Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Erik Kurniadi Ergonomik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Erik Kurniadi Ergonomik."— Transcript presentasi:

1 1 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Erik Kurniadi Ergonomik

2 2INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi Kenyamanan kerja; peningkatkan,penurunan efisiensi dan efektifitas kerja. Lingkungan fisik pengguna komputer berpengaruh terhadap interaksi manusia dan computer. Lingkungan fisik yang tidak baik berakibat kemajuan teknologi tidak maksimal. Dibutuhkan biaya yang besar lingkungan yang nyaman tercapai.

3 3  Aspek ergonomic dari tempat kerja  Pencahayaan  Kualitas udara  Gangguan suara  Kesehatan dan keamanan kerja  Kebiasaan bekerja Hal-hal yang mempengaruhi kinerja manusia dengan lingkungan tempat bekerja, khususnya yang berhubungan dengan computer. INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi

4 4 Stasiun kerja: system computer yang digunakan; kursi, meja dan perangkat Keluhan-keluhan saat user bekerja dengan computer. Istirahat untuk memulihkan kembali kondisi tubuh user. Aspek ergonomic dari stasiun kerja INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi

5 5 Haider (Austria), pengamatan simulatif, bahwa semakin lama orang bekerja di depan komputer, maka akan mendapatkan miopi yang semakin besar. Lauoli (Swizerland) keluhan pada mata (iritasi, ketegangan mata) Peneliti lain adanya keluhan ketegangan punggung,ketegangan otot siku dan otot pundak yang mempunyai pola berbeda untuk aktifitas yang berbeda. Kilauan (glare) dan/atau kontras (contras) lebih berpengaruh dibandingkan dengan yang disebabkan iluminasi. Sauter, berdasarkan analisis fotografik, dua faktor mempengaruhi ujuk kerja operator. Sudut penglihatan, beban pada leher, punggung dan Bahu. Papan ketik yang tidak bisa dipisahkan (nondetachable), tekanan pada lengan dan tangan. Dainoff, menempatkan papan ketik dan tempat duduk pada ketinggian yang tepat. Rancangan stasiun kerja yang baik, meningkatkan unjuk kerja operator. INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi

6 6

7 7

8 8 o Aspek pertama, Lingkungan kerja. Dimana stasiun kerja diletakkan? Dimana stasiun kerja tersebut dimanfaatkan? Bagaimana kondisi lingkungan kerjanya? o Aspek Kedua, Durasi kerja. Berapa lama stasiun kerja tersebut digunakan; lima jam sehari, atau 10 jam sehari? o Aspek Ketiga, Tipe pekerjaan. Bagaimana pekerjaan diselesaikan, presepsi dan kebutuhan motorik? o Aspek Keempat, Psikologi beban kerja. Apakah pekerjaan itu membosankan? Apakah pekerjaan itu memberikan tantangan? Apakah pekerjaan tersebut memberikan arti khusus bagi pekerja? INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi Aspek dasar yang berhubungan dengan ergonomik dan fungsi penggunaan statiun kerja.

9 9 Pemasukan data Beban visual. o Kelelahan mata (dari dokumen sumber) o Variasi tulisan dari dokumen sumber (kualitas dokumen sumber) o Pencahayaan dalam lingkungan kerja Beban otot. o Tangan, pergelangan tangan, jari jemari dan lengan o Memberikan penyangga bagi jari-jemari dan pergelangan tangan. Posisi o pergelangan tangan dan jari jemari harus tepat, sehingga ketinggian dan posisi keyboard perlu diperhatikan. Beban tubuh. o Punggung, bahu dan leher o Kursi yang dapat di atur ketinggiannya o Letak dari dokumen sumber yang tidak memerlukan banyak pergerakan leher. Tipe-tipe pekerjaan yang banyak dikerjakan dengan bantuan stasiun kerja. INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi

10 10INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi Akuisisi data Beban visual. o Kelelahan mata ( dari layar tampilan ) o Gunakan layar tampilan dengan kualitas karakter yang baik o Glare control yang memadai, yaitu: tingkat iluminasi, posisi tampilan, penutup sumber kilau dan tapis kilau. Beban otot. o Tergantung pada jenis pekerjaan ( operator telepon, pengatur lalu lintas udara, petugas pos bagian surat elektronik, dll ) o Pekerjaan dengan beban otot yang tinggi dan jumlah perulangan yang tinggi, perlu peralatan yang mendukung lengan dan/atau pergelangan tangan serta papan ketik yang dapat diatur posisinya. o Untuk mengurangi beban tubuh juga diperlukan kursi yang baik serta tinggi layar tampilan yang dapat diatur. Aspek dasar yang berhubungan dengan ergonomik dan fungsi penggunaan statiun kerja. (lanjutan)

11 11 Pekerjaan interaktif pemrogram komputer dan arsitek memiliki perbedaan dengan pekerjaan dengan petugas reservasi. Bagi pemrogram beban visual akan lebih banyak dirasakan dibanding beban tubuh. Sementara petugas reservasi memiliki dua beban secara bersamaan yaitu beban visul dan beban tubuh. Pekerjaan pengolahan kata Beban otot dan beban tubuh akan sangat dirasakan, sementara beban visual tidak ada ( dengan anggapan dokumen sumber berkualitas baik) INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi Aspek dasar yang berhubungan dengan ergonomik dan fungsi penggunaan statiun kerja. (lanjutan)

12 12INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi Keluhan-keluhan fisik, faktor penyebab dan penyelesaiannya

13 13INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi Pencahayaan Tujuan perancangan pencahayaan tempat layar tampilan diletakkan: o Menghindarkan pengguna dari cahaya terang langsung atau pantulannya. o Memperoleh keseimbangan antara kecerahan layar tampilan dan kecerahan yang ada di depan pengguna. o Menghindari cahaya langsung atau cahaya pantulan yang langsung mengenai layar tampilan. o Memberikan keyakinan bahwa ada pencahayaan yang cukup untuk pekerjaan yang tidak menggunakan layar tampilan.

14 14INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi Berbagai sumber cahaya yang dapat masuk pada suatu ruangan tempat layar tampilan diletakkan dapat berupa: o Cahaya langsung ( matahari, cahaya lampu ) o Cahaya tak langsung yang dipantulkan oleh; Tembok atau partisi Langit-langit rumah plafon Lantai rumah Bahan-bahan yang ada disekitar layar tampilan Bagian atas dari meja yang digunakan Pakaian yang digunakan oleh operator

15 15INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi Pengendalian cahaya yang berasal dari berbagai sumber memerlukan perhatian: o Perancangan arah pencahayaan dan kuat cahaya yang dihasilkan. o Penutup jendela. o Penempatan cahaya dan jendela relatif terhadap stasiun kerja. o Faktor refleksitas dari meterial yang ada dalam ruangan tempat stasiun kerja.

16 16INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pencahayaan stasiun kerja: o Tempatkan peralatan atau sumber cahaya sedemikian sehingga pantulan cahaya pada layar tampilan dapat diminimalkan. o Gunakan penutup jendela yang mampu menegendalikan cahaya matahari yang masuk dalan ruangan. Tempatkan bagian samping monitor yang menghadap jendela. o Tempatkan layar tampilan, sehingga kilauan dari sumber cahaya diatas kepala dapat dihindarkan. o Hindarkan penggunaan cahaya yang sangat terang, khususnya yang masuk dalam bidang pandang user. o Gunakan cahaya tak langsung untuk menghindari adanya bintikcerah pada layar tampilan yang merupakan pantulan dari sumber cahaya langsung mengenai layar tampilan.

17 17INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi

18 18INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi Suhu dan Kualitas Udara o Komputer dan peralatan elektronika menghasilkan sumber panas mempengaruhi kinerja seseorang. o Perasaan kantuk dalam suhu udara yang panas. o Berkurangnya konsentrasi kerja. o Penempatan pendingin ruangan yang benar akan membantudalam bekerja.

19 19INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi Gangguan Suara Dua hal yang perlu dipelajari 1.Pertama, seringkali kita tidak sadar dengan adanya suara yang tetap asalkan suara tersebut tidak berlebihan. 2.Kedua, gangguan suara yang tidak kita sadari sering menimbulkan perasaaan tidak enak, stress.

20 20INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi Kesehatan dan Keamanan Kerja Kondisi kesehatan : o Radang persendian o Penyakit gula (diabetes) o Berat badan yang berlebihan o Darah tinggi o Stress o Merokok o Kehamilan, monopouse, dan kondisilain yang memepengaruhi tingkat hormon. o Umur yang semakin bertambah o Kondisi fisik yang jelek

21 21INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi Hal-hal yang perlu diperhatikan bagi kesehatan mata: o Istirahatkan mata dengan melihat pemandangan yang bernuansa sejuk dan jauh kedepan secara rutin. o Jagalah agar kacamat, lensa kontak dan layar tampilan selalu bersih. o Jika menggunakan anti radiasi, bersihkanlah sesuai dengan aturan yang ada. o Perikalah mata ke dokter secara teratur. o Pakailah kacamata khusus, yang dirancang khusus yang digunakan untuk bekerja dengan komputer.

22 22INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi Kebiasaan dalam Bekerja o Bekerja dalam keadaan sesantai mungkin dan dalam posisi yang benar. Hidari posisi yang dapat mengakibatkan ketidaknyamanan, bahkan cedera otot. o Ubahlah posisi duduk untuk mencegah kelelahan otot. o Berdiri beberapa menit untuk mengendorkan ketegangan otot dan lakukan olahraga ringan beberapa kali sehari. o Usahakan untuk tidak mengetik dalam jangka waktu yang lama yang memeberikan tekanan fisik yang berat. o Mengambil istirahat sejenak secara periodik. o Periksa kebiasaan kerja dan tipe pekerjaan yang akan dilakukan. Agar nyaman dalam bekerja, biasakanlah untuk selalu:

23 23INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER - Erik Kurniadi

24 24 Erik Kurniadi


Download ppt "1 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Erik Kurniadi Ergonomik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google