Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS).  Arti CMS menurut Pakar :  CMS adalah sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para pengguna dalam mengelola.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS).  Arti CMS menurut Pakar :  CMS adalah sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para pengguna dalam mengelola."— Transcript presentasi:

1 CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS)

2  Arti CMS menurut Pakar :  CMS adalah sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para pengguna dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis. Dengan demikian setiap orang, penulis, maupun editor, setiap saat dapat menggunakannya secara leluasa untuk membuat, menghapus atau bahkan memperbaharui isi website tanpa campur tangan langsung dari pihak webmaster.  CMS dapat diartikan sebuah sistem yang digunakan untuk mengelola isi sebuah web secara dinamis.  CMS dapat diartikan sebuah teknologi baru yang masih asing bagi sebagian orang yang dapat membawa kesuksesan untuk setiap web.

3  Arti CMS secara umum :  CMS adalah suatu sistem yang dibuat dengan menggunakan teknologi, dalam hal ini skrip berbasis server, database server dan webserver oleh seorang yang mempunyai kemampuan memprogram web yang sangat baik agar pengelolaan website itu dapat dilakukan oleh siapa saja sehingga content web dapat selalu dinamis.

4  Manajemen data  Mengatur siklus hidup website  Mendukung web templating dan standarisasi  Personalisasi website  Sindikasi  Akuntabilitas dan efisiensi.

5  Fungsi pembuatan isian (content creation).  Fungsi manajemen isian (content management).  Fungsi menerbitkan isian untuk ditampilkan (publishing)  Fungsi penampil isian (presentation)

6  Design Design merupakan sekumpulan ornamen dengan segala pernak-perniknya yang mewadahi content, agar lebih teratur dan mampu mencuri perhatian pengguna  Content Content merupakan segala sesuatu yang ingin diinformasikan kepada khalayak, baik yang bersifat public ataupun private.  Manajemen User Manajemen User dalam CMS adalah merupakan pengaturan user yang secara langsung terlibat dalam sistem CMS. ◦ Administrator adalah setiap pengguna yang memanfaatkan CMS untuk mengelola berbagai sumber daya sistem. ◦ Visitor adalah orang yang menggunakan sistem untuk menarik manfaat langsung dari berbagai konten yang disediakan dalam halaman web.  Networking Upaya atau metode yang paling optimal dalam mendistribusikan beban kerja pada berbagai perangkat dalam CMS  The Building Blocks Tinjauan lebih detail mengenai komponen apa saja yang digunakan dalam membangun CMS dan bagaimana komponen tersebut saling berinteraksi.

7  Template dan Komponen Template adalah sebuah wadah yang memungkinkan user dalam pengaturan tampilan dan tataletak untuk berbagai komponen desain. Komponen dalam CMS bisa berupa navigasi, tester/headline, hyperlink, komponen data dll.  Kontruksi content Tinjauan lebih detail mengenai jenis-jenis content yang akan digunakan dalam CMS  Manajemen File Upaya pengelolaan file-file dalam CMS baik berupa file gambar, audio, video, animasi, dokumen, manual, laporan dll  Form Builder Suatu fasilitas interaktif antara visitor dengan sistem, misalnya mengirim kepada pengelola, melakukan updating terhadap database, pencarian dan penelusuran content  Keamanan dan Workflow Mekanisme menjaga keaman data dengan adanya kejelasan akses user terhadap content serta adanya suatu alur kerja dengan wewenang yang jelas.

8  Version Tracking dan Rollback Upaya penelusuran sistem dengan adanya mekanisme revisi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam proses pengembangan, sehingga proses restore terhadap sistem menjadi jauh lebih mudah  Extendibility Suatu fasilitas untuk penambahan modul yang mudah untuk dibongkar pasang.  Merangkai Puzzle Upaya pengembangan dalam proses merepresentasikan content secara untuh dengan format selain HTML  Publikasi Content Upaya untuk menyajikan konten kepada visitor dalam bentuk generate physical file atau on-the-fly.  Multibahasa Adanya fasilitas yang mampu mengakomodasi kebutuhan untuk multi bahasa.  Personalization Adanya fasilitas personal sehingga setiap user bisa mendapatkan atau menyajikan konten sesuai dengan profil masing-masing.

9  CMS Komersil  CMS Open Source

10

11  Hasanuddin, Diktat Rekayasa Web, S-1 Teknik Informatika UAD.


Download ppt "CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS).  Arti CMS menurut Pakar :  CMS adalah sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para pengguna dalam mengelola."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google