Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RIZKI DWI PANGASTUTI, 3352402031 FAKTOR DAYA TARIK PENERBANGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH TRANSPORTASI UDARA RUTE SEMARANG-JAKARTA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RIZKI DWI PANGASTUTI, 3352402031 FAKTOR DAYA TARIK PENERBANGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH TRANSPORTASI UDARA RUTE SEMARANG-JAKARTA."— Transcript presentasi:

1 RIZKI DWI PANGASTUTI, FAKTOR DAYA TARIK PENERBANGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH TRANSPORTASI UDARA RUTE SEMARANG-JAKARTA

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : RIZKI DWI PANGASTUTI - NIM : PRODI : Manajemen (Manajemen Pemasaran) - JURUSAN : Manajemen - FAKULTAS : Ekonomi - suppi_chan pada domain usa.com - PEMBIMBING 1 : Dra. Murwatiningsih, MM. - PEMBIMBING 2 : Drs. Syamsu Hadi, M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul FAKTOR DAYA TARIK PENERBANGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH TRANSPORTASI UDARA RUTE SEMARANG- JAKARTA

4 Abstrak Transportasi udara merupakan salah satu alat transportasi yang mampu mengantar sampai ke daerah tujuan dengan lebih cepat dibanding alat transportasi lainnya, hal ini menjadi salah salah satu hal yang dipertimbangkan sebagai alat transportasi yang diminati. Banyaknya maskapai penerbangan yang beroperasi untuk memenuhi permintaan masyarakat menyebabkan konsumen lebih selektif dalam memilih sebuah maskapai penerbangan. Dalam setiap pembelian konsumen akan dihadapi pada situasi mempertimbangkan, hal ini membentuk sebuah proses keputusan pembelian. Pertimbangan konsumen ini menjadikan perusahaan penerbangan berupaya menonjolkan daya tariknya tersendiri agar berbeda dari perusahaan penerbangan lain dan transportasi lain yang mampu menarik perhatian konsumen. Permasalahan dalam penelitian ini, Seberapa besar faktor daya tarik mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih maskapai penerbangan rute Semarang-Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar faktor daya tarik mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih maskapai penerbangan rute Semarang-Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada penumpang penerbangan di Bandara Ahmad Yani Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah penumpang yang menggunakan maskapai penerbangan rute Semarang-Jakarta dan telah melakukan perjalanan yang sama sebelumnya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh daya tarik sebesar 58,9% dan berada pada skala berpengaruh, sehingga hipotesis yang menyatakan faktor daya tarik product, price, people, process, dan physical evidence diduga mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam memilih maskapai penerbangan rute Semarang-Jakarta di Bandara Ahmad Yani Semarang, diterima. Saran yang diberikan dalam penelitian ini diantaranya: peningkatan promosi harga diskon dan penawaran re-fund pada waktu-waktu tertentu, perbaikan kualitas pelayanan dan waktu produksi, dimana pengurangan waktu keterlambatan penerbangan (delayed) dengan peningkatan pemeliharaan fisik pesawat, atau mengganti pesawat lama dengan pesawat baru yang dapat meringkan biaya perawatan dan pengurangan waktu delayed.

5 Kata Kunci Daya Tarik, Keputusan Pembelian Konsumen

6 Referensi Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian. Jakarta: Rienika Cipta Bloom, Paul N, dan Louise Boone Strategi Pemasaran Produk. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher Cannon, William, dan McCarthy Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global. Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global. Jilid 2. Jakarta: Salemba Empat Ferrinadewi, Erna dan Didit Darmawan Perilaku Konsumen Analisis Model Keputusan. Yogyakarta: Universitas Atmajaya Fitzsimmons, James A. dan Mona J. F Service Management Sixth Edition. New York: McGraw-Hill Fourie, Colette dan Berendien Lubbe. Determinants of Selection of Full-Service Airlines and Low-Cost Carriers A Note on Business Travellers in South Africa. University of Pretoria, South Africa Gilbert dan Wong Passenger Expectations and Airline Services: a Hongkong Based Study. Journal of Tourism Management, 24, Jasfar, Farida Kepuasan Pelanggan dan Price Acceptance: Studi pada Penumpang Penerbangan Nasional. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3, Hall, Abubakar, dan Oppenheim. Factor Influencing the Airline Choice Generation X. Victoria University, Australia Hawkins, Motherbough, Ben Consumer Behaviour. New York: McGraw-Hill Jamaludin Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Kereta Api Eksekutif Argo Muria. Skripsi: Unnes Kompas online. Jumat, 31 Oktober 2003 Kotler, Philip Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga Manajemen Pemasaran edisi Millenium. Jakarta: Prenhallindo Lovelock, Christopher, Lauren Wright Principles of Service Marketing. New York: McGraw-Hill Lupioyadi, Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat Mangkunegara, Dr. A.A. Anwar Prabu Perilaku Konsumen Edisi Revisi. Bandung: Refika Molan, Prof. Benyamin Glosarium Prentice Hall untuk Manajemen dan Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo Nasution, Prof. Dr. S Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara Suara Merdeka, Selasa 11 Mei 2004 Tjiptono, Fandy Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset Service Management. Yogyakarta: Andi Offset Tjokrowasito, Mahardiharto. Kebijakan Persaingan pada Industri Jasa Penerbangan dilihat dari Perspektif Perlindungan Konsumen. Umar, Husein Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Wensveen, J. G., Alexander T. Wells Air Transportation 6th edition. Ashgate Publishing ltd:UK Yazid Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Ekonisia penerbangan/

7 Terima Kasih


Download ppt "RIZKI DWI PANGASTUTI, 3352402031 FAKTOR DAYA TARIK PENERBANGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH TRANSPORTASI UDARA RUTE SEMARANG-JAKARTA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google