Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN AGAMA. Etimologi Terminologi Pengertian Agama.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN AGAMA. Etimologi Terminologi Pengertian Agama."— Transcript presentasi:

1 PENGERTIAN AGAMA

2 Etimologi Terminologi Pengertian Agama

3 AGAMA dari sisi etimologi Sansekerta ( A= tidak dan Gama= kacau). Arti lain : Haluan, peraturan, jalan atau kebaktian kepada Tuhan Arab :din (Ad-Diin). Din (Ad-Diin) bisa berarti : Adat kebiasaan /tingkah laku, balasan, ta’at, patuh dan tunduk kepada Tuhan, hukum- hukum atau peraturan-peraturan. Latin : Religi. Religi berasal dari Relegere =mengumpulkan, membaca. Namun pendapat lain mengatakan ”Religi” itu berasal dari ”Religare” yang berarti ”mengikat”.

4 E.B.Tylor Religion is belief in spiritual being -Ajaran-ajaran yang diwahyukan Tuhan kepada manusia melalui seorang Rasul. -Pemujaan terhadap kekuatan gaib yang timbul dari perasaan lemah dan perasaan takut terhadap kekuatan misterius yang terdapat dalam alam sekitar manusia (Harun Nasution) Secara normatif, agama apapun ia : way of life bagi umat manusia agar dapat hidup teratur, saling menghargai dan menciptakan keharmonisan serta keseimbangan kehidupan alam.(Ensiklopedia Islam) Termi nologi Peraturan Ilahy yang mendorong manusia berakal untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. (Leuba)

5 Mengapa ada pengertian agama secara terminologi

6 KARENA APENGERTIAN AGAMA SECARA BAHASA (ETOMOLOGI) MASIH BELUM SEMPURNA/LENGKAP

7 Apa yang dimaksud dengan Perbandingan Agama suatu cabang ilmu pengetahuan yang berusaha untuk memahami gejala- gejala keagamaan dari pada suatu kepercayaan dalam hubungannya dengan agama lain yang meliputi persamaan dan perbedaan. (A. Mukti Ali) ilmu yang mempelajari tentang bermacam-macam agama, kepercayaan dan aliran peribadatan yang berkembang pada berbagai bangsa sejak dahulu hingga sekarang ini. (Abu Ahmadi) ilmu yang mengajarkan tentang agama-agama, baik yang ada penganutnya di negara kita atau yang tidak ada penganutnya, baik yang disebut agama missionari ataupun yang disebut dengan bukan agama missionari. (Hasbullah Bakri)

8 Siapa A. Mukti Ali ?


Download ppt "PENGERTIAN AGAMA. Etimologi Terminologi Pengertian Agama."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google