebabkan manusia memiliki perasaan takut ? : Rasa takut pada diri manusia ia datang dari khayalannya sendiri.Karena kuatnya daya hyal itu merasuk pada diri seseorang sehingga dapat menyebabkan ganguan jiwa yang disebut dengan nama phobia yakti rasa takut yang selalu dibesar besarkan yang sebenarnya tidak ada perlunya.

33 Apakah yang menyebakan orang menderita Phobia ? Phobia pada umumnya dimulai sdengan suatu shock emosional atau suatu tekanan pada waktu tertentu misalnya kematian kelurga,sakit yang serius dll. Bagaimana cara melenyapkan rasa takut ? : Dengan akal sehat kita bisa menentangnya walaupun tidak mudah melakukan itu namun dengan latihan latihan kita akan dapat melawan rasa takut itu,sedikit demi sedikit,

34 Bila ada yang mencoba untuk menggangu kita berdaya untuk mengatasinya.Jangan biarkan diri terpengaruh oleh ganguan itu. Justru biarkan diri menjadi tuan untuk mereka hingga kita bisa berkuasa untuk menerima atau menolak menurut kehendak kita. Yakinkanlah diri tidak ada orang lain yang akan sanggup membuat kita takut.

35 Memang mereka bisa berbuat untuk membangkitkan rasa takut kita,akan tetapi itu tidak berarti apa apa bila kita telah siap menghadapinya bahkan kita bisa mengendalinkannya. B Kegagalan : Beberapa pandangan : 1.Kegagalan adalah suatu yang biasa dan hal itu dianggap sebagai pengalaman.

36 2.Kegagalan itu merupakan pengalaman yang paling pahit dalan hidup. Kegagalan menimbulkan frustrasi yang memandang dirinya hidup didunia tiada berfungsi lagi. Menurut Prof Dr Zakiah Drajat Frustrasi merupakan suatu proses yang menyebabkan orang merasa ada hambatan terhadap terpenuhinya kebutuhannya atau menyangka bahwa akan terjadi sesuatu hal yang menghalingi keinginannya

37 Frustrasi dapat terjadi : 1.Karena kegagalan dalam bercinta 2.Kegagalasn dalam menempuh studi. 3. Broken home (sibuknya orang tua,atau orang tua bercerai ). 4.Pada pemimpin dan cendikiawan jika pada suatu saat dia tidak bisa mempertahankan karier dan prestasi di masyarakat.

38 Gejala gejala Frustrasi : 1.Selalu merasa tidak puas, kesal dan bingung. 2.Depresi awal dari frustrasi : Pada awal depresi itu dimulai dari kecewa,kesalatau sedih, yang kemudian dilanjutkan dengan perasaan gelisah,cemas,tegang dan dilanjutkan dengan apatis. Yang dilanjutkan dengan kecemasan,merasa bersalah atau berdosa dalam dirinya.

39 Akibat Frustrasi : 1.Menjadi menderita,dan menghakibatkan fatal dalam hidupnya. 2.Perceraian dan kesibukan orang tua menghakibatkan anak tidak betah tinggal dirumah. dan lebih suka kluyuran 3.Orang akan kehilangan arti hidup. 4.Bertekad mengahiri hidupnya.

40 C. Penderitaan : sering kta dengar munculnya penderitaan : 1.Disebabkan karena bencana alam. 2. Penderitaan karena musibah /kecelakaan. 3.Berkecambuknya perang.penindasan perbudakan. 4.Kemiskinan.

41 Gerakan untuk pembebasan penderitaan : 1.Keadiran Agama agama besar di bumi memiliki tujuan pembebasan penderitaan sesama kaum atau umat. 2.Munculnya gerakan palang merah internasinal 3. Munculnya Panti panti asuhan 4.Munculnya rumah jompo.

42 Koreksi diri : Kita wajib melepaskan diri kita sendri dari penderitaan akan tetapi dipundak kita juga terpikul tanggung jawab moral untuk membebaskan orang lain dari penderitaan hidup.memang hal ini suatu perjuangan luhur yang tiada hentinya. Hanya memandang dan berpikir diri sendiri dengan mengabaikan sesama manusia lainnya merupakan pandangan yang keliru.

43 D. Manusia dan keadilan : -Keadilan selalu didambakan oleh manusia dari masa kanak kanak sapai mati. -Hidup baru dikatakan sempurna bilamana hak hak yang dimiliki oleh manusia harus mendapat perhatian penuh trutama dari penguasa maupun masyarakat manusia. Hak yang ada pada manusia harus dikembalikan kepadanya.

44 Keadilan memang masalah bagi ehidupan manusia maka dari itu tak luput dari persoalan masyarakat secara menyeluruh.Sehingga muncul konsep keadilan sosial masalah eadilan sosial sebenarnya tidak lain kumpulan maslah masalah ketimpangan hidup yang dirasakan dan dialami oleh setiap manusia sebagai unsur masyarakat.Masalah utama dari keadilan sosiam al :

45 Distribusi pendapatan dan distribusi kekayaan produk,kebijaksanaan fiskal,dan upah memadai serta penciptaan kesempatan kerja ‘ Masalah keadilan sosial lainnya adalah : 1.Perlindungan yang sama dibawah hukum,termasuk kesempatan yang sama untuk menggunakan proses peradilan. 2.Kesempatan yang sama akan pendidikan dan pekerjaan.

46 3. Hak yang sama dalam perbuatan keputusan E. Manusia dan Pandangan hidup. : Pandangan Hidup dapat di klasifikasi menjadi tiga bagian menurut asalnya : a.Pandangan hidup dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya b.Pandangan hidup yang berupa Idiologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat daalam negara tersebut.

47 . c.Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya. Langkah langkah berpandangan hidup ang baik : Manusia pasti memiliki pandangan hidup walaupun bagaimana bentunya. Ada yang memperlakukan pandangan hidup itu sebagai sarana untuk mencapai tujuan dan ada pula sebagai penimbul kesejahtraan ketentaman dsb.

48 E.Manusia dan Pandangan Hidup : Pandanga hidup dapat diklasifikasi menjadi tiga macam.: 1.Pandangan hidup yang berasal dari agama. 2.Pandangan idup yang berupa idiologi. 3. Pandangan hidup hasil renungan. 1.Langkah langkah berpandangan hidup yang baik 1.Mengenal : ini merupakan suatu kodrat bagi manusia yaitu tahap pertama dari setiap aktivitas yang dalam hal ini menenal arti Pandangan hidup.

49 2.Mengerti : Untuk berpandangan hidup yang baik adalah mengerti terhadap pandangan hidup itu sendiri Bila dalam negara kita pandangan hidup itu adalah Pncasila. 3Menghayati :Menghayati nilai nilai yang terkandung didalamnya yaitu dengan memperluas dan memperdalam mengnai pandangan hidup itu sediri.

50 4. Meyakini : merupakan suatu hal untuk cendrung memperoleh suatu kepastian sehingga dapat mencapai tujuan hidupnya. 5. Mengabdi : Perwujudan manfaat pengabdi itu dapat dirasakan oleh pribadi kita sendiri. Dan manfaat itu sendiri dapat terwujud baik didunia maupun di akhirat nanti.

51 6. Mengamankan : Mungkinsudah merupakan sifat manusia bahwa bila sudah mengabdikan diri pada suatu pandangan hidup lalu ada orang lain yang mengganggu atau menyalahkannya tentu ia tidak menerima bahkan cendrung mengadakan perlawanan.

52 2.Cita cita dan pandangan Hidup : Dalam mengadakan intraksi sosial manusia pasti dihadapkan pada berbagai masalah,Hambatan Tantangan,dan ganguan dalam mencapai cita cita hidupnya atau tujuan hidupnya. Sebagaimakhluk yang mempunyai cita cita terutama cita cita yang akan memimpin kepada kebaikan dan keselamatan baik pribadi maupun orang lain dan lebih lebih keselamatan di akhirat kelak maka perlulah pandangan hidup yang teguh yang tak tergoyahkan dengan keadaan.

53 F. Manusia dan Tanggung Jawab : Tanggung jawab adaklah sesuatu yang menjadi kewajiban untuk dilaksanakan dibalas dsb. Dengan demikian kalau terjadfi sesuatu manusia yang dibebani tanggung jawab wajib menanggung segala sesuatunya, Olah karena itu manusia yang bertanggung jawab adalah manusia yang dapat menyatakan diri sendiri bahwa tindakannya itu baik menurut arti norma umum.

54 Manusia adalah makhluk Tuhan individu dan masyarakat maka tanggung jawab dapat dibedakan. 1.Tanggung jawab terhadap diri sendiri :manusia diciptakan oleh Tuhan dan agar manusia dalam hidupnya memilki harga sebagai pengisi hidupnya maka manusia tersebut di bebani tanggung jawab, apabila tidak ada tangung jawab maka tindakannya tidak terkontrol lagi.

55 2Tanggung jawab terhadap Keluarga : Manusia secara naluri juga mengembangkan keturunan agar sejarah hidupnya tidak terputus.Untuk melangsungkan keturunan tersebut manusia dibebani tannggung jawab agar anggota keluarganya tidak menderita atau hidup sesuai dengan keberadaannya atau mengantarkan keturunannya ke tingkat yang lebih tinggi.

56 3 Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat :Pada akekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain,sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk sosial.Manusia sebagai anggota masyarakat tentu memiliki tannggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsunkan hidupnya dalam masyarakt tersebut.

57 4, tanggung Jawab Terhadap Tuhan Yang maha esa. : Manusia sebagai makhluk Tuhan maka manusia mempunyai tanggung jawab terh adap Tuhan sehingga tidalkan manusia tidak bisa lepas dari hukum Tuhan. Dalam pengabdian manusia didunia dapat dibedakan menjadi : A, Mengabdi kepada Tuhan

58 2,Pengabdian kepada masyarakat karena manusia tubuh dalam masyarakat maka merek harus bertanggung jawab untuk melakukan pengabdiannya dan juga pengorbannanya. 3. Pengabdian kepada raja :Yaitu suatu penyerahan diri kepada raja karena raja itu dipandang sebagai yang melindunginya.

59 4. Pengabdiqan kepada Negara : Timbul karena seseorang merasa bertanggung jawab terhadap kelestaraian negara dan persatuan dan kesatuan bangsa. 5. Pe3ngabdian kepada arta : Ini terjadi karena seseorang memandang arta itu yang menghidupkan. Sehingga perbuatannya semata mata demi arta sehinga ia diperbudak oleh arta.

60 g. Manusia dan Kegelisahan : Dalam hidup ini setiap orang mempunyai harapan harapan.dan setiap manusia mempunyai hak untuk itu.Untuk mencapai harapan itu manusia berusaha yang mungkin usahanya itu dengan mengorbankan apa saja.Manusia berusaha dengan sekuat tenaga dan setelah berusaha orang orang itu dengan gelisah menunggu bagaimana hasil usha mereka.berasil/tidak.

61 E. Proses Pembudayaan. Kebudayaan mengalami perubahan dan perkembangan sejalan dengan perkembangan manusia itu. Perkembangan dimaksud untuk kepentingan manusia itu sendiri karena kebudayaan diciptakan oleh dan untuk manusia. Kebudayaan yang dimiliki oleh komplek sosial tidak akan terindar dari pengaruh kebudayaan kelompok klompok lain dengan adanya kontak antar klompok.

62 Menurut Koencaraningrat dalam bukunya Pengantar Antropologi kontak kebudayaan itu dapat terjadi kerena : 1.Sosialisasi Kebudayaan : adalah seluruh proses bila seorang individu itu dari masa kanak kanak samapi dewasa berkembang berhubungan mengenai dan menyesuaikan diri dengan individu yang hidup disekitarnya.

63 2. Proses enkuturisasi : Si individu selanhkah demi selangkah melalui individu individu sekitarnya mempelajari dan menyesuaikan diri dengan adat istiadat norma norma dan aturan aturan pendirian pendirian dan anggapan anggapan yang hidup dalam linglkukan sosial dan kebudayaannya. 3. Proses evolusi : Masyarakat dan kebudayaan dipandang seolah olah dari jauh dengan

64 Mengambil jangka waktu yang panjang misalnya beberapa ribu tahun maka akan tampak porubahan perubahan besar yang seolah olah bersifat menentukan arah dari sejarah perkembangan masyarakat dan kebudayaan yang bersangkutan. 4. Difusi : Adalah proses persebaran kebudayaan darisatu individu ke individu yang lain dan dari satu masyarakat ke masyarakat yang lain

65 5. Proses Asimilasi : Proses Asimilasi kebudayaan dalam masyarakat timbul apabial :a, Kelompok kelopok manusia yang berasal dari likungan lingkungan kebudayaan yang berbeda b. Individu individu dari klompok yang lain sering bergaul langsung secara intensip untuk waktu yang cukup lama.

66 c. Klompok kebudayaan dari klompok klompok tadi masing masing berubah saling menyesuaikan diri menjadi satu. 6. Akuturasi : adalah suatu proses yang timbul aspabila suatu klompok manusia dengan suatu kebudayaan yang tertentu didapkan dengan unsur unsur dari suatu kebudayaan asing yang berbeda sedemikian rupa sehingga Unsur unsur kebudayaan asing itu dengan lambat laun diterima dan diolah dalam kebudayaan sendiri tanpa menyebabkan hilangnya kebudayaan itu sendiri.

67 Perkembangan zaman mendorong terjadinya perubahan perubahan disegala bidang termasu dalam hal kebudayaan.mau tidak mau kebudayaan yang dianut suatu klompok sosial akan bergeser.cepat atau lambat pergeseran itu menimbulkan komplik antara klompok klompok yang menghendaki perubahan.

68

69 E. Perubahan Kebudayaan dari lokal Menuju Global. Lima faktor penyebab Perubahan Kebudayaan : 1.Perubahan lingkungan alam 2.Perubahan disebabkan dengan adanya kontak dengan klompok lain. 3.Perubahan dengan adanya penemuan. 4.Karena suatu masyarakat /bansa mengadopsi beberapa elemen kebudayaan material yang telah dikebangkan oleh bangsa lain di tempat itu

70 5. Prubahan yang terjadi karena suatu bangsa memodifikasi cara hidupnya dengan mengadopsi suatu pengetahuan atau kepercayaan baru atau perubahan karena dalam pandangan hidup dan konsepsinya tentang realitis. Namun perubahan kebudayaan tenu saja perubahan yang memberi nilai manusia dan kemanusiaan bukan sebaliknya memusnahkan manusia sebagai pemcipta kebudayaan tersebut.

71 Ambatan perubahan kebudayaan Lokal menuju Global : 1, Hambatan budaya yang berkaitan dengan pandangan hidup dan sistim kepercayaan yang berkaitan seperti orang Jawa terhadap tanagh yang mereka tempati secara turun temurun diyakini sebagai pemberi berkah kehidupan. Mereka enggan meninggalkan kampung halamannya atau beralih pola hidup pada hal hiduip mereka sangat miskin.

72 2. Hambatan budaya berkaitan dengan faktor Fsuikologi/kejiwaan. Umpama Usaha untuk mentranmgrasikan penduduk yang kena bencana alam banyak mengalai kesulitan. 4.Masyarakat terasing dan kurang komunikasi dengan masyarakat luar 5. Sikap Tradisionalisme yang berprasangka buruk terhadap hal hal baru /

73 6. Sikap etnosentrisme yaitu Sikap yang mengagungkan budaya suku bangsanya sendiri dan memandang rendah budaya suku bangsa lain. 7. Perkembangan IPTEK : sebagai hasil dai kebudayaan yang sering kali dsalah gunakan oleh manusia seperti Bom Nuklir dibuat justru menghancurkan manusia bukan untuk melestarian.


Download ppt "Manusia sebagai Makhluk Budaya. Manusia sebagai makhluk Budaya 1.Bagian ini membahas tentang manusia sebagai makhluk budaya yang berkemampuan menciptakan:kebaikan,kebenaran,keadilan,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google