Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Content Managament System Nyimas Artina Arfansyah, S.Kom, M.Si.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Content Managament System Nyimas Artina Arfansyah, S.Kom, M.Si."— Transcript presentasi:

1 Content Managament System Nyimas Artina Arfansyah, S.Kom, M.Si

2 Content Management System Content Management System (CMS), adalah sebuah aplikasi berbasis web (webbased application) yang memungkinkan setiap orang membuat dan mengembangkan sebuah situs dinamis, tanpa perlu memahami bahasa pemrograman. Atau, secara sederhana, CMS adalah aplikasi membuat web dinamis secara mudah.

3 Content Management System Pada umumnya sebuah CMS memiliki dua bagian kategori, yaitu : 1.Public Frontend, adalah kelompok yang dapat melakukan akses/login pada halaman depan namun tidak mendapatkan akses untuk melakukan akses pada halaman administrasi backend. 2.Public Backend, adalah kelompok yang dapat melakukan akses/login, baik pada halaman frontend maupun halaman backend, dengan kata lain kelompok public backend ini adalah kelompok dari anggota pengelola website.

4 Manfaat CMS Selain dari beberapa hal yang telah disebutkan di atas, CMS juga dapat memberikan sejumlah manfaat kepada penggunanya yang dapat dijabarkan sebagai berikut: a.Website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas b.Portal c.Galeri foto d.Aplikasi e-commerce e.Mengelola website pribadi/blog, dan lain-lain. f.Manajemen data g.Mengatur siklus hidup website h.Mendukung web templating dan standarisasi i.Personalisasi website

5 Pemanfaatan CMS CMS pada prinsipnya dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan dan dalam berbagai kondisi, seperti untuk: a.Mengelola website pribadi. b.Mengelola website perusahaan/bisnis. c.Portal atau website komunitas. d.Galeri foto, dan lain sebagainya. e.Forum. f.Aplikasi E-Commerce. g.Dan lain-lain.

6 Pemanfaatan CMS CMS pada prinsipnya dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan dan dalam berbagai kondisi, seperti untuk: a.Mengelola website pribadi. b.Mengelola website perusahaan/bisnis. c.Portal atau website komunitas. d.Galeri foto, dan lain sebagainya. e.Forum. f.Aplikasi E-Commerce. g.Dan lain-lain.

7 Pemanfaatan CMS CMS pada prinsipnya dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan dan dalam berbagai kondisi, seperti untuk: a.Mengelola website pribadi. b.Mengelola website perusahaan/bisnis. c.Portal atau website komunitas. d.Galeri foto, dan lain sebagainya. e.Forum. f.Aplikasi E-Commerce. g.Dan lain-lain.

8 Aspek-aspek CMS Keberadaan aplikasi gratisan di Internet dan juga komunitas open source yang semakin meningkat ikut memberikan andil yang signifikan untuk menjadikan teknologi CMS menjadi murah dari segi harga akan tetapi dengan fitur-fitur yang semakin lengkap dan canggih. Aspek-aspek yang harus diperhatikan ketika melibatkan content management system ke dalam web adalah sebagai berikut: 1.Content authoring & creation. Isi harus direncanakan dan dibuat dengan menentukan jenis isi (apakah berita, review, tips, dll sbg.). Ketika berjalan, user harus dapat membuat dan.atau mengedit isi (meliputi teks, gambar, link, dll sbg). Template sebagai suatu hal yang memudahkan layout juga harus diperhatikan di sini. 2.Workflow. Isi harus dapat diatur, misalnya kapan dan berapa lama tayang, termasuk bagaimana skenario persetujuan (approval) dari admin. Setelah tayang pun harus diperhatikan apakah isi dapat diupdate (versioning). Kemudian setelah waktu tayang habis apakah isi akan dibuang atau masuk ke arsip (content history).

9 3.Repository. Tidak kalah penting ialah di mana isi akan disimpan, mulai dari saat pembuatan, tayang, sampai masuk arsip. Ini tentunya melibatkan database, baik yang “serius” seperti DBMS atau sekedar file teks biasa. Perhatikan juga masalah keamanan data. Ini menyangkut masalah keamanan isi. 4.Publishing. Sebuah CMS tak pelak lagi harus dapat menampilkan isi melalui media yang telah direncanakan. Bisa berupa output melalui web (HTTP), (misalnya ada promosi), melalui SMS, atau WAP, dan ditampilkan sesuai dengan template yang disediakan.

10 5.Messaging. Setiap isi yang masuk harus diketahui admin agar selanjutnya admin dapat menentukan apakah isi yang baru masuk ini akan disetujui untuk tayang atau tidak. Admin juga harus diberitahu bila ada masalah di situs web. Messaging ini dapat melalui atau SMS. Messaging juga ditujukan kepada user lain tau pelanggan dengan cara menyebarkan diggest ke mailing list. 6.Customer relationship. Web harus dapat mencatat pengunjung; kapan berkunjung, berapa lama, dan kategori apa saja yang dibaca. Pengunjung juga sebaiknya dapat melakukan kostumisasi isi. Contohnya Yahoo!Mail yang mengijinkan user merubah themes sesuai yang diinginkan.

11 Wordpress Wordpress adalah salah satu jenis CMS yang paling populer di samping Blogspot atau Blogger.com, Multiply dan Joomla. Wordpress merupakan aplikasi open source yang dikembangkan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Kelebihan Wordpress dibanding dengan CMS lainnya: - Mudah di-install. - Gratis. - Tersedia banyak desain gratis. - Support dan dokumentasinya lengkap. Sedangkan kekurangan Wordpress adalah - Harus diisi secara online.

12 Backweb/Cpanel Cpanel adalah serangkaian menu pada hosting yang digunakan untuk mengatur segala aktivitas utama pembuatan website. hosting Fungsi Cpanel antara lain untuk meng- upload file-file website Anda, mengaturnya (edit, delete, dll), mengatur accounts, cek pengunjung website, mengatur domain- domain yang terhubung dengan hosting Anda, cek error, dan lain sebagainya. Pada intinya, Cpanel ini adalah suatu halaman website “pribadi” yang digunakan untuk mengatur segalanya, berkenaan dengan website Anda yang sesungguhnya.

13 Cpanel bersifat pribadi, yaitu hanya Anda yang mengetahui Cpanel Anda sendiri. Apabila Anda bekerja sebagai tim dalam pembuatan website, berarti yang tahu adalah orang-orang dalam tim tersebut. Namun apabila Anda bekerja sendiri seperti saya, jangan sekali-sekali memberikan password Cpanel Anda kepada orang lain. Backweb/Cpanel

14


Download ppt "Content Managament System Nyimas Artina Arfansyah, S.Kom, M.Si."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google