Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jump to first page Dr Widyo Nugroho. MM. Jump to first page Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jump to first page Dr Widyo Nugroho. MM. Jump to first page Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur."— Transcript presentasi:

1 Jump to first page Dr Widyo Nugroho. MM

2 Jump to first page Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/ instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. ( National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training).

3 Jump to first page Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar

4 Jump to first page Bentuk Bahan Ajar n Bahan cetak seperti: hand out, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart, n Audio Visual seperti: video/film,VCD n Audio seperti: radio, kaset, CD audio, PH n Visual: foto, gambar, model/maket. n Multi Media: CD interaktif, computer Based, Internet

5 Jump to first page Cakupan Bahan Ajar n Judul, MP, SK, KD, Indikator, Tempat n Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru) n Tujuan yang akan dicapai n Informasi pendukung n Latihan-latihan n Petunjuk kerja n Penilaian

6 Jump to first page Penyusunan Peta Bahan Ajar (Contoh Mapel Biologi) Siswa mampu memahami hakekat biologi Sebagai ilmu, menemukan obyek dan ragam persoalannya dari Mempelajari ruang lingkup biologi, manfaat dan bahayanya 1. Obyek Biologi 2. Persoalan Biologi 3. Tingkat organisasi kehidupan 5. Manfaat biologi bagi manusia dan lingkungan 4. Permasalahan biologi Materi Pembelajaran/Judul bahan Ajar KD SK

7 Jump to first page Kompetensi Dasar Indikator Standar Kompetensi Kegiatan Pembelajaran Materi Pembelajaran ALUR ANALISIS PENYUSUNAN BAHAN AJAR BAHAN AJAR 1.1. Mendengarkan Memahami wacana transaksional dan interpersonal ringan dan/atau monolog lisan terutama berkenaan dengan wacana berbentuk report. 1.Mengidentifikasi kelompok kata sifat 2. …..Lainnya 1. Teks berbentuk report. 2. Adjective phrase. 1. Mendiskusikan teks report yang didengar. 2. Mengidentifikasi adjective phrase. 1. LKS 2. Modul 3. Kaset 4. dll. 1. Berkomunikasi lisan dan tertulis menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat dalam wacana interaksional dan/atau monolog terutama berkenaan dengan wacana berbentuk naratif, prosedur, spoof/recount, report, dan news item.

8 Jump to first page Sistem komputer yang menggabungkan audio dan vidio untuk menghasilkan aplikasi interaktif dengan menggunakan teks, suara, gambar (diam, bergerak atau video)

9 Jump to first page l adanya lebih dari satu media yang konvergen l interaktif l kontrol ada pada pengguna l keterhubungan antar bagian secara leluasa (hypertext dan hyperlink)

10 Jump to first page PROSES KBM SEBAGAI PROSES KOMUNIKASI Media A A A A A A Pesan

11 Jump to first page TEKS = efektif untk : - menyampaikan informas verbal - merangsang daya fikir koknitif - memperjelas / memperkuat media lainnya AUDIO = efektif untuk : - memancing perhatian - menumubuhkan daya imajnasi - menambah atau membentuk suasana menjadi hidup GRAFIS, FOTO dan GAMBAR= efektif ntuk : - mengkongkritkan sesuatu yang aftrak - menghilangkan ferbalisme pada anak VIDIO = efektif untuk : - menujukkan peristiwa masa lalu sesuai kejadian yang sebenarnya - menyajikan peristiwa penting, maupun kejadian yang langka yang sulit di dapatkan - menampilkan gerakan obyek yang terlalu cepat atau terlalu lambat menjadi normal shg dapat dilihat dengan mata Animasi = efektif untuk: - menjelaskan suatu proses yang sulit dilihat dengan mata -

12 PROSEDUR PENGEMBANGAN Mengembangkan Peta Kompetensi (PK) MK Menyusun GBPP Mengembangkan Frame Memilih Topik Mengembangkan Peta Kompetensi (PK) Topik Menyusun GBP CAI Menyusun Flowchart Key-in Materi Ke dalam Authorware Ev. Program Media Pengembangan RMK Perancangan Pemrograman

13 Jump to first page Script Conference Rreview & Revisi ? Naskah Final Desainer Grafis Animator Digitizer Penyediaan Media Progarammer Team Leader Pemrograman Testing & Revising Premastering Packaging Master Progar MM

14 Jump to first page 1. Latihan dan Praktek (drill and practice) 2. Tutorial 3. Pemecahan masalah 4. Simulasi 5. Permainan (games) 6. Inkuiri (mengeksplorasi)

15 Jump to first page Berbentuk Stand Alone / Off Line: Seluruh program beserta data dan informasi pendukungnya dikemas ke dalam bentuk CD-Rom Berbentuk Jaringan / On Line : Seluruh program beserta data dan informasi pendukungnya dikemas ke dalambentuk jaringan baik melalui LAN (local area network) atau WAN (wide area network) ON LINE INTERNET OFF LINE TEKS, GRAFIS, FOTO, VIDEO, ANIMASI, AUDIO, FX, MULTIMEDIA MEDIA BERBASIS TKI

16 Jump to first page - Sederhana- Kompleks - Kongkrit- Abstrak - Pengulangan - Respon yang menyenangkan - Individualisasi - Informasikan kemajuan - Langkah kecil untuk tujuan besar Mahasiswa Sumber Belajar - Orang - Bahan - Media - Latar, dll

17 Jump to first page l Kurikulum l Isi materi l Instruksional l Cosmetic

18 Jump to first page 1. Program hendaknya dirancang berdasarkan tujuan instksional 2. Dibuat sesuai karakteristik siswa 3. Memaksimalkan interaktif 4. Bersifat indvidual 5. Dapat mempertahankan minat siswa 6. Dirancang sesuai dengan pendekatan siswa 7. Mampu memberikan berbagai macam umpan balik 8. Disesuaikan dengan lingkngan belajar 9. Tampilannya terlihat menarik 10. Memanfakan kemampuan komputer secara maksimal 11. Diranmcang sesai prinsip desain intruksional 12. Di evaluasi secara keseluruhan dari berbagai segi, sebelum disebarluaskan ( M.J. HANNAFIN. 1988) 12 KARAKTERISTK YANG DAPAT MENGEFEKTIFTKAN PROGRAM MPI

19 Jump to first page Visibel (mudah dilihat) Interesting (menarik) Simple (sederhana) Useful (bermanfaat) Accurate (benar) Legitimate (sah, masuk akal) Structure (terstruktur)

20 Jump to first page Penulis harus menguasai bidang yang akan diajarakan Penulis harus menguasai media komputer Mampu menghadirkan materi pembelajaran dengan bahasa visual Terbuka dalam menerima masukan-masukan dari orang lain Mau melihat karya-karya orang lain dengan menggali sumber-sumber lain yang berguna Komitmen terhadap waktu yang disepakati

21 Jump to first page Mengidentifikasi sasaran yang akan menggunakan program multimedia tersebut Mengembangkan atau mendeskripsikan tujuan pembelajaran dengan jelas Menyiapkan materi yang relevan dengan apa yang ditulis Identifikasi materi yang sudah terkumpul untuk diseleksi mana yang cocok dengan teks, gambar, foto, audio, animasi dan video Tentukan navigasi untuk program yang akan dibuat Membuat flowchart sesuai alur materi Melakukan penulisan naskah program multimedia dengan teliti


Download ppt "Jump to first page Dr Widyo Nugroho. MM. Jump to first page Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google