Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TOPIK 5 KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA. PENDAHULUAN Dunia sedang menyusut dan kapasitas untuk memahami keanekaragaman budaya sangat diperlukan. Semua budaya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TOPIK 5 KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA. PENDAHULUAN Dunia sedang menyusut dan kapasitas untuk memahami keanekaragaman budaya sangat diperlukan. Semua budaya."— Transcript presentasi:

1 TOPIK 5 KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA

2 PENDAHULUAN Dunia sedang menyusut dan kapasitas untuk memahami keanekaragaman budaya sangat diperlukan. Semua budaya berfungsi dan penting bagi pengalaman anggota-anggota budaya tersebut meskipun nilai-nilainya berbeda. Situasi-situasi komunikasi antar budaya tidak statik dan stereotip.

3 PENDAHULUAN Memahami asumsi-asumsi dan pola-pola budaya mendasar yang berlaku. Mampu mengidentifikasi dan memahami nilai- nilai budaya lain. Memudahkan perpindahan seseorang dari pandangan yang monokultural terhadap interaksi manusia ke pandangan multikultural.

4 TUJUAN Bias budaya. Membantu memahami model-model, konsep-konsep dan aplikasi-aplikasi bidang komunikasi antar budaya. Membantu menyadari bahwa sistem-sistem nilai yang berbeda dapat dipelajari secara sistematis, dibandingkan, dan dipahami.

5 DEFINSI Intercultural communication.... seeks to understand how people from different countries and cultures behave, communicate and perceive the world around them. The findings of intercultural communication research are then applied to 'real life' situations such as how to create cultural synergy between people from different cultures within a business or how psychologists understand their patients.

6 DEFINISI “ (I)ntercultural communication entails the investigation of culture and the difficulties of communicating across cultural boundaries. (…) Intercultural communication occurs whenever a message produced in one culture must be processed in another culture” (Samovar & Porter, 1982:6).

7 KAB membantu kita untuk meningkatkan kesadaran diri, memberi apresiasi dan toleransi untuk perbedaan di antara orang- orang dan semakin efektif dalam berkomunikasi di dalam lingkungan multikultural.

8 MEMAHAMI BUDAYA Persepsi, yaitu sifat dasar persepsi dan pengalaman persepsi, peranan lingkungan sosial dan fisik terhadap pembentukan persepsi. Kognisi, yang terdiri dari unsur-unsur khusus kebudayaan, proses berpikir, bahasa dan cara berpikir. Sosialisasi, berhubungan dengan masalah sosialisasi universal dan relativitas, tujuan- tujuan institusionalisasi.

9 MEMAHAMI BUDAYA Kepribadian, misalnya tipe-tipe budaya pribadi yang mempengaruhi etos, dan tipologi karakter atau watak bangsa.

10 PERBEDAAN BUDAYA Manusia dipengaruhi oleh adat dan pengetahuan masyarakat dimana mereka tinggal dan dibesarkan, terlepas dari bagaimana validitas objektif masukan dan penanaman budaya ini pada dirinya. Manusia cenderung mengabaikan atau menolak apa yang bertentangan dengan “kebenaran” kultural atau bertentangan dengan kepercayaan-kepercayaannya.

11 IDENTIFIKASI IDENTITAS BUDAYA Komunikasi dan Bahasa Pakaian dan Penampilan Makanan dan Kebiasaan Makan Waktu dan Kesadaran akan waktu Penghargaan dan Pengakuan Nilai dan Norma Proses mental dan belajar Kepercayaan dan sikap

12 MAKNA PERSPEKTIF TEORITIS Teori-teori Komunikasi Lintas Budaya merupakan teori-teori yang secara khusus menggeneralisasi konsep komunikasi diantara komunikator dengan komunikan yang berbeda kebudayaan, dan yang membahas pengaruh kebudayaan terhadap kegiatan komunikasi.

13 MAKNA PERSPEKTIF TEORITIS Ada tiga sumber yang bisa digunakan untuk menggeneralisasi teori komunikasi antar budaya, yakni: Teori-teori komunikasi antar budaya yang dibangun akibat perluasan teori komunikasi yang secara khusus dirancang untuk menjelaskan komunikasi intra/antar budaya. Teori-teori baru yang dibentuk dari hasil-hasil penelitian khusus dalam bidang komunikasi antar budaya. Teori-teori komunikasi antar budaya yang diperoleh dari hasil generalisasi teori ilmu lain, termasuk proses sosial.

14 PRINSIP DAN STRATEGI Dalam menyusun perencanaan komunikasi antar budaya ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan, yakni: Prinsip keselarasan (compatible) Prinsip kesesuaian dengan kebutuhan (need) sasaran, terutama menjawab masalah need berdasarkan tahap-tahap kebutuhan dari Maslow (kebutuhan biologis, sosiologis dan psikologis).

15 PRINSIP DAN STRATEGI Strategi komunikasi antar budaya sebagai berikut: Konsolidasi, yaitu memantapkan dan mengembangkan kelembagaan yang tangguh dan mendukung kerja “proses komunikasi”. Integrasi, yaitu menggalang keterpaduan kerja dengan lembaga atau pihak lain yang potensial untuk meningkatkan, proses komunikasi Implementasi, yaitu menerapkan metode dan teknik perencanaan proses komunikasi termasuk penyediaan sarana dan prasarana serta materi perencanaan.

16 PRINSIP DAN STRATEGI Sesuai dengan aspek-aspek yang terlibat dalam suatu proses komunikasi maka kita harus menentukan: Sasaran/komunikan. Komunikator Pesan Media Metode dan Teknik Konteks

17 Gambar tersebut diambil saat Presiden Soeharto menandatangani Letter of Intent yang disodorkan oleh IMF (International Monetary Fund) pada pertengahan Januari IMF memberi bantuan keuangan dan konsultasi saat ini terkena krisis ekonomi tahun coba perhatikan komunikasi non-verbal Michael Camdessus. Majalah Tempo menulis..: “Di hadapan Michael Camdessus, Direktur Pelaksana IMF, yang bersedekap seolah guru yang sedang memeriksa pekerjaan murid, Soeharto menandatangani letter of intent (LoI). “ Bagi wartawan Indonesia, gaya Michael mengesankan dia sedang menunjukkan superioritasnya  kepongahan. Tapi apakah demikian? Bagaimana menurut Anda?

18 Sama Kata Beda Makna

19 Berdasar gambar sebelumnya, kita bisa mempelajari: – Kesalahpahaman berangkat dari sesuatu yang ‘tidak disengaja’. – Ketidakpahaman kita terhadap budaya lain bisa menyebabkan ‘iritasi’ bagi orang dari budaya yang berbeda. – Ketidakpahaman bisa menyebabkan ‘ketidaktepatan’ dalam berekspresi.

20 “Culture is important because it is everything and everywhere. In a very real sense your culture is part of you are.” (Samovar & Porter 2004, p. 28) Culture is both teacher and textbook. Saat kita lahir, kita tidak tahu bagaimana cara memakai baju, cara bicara, cara makan, cara berdoa, dsb..

21 Culture is learned. Budaya lain bisa kita pelajari. Proses pembelajaran yang terjadi di dalam anggota kelompok dilakukan melalui proses enkulturasi Proses pembelajaran budaya lain oleh anggota dari budaya lain dilakukan melali proses akulturasi (immigran).

22 Budaya yang berbeda menghasilkan cara hidup yang berbeda. Ketika budayanya berbeda, cara-cara berkomunikasi juga berbeda. Dalam budaya Jawa dan Sunda, ada tingkatan bahasa. Pengguaannya tergantung pada: “Siapa bicara kepada siapa” Bagaimana dengan budaya lain?

23 TERIMA KASIH


Download ppt "TOPIK 5 KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA. PENDAHULUAN Dunia sedang menyusut dan kapasitas untuk memahami keanekaragaman budaya sangat diperlukan. Semua budaya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google